top of page
  • Gambar penulisEditor

Sepeda Motor Listrik Honda EM1 e: Resmi Dipasarkan dengan Harga Mulai Rp40 Juta, Kelewat Mahal?

Setelah dapat subsidi, harga Honda EM1 e: adalah Rp33 juta, dan untuk EM1 e: PLUS adalah Rp33,5 juta atau lebih mahal dari Honda PCX 160.


OTOPLUS-ONLINE I PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi mengumumkan harga sepeda motor listrik Honda EM1 e:, dan EM1 e: PLUS sebagai pilihan terbaru.


Untuk Honda EM1 e: harga yang ditawarkan adalah Rp33.000.000. Sementara untuk Honda EM1 e: PLUS seharga Rp33.500.000.


Perlu dicatat, harga tersebut setelah mendapat subsidi pemerintah. Sejatinya harga Honda EM1 e: adalah Rp40.000.000, dan untuk EM1 e: PLUS adalah Rp40.500.000.


Subsidi pemerintah ini diberikan karena Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS merupakan hasil karya anak bangsa yang diproduksi langsung di pabrik AHM di Pegangsaan, Jakarta Utara, dan menggunakan komponen lokal mencapai angka di atas 40%.


Apakah harga Rp33.000.000 yang melebihi harga PCX 160 (Rp32.670.000) ini kelewat mahal? Kita lihat dulu kelebihan yang ditawarkan Honda EM1 e: dan EM1 e: PLUS.



Honda EM1 e: telah dilengkapi dengan teknologi lampu LED di semua titik pencahayaan. Dalam mendukung mobilitas penggunaannya, sepeda motor listrik berdesain modern-compact ini juga dilengkapi dengan Inner Rack dan USB charger type A.



Informasi penggunaan sepeda motor listrik ini telah didukung dengan digital panel meter yang dapat menunjukan kecepatan, jarak, jam, trip meter, pilihan mode daya (Standar dan hemat/ECON) serta indikator baterai.



Pada bagian ruang kaki semakin nyaman dengan desain pijakan yang datar dan luas. Sepeda motor listrik ini juga memiliki jok yang dapat digunakan secara pribadi maupun berboncengan dan memiliki tinggi dari permukaan tanah 135mm.



Pada sisi pengereman juga telah dilengkapi dengan cakram depan berukuran 190mm dan drum brake pada sisi belakang yang terkoneksi dengan Combi Brake System (CBS) untuk memperhalus pengereman.


Sementara itu, ban depan berukuran 90/90 dengan velg 12 Inci dan ban belakang berukuran 100/90 dengan velg 10 Inci.



Honda EM1 e: PLUS dilengkapi dengan rear carrier untuk memudahkan konsumen membawa barang tambahan, tanpa mengurangi kenyamanan saat boncengan.


Paling penting, AHM mengklaim Honda EM1 e: dan EM1 e: PLUS memiliki performa yang halus dan responsif layaknya sensasi menggunakan sepeda motor konvensional yang dihasilkan oleh motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW.


Selain itu, Honda EM1 e: mampu mencapai kecepatan maksimal 45 km/h dengan jarak maksimal 41,1 km (WMTC Mode).



Semua kelebihan ini berkat Honda Mobile Power Pack e: (MPP e:), baterai lithium-ion unggul yang diklaim mampu memberikan performa dan stabilitas tenaga lebih baik daripada baterai sejenisnya.


Baterai berkapasitas 1,494 kWh inilah yang jadi sumber energi utama pada motor listrik Honda EM1 e:.


Selain memberikan jarak tempuh sejauh 41,1 kilometer pada motor listrik Honda EM1 e:, pengisian baterai Honda Mobile Power Pack e: dapat diselesaikan dalam waktu 2,7 jam (setara dengan 160 menit) untuk mencapai level 25-75 persen, atau 6 jam untuk mengisi baterai dari 0-100 persen.



Sebagai informasi, inovasi utama pada produk sepeda motor listrik Honda EM1 e: dan EM1 e: PLUS ada pada kemudahan opsi pengisian daya baterai yang dapat dilakukan secara langsung dengan off-board charger, maupun ditukar melalui fasilitas penukaran baterai, sehingga pengguna dapat memilih pola pengisian daya sesuai dengan aktivitas keseharian yang dimiliki.


Untuk itu, AHM bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menghadirkan Honda Power Pack Exchanger e: di beberapa titik di Jakarta sehingga konsumen dapat bebas beraktivitas tanpa perlu menunggu waktu mengisi baterai yang lama.


Tidak hanya itu, terdapat 3 keunggulan utama pada baterai MPP e: sebagai berikut:


Dilengkapi dengan Battery Management System (BMS) yang Canggih

BMS dirancang untuk memastikan keamanan dan efisiensi. Fungsinya mencakup pengaturan pengisian daya, diagnosis, perlindungan dari kondisi abnormal, dan komunikasi data ke sistem eksternal untuk pemantauan, analisis, dan kontrol baterai.


Salah satu manfaat utama BMS adalah mencegah overcharge dan overdischarge pada baterai.


Handal dan Awet

Baterai motor listrik ini telah lulus uji keamanan standar internasional UN Regulation 136 dari PBB untuk kendaraan listrik. Hal ini membuktikan kehandalannya di lingkungan yang keras seperti getaran, goncangan, suhu kerja 60◦C hingga (-20◦C), dan kelembapan.


Perlindungan total dari kontak langsung, debu, dan semprotan air sesuai dengan standar IP65 (Ingress Protection) sebagai tingkat ketahanan baterai terhadap lingkungan.


Desain yang Compact

Bodi dan pegangan Honda Mobile Power Pack e: didesain khusus untuk dapat dilepas-pasang (detachable) dengan mudah. Bobot baterai ini pun memudahkan pria maupun wanita dalam penggunaan dan penanganan.


Adapun spesifikasi utama Baterai MPP e: adalah sebagai berikut.

  • Tipe Baterai: Lithium-ion

  • Tegangan Baterai: 50,26 V

  • Kapasitas Baterai: 29,4 Ah

  • Berat Baterai: 10,2 kg

  • Waktu Pengisian:

  • (0-100%) 6 Jam

  • (25-75%) 2,7 Jam

  • Daya yang dibutuhkan: Maks. 400 Watt

  • Jarak Tempuh Maksimal: 41.1 km

  • Kecepatan Maksimal: 45 km/h


Setiap pembelian Baterai MPP e: konsumen mendapatkan garansi selama 2 tahun dari PT Astra Honda Motor.


Selain itu, AHM berkomitmen untuk tidak sebatas menghadirkan produk sepeda motor listrik, tetapi juga melengkapi kehadirannya dengan ekosistem menyeluruh dari segi proses produksi yang berkualitas hingga layanan purna jual berdedikasi melalui dealer Honda e: shop.


Teks: Indramawan

Foto: AHM

bottom of page