top of page
  • Gambar penulisEditor

Spawn Garage Tampilkan Sportster Iron 883 dalam Gaya Chicano Retropolis yang Mewah

Tak perlu ubah rangka dan kaki, cukup fokus pada bodi dan finishing.

OTOPLUS-ONLINE I Terdorong keinginan mengubah Harley-Davidson Sportster Iron 883 2012 ini jadi lebih mewah sekaligus garang, Andy Tenggara, owner Spawn Garage Surabaya ini memodifikasinya dengan konsep Chicano Retropolis.

Menariknya, untuk mewujudkan konsep ini, Andy tak perlu mengubah kaki-kaki, rangka, dan sistem pengeremannya. "Semua bisa pakai bawaan motor, tapi tampilan jadi terkesan mewah, sekaligus garang," bilang Andy pada OTOPLUS-ONLINE.


Untuk mendapatkan tampilan sesuai keinginan, terlebih dahulu dibuat sketsa konsep desain, sebelum kemudian dibahas dengan tim. "Baru setelah semua tim oke, kita wujudkan dalam bentuk gambar 3-D melalui program komputer," tukas pria kelahiran 20 Oktober 1985 ini.



Karena kaki-kaki tetap menggunakan komponen orisinal bawaan motor dengan roda depan 19 inci dan belakang 16 inci, termasuk juga rangka dan sistem pengereman, maka pengerjaan tinggal difokuskan pada bodi.

"Pada bodi, kami membuat semuanya dengan cara handmade, mulai dari tangki, boks aki dan kelistrikan, juga fender set (sepatbor) depan dan belakang. Lalu kami lakukan finishing dengan warna yang jarang digunakan oleh pecinta motor-motor custom," jelas Andy.


Warna yang dimaksud adalah xyralic red, mendekati warna ori motor. itu Agak kesan mewah makin kuat ditambahkanlah aksen pinstripe dengan lis gold leaf di seluruh body motor.


"Dilihat dari beberapa sudut, ditambah aksen-aksen flame dengan detail memukau, warna-warni bisa berubah sesuai pencahayaan dari sudut pandang berbeda," tunjuk Andy.

Apalagi setelah beberapa parts dilapis dengan aksen krom. Makin mewah layaknya motor gaya Chicano yang serupa dengan sepeda lowrider yang populer di Meksiko dengan warna-warni yang mewah.


Data modifikasi:

Motor basis: Harley-Davidson Sportstep Iron 883 2012 Fork depan: original Shockbreaker: original Pelek depan: palang ring 19 Pelek belakang: palang ring 16 Ban depan: Metzeller 100/90/16 Ban belakang: Shinko 150/80/16 Pengereman: RSD Setang: ape hanger handmade (krom) Raiser: Harley-Davidson Lampu depan: Daymaker 5 inch Cover lampu: handmade Cover speedometer: handmade (krom) Lampu belakang: classic aftermarket Lampu sein: original Footstep: RSD Jok: handmade Handpad: RSD Handle: RSD Knalpot: handmade full system Silencer knalpot: shark tail (krom) Cover knalpot: stainless steel Cat: red xyrallic glod leaf pinstripe with airbrush


Pemilik & Bengkel Modifikasi: Spawn Garage

Alamat: Jl. Legundi No.28, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272, Indonesia

Website: spawngarage.com

IG: @the spawn garage

FB: the spawn custom garage

WA: +62 823-3128-7777


Teks: Indramawan

Foto: Spawn Garage

bottom of page