• Editor

RSD Wee Monkey: Mini Bike Custom Pesanan Aktor Jason WeeMan Acuna

Dibangun dari basis Honda Monkey, dicustom habis hingga tampil keren, nyaman dikendarai, dan bisa dibesut di atas 113 km/jam!

OTOPLUS-ONLINE I Jason Shannon Acuna atau lebih dikenal dengan nama panggungnya WeeMan, adalah seorang pemeran pengganti, tokoh televisi, pemain skateboard profesional, dan aktor berkebangsaan Amerika.


Ya, tubuh pendek karena kelainan tulang yang diidap pria kelahiran 16 Mei 1973 ini bukan menjadi penghalang di setiap kegiatan yang disukainya.

Dia menghabiskan masa mudanya dengan bermain mini moto crosser cc kecil, dan kini dia ingin kembali mengendarai motor di jalan, di sela kesibukannya.


Untuk itu, Jason menginginkan motor yang dirancang dan dibangun khusus untuk dirinya, baik dari segi fungsi maupun estetika.

Dan keinginan ini disampaikan ke Roland Sands Design, rumah modifikasi dan custom di Long Beach, California yang didirikan oleh Roland Sands, seorang pembalap GP, dan juara kejuaraan nasional road race AMA GP250 tahun 1998, yang kemudian meniti profesi sebagai pembuat sepeda motor custom.


"Kami adalah perusahaan sepeda motor yang tidak berpatokan pada denominasi (aliran) tertentu. Selama memiliki roda dua dan dapat diubah lebih baik lagi menurut pemilik dan kru RSD, kami pasti akan menerimanya," ujar Roland Sands.


Baca juga: Wawancara Eksklusif Roland Sands: COVID-19 dan Pengaruhnya Bagi Industri Custombike


"Dan ketika kami didatangi oleh teman kami, Jason 'WeeMan' Acuna untuk membuatkan motor sesuai ukuran tubuhnya, bagi kami, itu adalah sesuatu yang menarik dan baru."


Jason menginginkan sarana transportasi legal, yang bisa dibawa di dalam van sprinter custom miliknya, dan kemudian dipakainya jalan-jalan kemanapun dia pergi, usai mendirikan tenda untuk berkemah.

Bagi pria seperti WeeMan yang merupakan jutawan Instagram ini, Honda Monkey saja tidak cukup.


Dia ingin motor yang di-custom agar nyaman dan cepat, dan benar-benar sesuai dengan keinginannya, untuk meningkatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Alasan inilah yang membuatnya beralih dari motor standar ke motor full custom!


Ketinggian Ideal

Kelihatannya kecil, tapi sebenarnya ketinggian jok tidak jauh lebih kecil dari pada motor standarnya. Tapi kami perlu ganti jok standar itu karena sangat besar dan tebal, sehingga hanya dengan melepasnya ketinggian bisa berkurang banyak.

Itu pun kami masih perlu melakukan beberapa pemotongan dan penyesuaian, untuk menurunkan ketinggian jok menjadi seperti kira-kira motor untuk anak usia 10 tahun.

Yang kami lakukan adalah menurunkan fork, membuat sub rangka khusus, dan dudukan shockbreaker yang lebih pendek, serta jok Saddlemen khusus yang dipangkas.

Hasilnya, kami bisa mendapatkan kaki Jason bisa menjejak tanah.


Bobot Berkurang Hingga 18 Kg

Kami harus sebanyak mungkin mengurangi berat motor ini hingga lebih dari 40 lbs (sekitar 18 Kg) dari bobot aslinya. Ini penting untuk meningkatkan kemampuan motor, dan performa secara keseluruhan.


Performa Mesin

Seperti banyak proyek yang sudah-sudah, hal yang dimulai hanya untuk sekadar mendapatkan apa yang diinginkan, akhirnya berubah menjadi lebih banyak lagi.

Mesin misalnya, yang mendapat peningkatan performa dan estetika. Knalpot dari Yoshimura, Kitaco Clutch Cover, Chimera Intake dengan KN Filter, Driven Racing timing dan valve cover, Sex Machine Stator dan Sprocket cover dengan Driven foot control.


Handling

Soal handling ditangani oleh lowering kit Racing Bros dan shockbreaker 280mm, komponen Carbon Fiber dari Composimo, setang dan handgrip Pro Taper, serta tuas ASV yang dapat disesuaikan.


Sistem Pengereman

Upgrade rem sangat penting karena WeeMan suka melaju cepat, dan apalagi setelah di-upgrade, Monkey ini mampu mencapai di atas 70 MPH (atau sekitar 113 Km/jam).

Kaliper Brembo yang digabungkan dengan Galfer Wave Rotor dan rem Spiegler dipasang ke BST Carbon Wheels yang dipasok oleh Brocks Performance, dan dibungkus dengan ban Dunlop.


Finishing

Sebagai finishing, kami mengirim frame untuk diberi powder coating warna hijau alpukat, sementara cat tangki bahan bakar dikerjakan ke Chris Wood di Airtrix.

"Rasanya seperti main skateboard. Bedanya kalau yang ini rodanya dua!" seru WeeMan.

Konsep black on black dengan tangki berpanel karbon dan stripping warna alpukat tampak sangat pas. Dan akhirnya WeeMan telah mendapatkan apa yang dia inginkan. "Motor full custom yang nyaman dan cepat!" tutup Roland Sands.


RSD Wee Monkey

Custom Fab:

Subframe: RSD hand fabricated custom lowered subframe Kickstand: RSD modified kickstand by Chimera Seat: RSD custom low seat by Saddlemen Seats


Parts List:

Paint: Airtrix Headlight Guard: HRP Motors Turn Signals: Yoshimura mounting plates Turn Signals: Koso Tail Light: Slimline assembly Bodywork: Tyga carbon fiber front/rear fender Front Suspension: Racing Bros Fork Lowering Kit (3-4") Rear Suspension: Racing Bros 280mm Rear Shocks (Z50) Front Fender: Composimo Front fender lift kit Rear Fender: TST Adjustable Rear 'Fender Eliminator' Kit Gas Cap: Driven Racing Skidplate: Kitaco skid plate Intake: Chimera intake manifold clocking flange Intake: K&N Air Filter 43mm Exhaust: Yoshimura GP Magnum full system Front Brake: Galfer front wave rotor 220mm Front Brake: Chimera Brembo caliper bracket Front Brake: Brembo P34 brake caliper Rear Brake: Chimera Stunto Brembo bracket Rear Brake: Brembo P34 brake caliper Rear Brake: Galfer rear wave rotor 190mm Brake Lines: Spiegler front and rear brake lines Handlebars: Pro Taper Adventure Bars Handlebars: ASV Levers Risers: Pro Taper Universal Bar Mounts Grips: Pro Taper full diamond grips Foot Controls: Driven Racing Rearsets Chain: DID 420 Chain & Superlite sprocket kit Sprockets: Superlite 420 countershaft sprocket 15t and rear sprocket 36T Clutch Cover: Kitaco Clutch Cover Kit Shift Shaft: Hard Racing shift shaft support bracket ECU Flash: CJR Performance

Engine: Driven Racing Timing and Valve Cover Engine: Sex Machine Stator & Sprocket Cover Tire: Dunlop Scootsmart Wheels: BST Carbon Wheels supplied by Brocks Performance


Roland Sands Design

1365 Obispo Ave

Long Beach, CA 90804

(562) 493-5297

Int: +1 (877) 773-6648

M-F 9:00AM - 6PM PST


Thanks to: Joe Hitzelberger

Art Director

Roland Sands Design


Teks: Indramawan

Foto: RSD