• Editor

Restorasi Unit Langka Kawasaki Ninja KR150C 1997 Japan Edition

"Edisi Jepang yang sudah di-restore mirip kondisi baru cuma unit ini..." (Hengky Setio Wibisono - Two Stroke Industry)

OTOPLUS-ONLINE I "Kawasaki Ninja (KIS) KR150C 1997 ini adalah unit dengan varian warna andalan Kawasaki era 1990-an, yaitu merah hati, yang merupakan warna klasik khas jaman dulu, dan sekarang ini tergolong rare atau langka," buka Hengky Setio Wibisono.

Dia adalah pemilik bengkel rumahan 2Stroke.Ind atau Two Stroke Industry, yang terima jasa restorasi, sekaligus jual unit Kawasaki Ninja 2-tak.

Ditambah lagi, unit ini bisa dibilang adalah edisi KHI atau Kawasaki Heavy Industries atau Japan Edition. "Jadi unit ini dulu diproduksi di Jepang, sehingga semua parts-nya full Jepang. Termasuk perakitan, juga dilakukan di Jepang," tunjuk Hengky sambil menambahkan dulu unit ini dikirim gelondongan via importir umum masuk ke Indonesia pada tahun 1995 - 1997.

Untuk kepastian populasi Ninja edisi KHI ini di Indonesia hingga sekarang ada berapa, Hengky mengaku kurang tahu. "Tapi yang pasti, untuk Ninja (KIS) KR150C 1997 edisi KHI yang sudah di-restore sedemikian rupa sehingga bisa kembali mirip ke kondisinya ketika masih baru cuma unit ini. Saya enggak berani bilang 'first' tapi yang saya tahu, ya cuma unit ini yang masis terlihat original."

Terkait Ninja (KIS) KR150C 1997 edisi KHI yang ada di sesi pemotretan ini, Hengky menjelaskan, unit ini adalah miliki konsumen yang ada di Bandung. "Dia dapat dari wilayah Jawa Timur dan kemudian dipercayakan untuk di-restore di twostroke.ind." jelasnya.

Hengky merasa cukup tertantang untuk me-restore, karena untuk mengembalikan kondisi warna rare dan stikernya yang pasti tidak semudah membalikkan tangan. Apalagi untuk mendapat parts originalnya. "Unit ini awalnya didapat dengan kondisi mengenaskan. Kondisi bahan dapatnya dulu harga kisaran Rp 50 juta," sebut Hengky.

"Menurut saya mahal tapi ya memang unit Ninja KHI edition ini susah didapat. Apa lagi dengan paper dan faktur yang komplet tangan pertama. Tapi menurut saya tetap harus dibenahi ulang. Jadi overall, konsep saya tetap menggunakan crankcase ori, rangka bawaan, transmisi, dan selebihnya saya ganti parts baru."

Menurut Hengky, parts yang membutuhkan waktu cukup lama adalah parts detail Ninja KIS 1997. Stiker dan bodi membutuhkan kesabaran ekstra dibandingkan kalau kita merestorasi Ninja RR.

"Unit ini akhirnya bisa saya selesaikan dalam jangka waktu kurang lebih sekitar 6 sampai 8 minggu," ujar Hengky mengakhiri pembicaraan dengan OTOPLUS-ONLINE.


Baca juga: Koleksi Ninja 2-Tak Bengkel Restorasi di Sidoarjo Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala


2Stroke.Ind (Two Stroke Industry)

Alamat: Jl. Raya Merak Perum REWWIN No. 16-17, Waru - Sidoarjo

HP/WA: +62 878-5137-5133

Instagram: @twostroke.ind


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan, twostroke.ind

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.