top of page
  • Gambar penulisEditor

Spawn Garage Perkenalkan Bosozoku Style ala Geng Motor Jepang

Gabungkan unsur American chopper dan British café racer pada Honda Mega Pro.

Motor geng motor Jepang, Bosozoku, mempunya ciri gabungan American chopper dan British cafe racer


OTOPLUS-ONLINE I Bosozoku adalah nama geng motor di Jepang yang muncul mulai tahun 1950-an dan terus eksis sampai sekarang, meskipun anggotanya terus berkurang. Salah satu keunikan dari geng ini adalah gaya motor yang mereka kendarai.


Secara umum mereka menggabungkan unsur American chopper dan British café racer. Bisa dilihat dari setang yang ditinggikan seperti pada chopper, dan fairing besar seperti yang ditemukan pada cafe racer.

Kawanan Bosozoku yang terlihat pada tahun 2013 (Foto: Chin-sou-dan/Wikipedia)


Adalah Rizal, ketua ICOSU (Itasha Community Surabaya) yang ingin memodifikasi Honda Megapro (tipe monoshock) miliknya dengan gaya Bosozoku ini. Hal itu disampaikan kepada Andi Tenggara, selaku owner Spawn Garage Surabaya.



"Untuk mewujudkan konsep yang diinginkan, kami cari referensi gambar dulu dari Google. Setelah customer cocok dengan gambar yang dipilih, kemudian kami membuat ulang desainnya, biar tidak sama dengan contoh gambar," buka Andi.

Rangka bawaan motor hanya diubah di bagian sub-frame belakang


Pengerjaan diawali pada rangka. "Di bagian rangka kami tetap mengunakan bawaan motor, tetapi kita custom di bagian sub-frame belakang. Karena basis motor yang dibawa oleh customer berbasis Mega Pro mono, akhirnya kami sepakat mengubah rangka bagian belakang, dan memasang suspensi double shockbreaker biar makin padat dan terkesan klasik," tunjuk Andi.

Fork Kawasaki KLX dikombinasikan pelek ring 18 berkontribusi meninggikan sektor depan


Untuk ubahan kaki-kaki, di bagian depan dipilih fork depan punya Kawasaki KLX yang dirasa cukup panjang untuk mengejar tongkrongan ala chopper yang menjulang.



"Sementara untuk shockbreaker belakang, kami memasang produk GP series tipe adjustable supaya bisa diatur kenyamanannya," jelas Andi yang kemudian memilih kombinasi pelek ring 18 (depan) dan 17 (belakang).

Bagian bodi dibuat dari pelat galvanis dengan finishing matahari terbit ciri khas geng Bosozoku


Beralih ke bagian bodi, semuanya dibuat secara handmade mulai dari tangki, fairing, cover samping, dan bodi belakang dari bahan plat galvanis dengan ketebalan 1,2mm.

Knalpot custom gaya up-swept full system


"Untuk knalpot kita bikin custom model full system yang ramah atau tidak bising di telinga, menyesuaikan performa mesin," kata Andi.

Pengerjaan paling sulit ada di fairing depan


Menurut Andi, konsep motor yang satu ini bagian paling sulit adalah menentukan posisi terbaik di bagian fairing depan, karena sebisa mungkin menojol ke depan dan lebih ke atas sebagaimana ciri khas Bosozoku style.

Setang lebih tinggi dari sadel untuk mendapatkan riding position yang nyaman sesuai postur


"Performa motor setelah selesai kami custom sangat enak dan nyaman digunakan. Pemilik makin santai mengendarainya karena bagian stang kami bikin lebih tinggi dari sadel," pungkas Andi.

Andi Tenggara selaku owner Spawn Garage


Setelah jadi, Mega Pro Bosozoku style ini jadi pusat perhatian karena jarang-jarang konsep ini dipakai dalam custombike project, sehingga pantas terpilih sebagai juara 3 kategori Custom FFA Open pada gelaran Indonesia Dress-Up & Build Motorbike Expo (MOTOR-EX) 2022, hasil kerjasama Adi Pro Indonesia dan OTOPLUS-ONLINE 26-27 Maret 2022 lalu di Tunjungan Convention Center, Tunjungan Plaza Surabaya.


"Bahkan di Surabaya, kemungkinan baru motor ini yang mengusung gaya Bosozoku ini," bangga Andi yang semakin giat berkreasi mengeksplor gaya-gaya baru.


Data modifikasi:

Basis: Honda Mega Pro (mono) Fork depan: Kawasaki KLX Shockbreaker belakang: Ride It GP series Pelek depan: Rossi 18/300 Pelek belakang: Rossi 17/350 Ban depan: Swallow Ranger 18/300 Ban belakang: Swallow s212 17/400 Tromol: custom Sistem pengereman: Kawasaki KLX (depan), bagian belakang orisinal Setang: handmade Raiser: aftermarket Lampu depan: Daymaker Lampu belakang: Honda Win Lampu sein: Honda Win Sadel: handmade Handgrip: Kaze Handgrip: orisinal Spidometer: Babon Exhaust: full system (classic handmade)


Bengkel Modifikasi: Spawn Garage

Website: www.spawngarage.com

Instagram: @spawn garage


Teks: Indramawan

Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page