top of page
  • Gambar penulisEditor

Sportbike Elektrik New Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Diluncurkan, Simak Fitur dan Keunggulannya

Ninja e-1 dibanderol dengan planning price Rp149.900.000 (OTR Jakarta), sementara untuk Z e-1 adalah Rp146.900.000 (OTR Jakarta).

OTOPLUS-ONLINE I PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan motor listrik di tanah air, yakni Ninja e-1 dan Z e-1.


Ninja e-1 menyajikan bodywork full-fairing yang sporty, seperti lini Ninja berperforma tinggi. Sementara itu Z e-1 memiliki bodywork minimalis yang mengingatkan pada gaya streetfighter dan bermesin Z supernaked ciri khas dari tipe Z Kawasaki.

“Sebagai pabrikan motor Jepang pertama di Indonesia yang memperkenalkan motor listrik dengan genre sport memberikan idola dan harapan baru bagi Kawasaki Lovers tentunya penggemar sportbike tetapi mencari motor ramah lingkungan bisa memilih Ninja e-1. Apabila Kawasaki Lovers gemar motor tipe super naked dan berkelas, bisa memilih tipe Z e-1. Semua tergantung pada selera masing-masing. KMI terus berusaha memberikan sajian inovatif serta menarik perhatian untuk Kawasaki Lovers dan motorcycle enthusiast di tanah air,” ujar Michael C. Tanadhi, selaku Head Sales & Promotion PT. KMI.


Ninja e-1 dan Z e-1 mempunyai pilihan warna yang sama, yakni Metallic Bright Silver/Metallic Matte Lime Green/Ebony.

Soal harga, Ninja e-1 dan Z e-1 EV ini produksi CBU Jepang. Untuk itu, Ninja e-1 dibanderol dengan planning price Rp149.900.000 (OTR Jakarta), sementara untuk Z e-1 adalah Rp146.900.000 (OTR Jakarta). Start delivery kedua tipe tersebut akan dilakukan mulai tahun depan yakni pada bulan Maret 2024.


Berikut ini fitur yang ditawarkan Ninja e-1 dan Z e-1:


Electric Power

Kendaraan listrik jalan raya pertama Kawasaki ditenagai oleh motor listrik compact brushless yang menawarkan akselerasi off-the-line yang kuat dan respons low-end.


Tingkat tenaga yang dapat dipilih pengendara berkontribusi pada kepercayaan diri pengendara.

Sementara fitur EV unik seperti e-boost dan WALK Mode menambah pengalaman yang menyenangkan. Motor listrik yang ramah pengendara juga bersih dan senyap.


Max 9.0 kW (12 PS) Motor

Berkekuatan 5,0 kW (maks 9,0 kW), motor yang bersih dan senyap menghasilkan respons cepat dan tenaga low-end yang kuat, memfasilitasi pengendalian dan berkontribusi pada akselerasi cepat dari posisi berhenti.


Zero Emissions

Ditenagai motor listrik, Ninja e-1 dan Z e-1 tidak menimbulkan emisi saat dioperasikan. Motornya tidak menghasilkan panas sebanyak mesin bertenaga bensin. Pengoperasian yang senyap dan elektrik semakin berkontribusi.


ROAD/ECO Modes

Selain pengoperasian normal (ROAD), pengendara juga dapat memilih pengoperasian kecepatan yang terbatas (ECO). Kecepatan tertinggi dalam Mode ROAD adalah 88 km/jam (Ninja e-1) dan 85 km/jam (Z e-1), sedangkan kecepatan tertinggi dalam Mode ECO dibatasi hingga 64 km/jam (Ninja e-1) dan 62 km/jam (Z e-1).


e-boost Function

Dengan e-boost, pengendara dapat mengakses peningkatan tenaga selama kurang lebih 15 detik.

Saat diaktifkan, akselerasi menjadi lebih kuat dan kecepatan tertinggi ditingkatkan: 64 km/jam >> 75 km/jam (ECO), 88 km/jam >> 105 km/jam (ROAD) untuk Ninja e-1. Sedangkan untuk Z e-1 adalah 62 km/jam >> 72 km/jam (ECO), 85 km/jam >> 101 km/jam (ROAD).


WALK MODE (with Reverse)

Mode nyaman ini membantu bermanuver di tempat parkir. Saat diaktifkan, membuka throttle akan menggerakkan sepeda ke depan dengan kecepatan berjalan. Menutup throttle melewati titik “nol” akan menggerakkan sepeda secara mundur.


Dual Removable Batteries

Dua baterai lithium-ion yang dapat dilepas dan digunakan. Setiap baterai berbobot 11,5 kg, sehingga berkontribusi terhadap portabilitas. Baterai terletak di bawah box penyimpanan, dipasang secara paralel.

Pengisian daya baterai rata-rata 3,7 – 4 jam untuk full charge dan 1,6 – 2 jam untuk pengisian daya kurang lebih 20% - 85%.


Charging

Ada tiga opsi pilihan pengisian daya, di antaranya charging secara langsung tanpa charging dock (baterai dilepas), charging dengan charging dock (baterai dilepas), dan charging dengan baterai terpasang di tempatnya (offboard charge).


Regenerative System

Berkat sistem regeneratif, saat pengendara melepaskan throttle, energi perlambatan didaur ulang kembali ke baterai. Hal ini berkontribusi pada jangkauan jelajah yang lebih panjang.


Motorcycle Handling

Meskipun Ninja e-1 pada dasarnya adalah model komuter, para teknisi Kawasaki bekerja keras untuk memastikan bahwa Z e-1 menawarkan kesenangan berkendara yang menjadi ciri khas sepeda motor Kawasaki.


Keseimbangan yang dirancang dengan cermat antara penanganan yang percaya diri dan kemampuan manuver yang ringan akan membuat pengendara baru menantikan perjalanan sehari-hari mereka.


Solid Build: Kawasaki-Designed Motorcycle Chassis

Sasis yang didasarkan pada Kawasaki Ninja 400 memberikan pengendaraan yang nyaman bagi pengendara. Dibuat oleh pabrikan sepeda motor yang sangat terkenal akan keandalannya, Ninja e-1 menawarkan kualitas pembuatan yang kokoh seperti semua sepeda motor Kawasaki.


Light Weight

Dengan berat hanya 140 kg bobot ringan Ninja e-1 dan untuk berat Z e-1 yakni 135 kg berkontribusi untuk rider dan ramah lingkungan.


No-Clutch Operation

Tidak adanya kopling untuk dioperasikan, pengendara hanya perlu memutar throttle untuk pengoperasian dalam berkendara.


Disc Brakes with ABS

Rem cakram depan dan belakang memberikan performa pengereman yang nyaman, sementara ABS dapat menambah kepastian dalam pengereman.


Kawasaki Ninja/Z Motorcycle Design and EV Colouring

Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 menawarkan gaya sepeda motor yang menarik dilengkapi dengan warna dan grafis baru yang dirancang untuk memberikan citra yang berbeda.


Dan dengan sejumlah fitur utilitas, kendaraan listrik komuter baru ini memadukan performa sporty dan kenyamanan sehari-hari dengan mulus.


Warna Metallic Bright Silver / Metallic Matte Lime Green / Ebony yang menarik perhatian membuat motorcycle enthusiast tertarik untuk memilikinya.


TFT Instrumentation with Smartphone Connectivity

4.3” all-digital TFT colour instrumentation memberikan kokpit tampilan berteknologi tinggi dan bermutu tinggi, sekaligus dapat terhubung ke perjalanan Anda secara nirkabel menawarkan pengalaman bersepeda motor yang lebih baik.


Convenient Storage Box

Sebagai pengganti tangki bahan bakar, Ninja e-1 dan Z e-1 dilengkapi dengan box penyimpanan yang praktis.

Mengangkat penutup kotak penyimpanan memperlihatkan 5 liter ruang yang mudah diakses untuk barang-barang kecil seperti sarung tangan atau perlengkapan hujan.


Ergonomics

Relaxed rider triangle mengakomodasi berbagai ukuran pengendara dan situasi berkendara, berkontribusi pada karakter ramah pengendara.


Posisi berkendara yang relatif tegak dan posisi footpeg yang sedikit ke depan menempatkan pengendara pada posisi mengendalikan sepeda motor sekaligus memberikan kenyamanan bagi pengendara.


Spesifikasi Ninja e-1 dan Z e-1

POWER

Rated Output: 5.0 kW {6.8 PS} / 2,800 rpm

Max Output: 9.0 kW {12 PS} / 2,600 - 4,000 rpm

Torsi Maksimum: 40.5 Nm {4.1 kgƒm} / 0 - 1,600 rpm

Motor: Air-cooled, interior permanent magnet synchronous motor

Mode Riding: ROAD / ECO

Kecepatan Maksimum per Mode: 88 km/h / 64 km/h(Ninja e-1)

85 km/h / 62 km/h(Z e-1)

Kecepatan Maksimum per Mode (with e-boost): 105 km/h / 75 km/h(Ninja e-1)

101 km/h / 72 km/h(Z e-1)

Baterai: Lithium-ion battery pack x2

Voltage/KapasitasBaterai: 50.4 V / 30 Ah x2

Pengisian Baterai: 3.7 h x2

Primary Reduction Ratio: 3.211 (61/69)

Final Reduction Ratio: 3.867 (58/15)


PERFORMANCE

Suspensi Depan: ø41 mm telescopic fork

Suspensi Belakang: Bottom-link Uni Trak, gas-charged shock with adjustable spring preload

Rem Depan: ø290 mm disc

Rem Belakang: ø220 mm disc

Roda Depan: 100/80-17M/C 52S

Roda Belakang: 130/70-17M/C 62S

Panjang x Lebar x Tinggi: 1,980 x 690 x 1,105 mm (Ninja e-1)

1,980 x 730 x 1,035 mm(Z e-1)


DETAILS

Jarak poros roda: 1,370 mm

Jarak ke Tanah: 160 mm (Ninja e-1), 170 mm (Z e-1)

Berat: 140 kg with batteries (Ninja e-1)

135 kg with batteries (Z e-1)

Comments


bottom of page