• Editor

Raize dan Rocky, Produk Kolaborasi Terbaru Toyota dan Daihatsu

Target produksi hingga Desember sebanyak 34.300 unit, termasuk 8.800 unit untuk pasar ekspor.

Prosesi launching dilakukan secara virtual melalui kanal Youtube Toyota Indonesia, dengan disaksikan Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI


OTOPLUS-ONLINE I Mobilitas merupakan faktor penunjang pertumbuhan ekonomi dan peningkatan industri. Membicarakan mobilitas, tak lepas dari peranToyota grup yang telah berkontribusi secara positif, bagi industri dan masyarakat Indonesia melalui kolaborasi dua brand terdepannya, Toyota dan Daihatsu.

Dari kiri : Henry Tanoto (Vice President PT Toyota Astra Motor), Susumu Matsuda (President Director PT Toyota Astra Motor), Toshinori Edamoto (President Diretor PT Astra Daihatsu Motor), dan Erlan Krisnating Cahyono (Vice President PT Astra Daihatsu Motor)


Berawal 19 tahun lalu ketika proyek Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dimulai, kolaborasi Toyota-Daihatsu berlanjut pada produk-produk berikutnya seperti Rush-Terios, Agya-Ayla lalu berlanjut Calya-Sigra. Dan pada hari ini, Rabu 28-4-2021, Toyota-Daihatsu meluncurkan produk kolaborasi terbaru mereka yang sudah dinantikan oleh masyarakat Indonesia, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Toyota Raize, SUV dengan desain yang sporty dan stylish


“Hari ini kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan produk terbaru kami yang merupakan hasil kolaborasi kami. Toyota Raize, kami percaya dengan desain yang sporty dan stylish Raize akan menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan di Indonesia di segmen yang sedang berkembang yaitu SUV,” kata Yoichi Miyazaki, Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation- Asia Region.

Daihatsu Rocky, compact SUV dengan konsep desain terkini


“Daihatsu Rocky adalah compact SUV dengan konsep desain terkini termasuk struktur rangka dasar dan sistem penggerak mesin yang menghasilkan kelegaan dalam bodi yang kompak dan peningkatan drastic dalam performa maupun keseluruhan kualitas,” tukas Soichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Corporation Limited. Okudaira menambahkan kalau Daihatsu Rocky akan tersedia di outlet Daihatsu mulai tanggal 30 April 2021.


Pada hari ini kolaborasi antara Astra, Toyota dan Daihatsu yang telah berjalan hampir dua dekade kembali diperkuat dengan peluncuran produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu terbaru. Kami menyambut gembira produk ini yang melanjutkan semangat kolaborasi yang telah berjalan dengan baik dan sukses selama ini.Kami berharap produk ini memberikan semakin banyak pilihan bagi masyarakat Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan semangat bersama Astra, Toyota dan Daihatsu,” ujar Djony Bunarto Tjondro, Presiden Direktur PT Astra International Tbk.

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI


Dalam kata sambutannya, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, “Launching Daihatsu Rocky dan Toyota Raize merupakan bukti kuat sebuah komitmen untuk terus melakukan inovasi investasi berkelanjutan penyerapan tenaga kerja serta semaksimal mungkin menggandeng mitra supplier lokal dalam rangka memperkuat struktur industri otomotif nasional. Model SUV ini akan memenuhi ekspektasi konsumen terkait ketangguhan dan kelincahan di berbagai medan.”


Kehadiran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang targetnya akan diproduksi sebanyak 34.300 unit (dimana 8.800 unit untuk pasar ekspor) sampai dengan bulan Desember akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi kendaraan Daihatsu dan Toyota sehingga akan memperbesar peluang eksport terutama ke negara-negara yang telah memiliki perjanjian Free Trade Area (FTA) dengan Indonesia serta melibatkan lebih banyak lagi SDM industri dan lebih banyak lagi pemasok lokal termasuk sektor industri kecil dan menengah dalam rantai nilai operasi bisnis Daihatsu dan Toyota di Indonesia.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto