• Editor

Sssttt... Electric Vehicle Pertama Porsche Ini Bakal Hadir Awal 2021 di Indonesia


Taycan merupakan mobil listrik murni bertenaga baterai (Battery Electric Vehicle) pertama yang didesain dan diproduksi oleh Porsche, dan akan dipasarkan ke Indonesia dengan harga mulai Rp 2,7 miliar.

Itu info yang kami dapat dari narasumber kami yang enggan disebut namanya. Taycan akan dijual dengan harga lebih terjangkau dari Porsche Panamera. “Harga Panamera 4S sekarang di angka Rp 4 M, dan Panamera Turbo S menyentuh Rp 6,5 M,” sebutnya. Nah harga Taycan akan dimulai dari Rp 2,7 M untuk base model, Rp 3 M untuk Taycan S lalu Taycan Turbo dibanderol Rp 4,35 M dan Taycan Turbo S Rp 5,3 M. Semua harga tersebut off the road.

Headlamp LED Matrix.


Hal itu dimungkinkan karena Taycan merupakan mobil listrik murni bertenaga baterei (Battery Electric Vehicle) pertama yang didesain dan diproduksi oleh Porsche. Sesuai Peraturan Pemerintah yang tertuang dalam PP No.73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah yang diatur pada pasal 12 mengenai Motor Listrik maka Taycan hanya akan dikenai tarif pajak sebesar 15%.

Lampu belakang dengan nuansa futuristik.


Sekilas mengenai Taycan, sport sedan listrik ini dibangun dari mobil konsep Mission E yang tampil untuk pertama kalinya di Frankfurt Motor Show 2015. Taycan memulai debut produksinya pada tahun 2019 dan mulai didistribusikan ke konsumen di tahun 2020 ini. Penamaan Turbo pada varian Taycan hanya sebagai pembeda dengan base model lantaran perangkat turbo sejatinya tidak ada di mobil ini.

Pengendalian diklaim tetap presisi khas Porsche.


Dengan pilihan range tenaga mulai 402 dk sampai dengan 751 dk sudah dapat terbayang serunya mengendarai Taycan. “Taycan gak sekadar fun to drive tapi juga berasa banget futuristiknya. Saya pernah nyobain Taycan Turbo yang bertenaga 671 dk, ketika berakselerasi penuh perut serasa ketarik,” tuturnya.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Porsche

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.