• Editor

Strategi Ban Fabio Quartararo Hasilkan Kemenangan di GP Inggris 2021

Pasang strategi ban soft - medium ketika kebanyakan pembalap memilih medium - medium.

Fabio Quartararo sukses merebut kemenangan kelimanya musim 2021 ini di GP Silverstone


OTOPLUS-ONLINE I Setelah absen tahun lalu karena pandemi Covid-19, musim MotoGP tahun ini sirkuit Silverstone kembali menggelar putaran ke-12 yang berlangsung 29 Agustus 2021 hari ini.


Total ada 142.000 penonton menyaksikan pertandingan kali ini, dari mulai latihan bebas hari Jumat sampai dengan race day hari Minggu.

Pol Espargaro start dari posisi terdepan setelah berhasil merebut pole position-nya yang pertama bersama Honda di debutnya tahun ini


Digelar dalam kondisi udara yang dingin, dengan suhu udara 17 derajat celcius dan tingkat kelembaban 66%, sementara suhu lintasan 24 derajat celcius, memaksa masing-masing tim adu strategi dalam pemilihan ban.

Masing-masing tim adu strategi pemilihan ban


Ketika kebanyakan pembalap memilih menggunakan ban medium depan dan belakang, Fabio Quartararo dan tiga pembalap lain (Joan Mir, Francesco Bagnaia, dan Jake Dixon) memutuskan menggunakan kombinasi ban soft untuk depan, dan medium untuk belakang.

Suhu udara yang turun drastis memaksa tim pasang strategi ban


Dari pemilihan ban ini, bisa sedikit dibaca strategi yang digunakan Fabio Quartararo dan pembalap-pembalap ini saat balap.

GP Inggris dimulai menyelesaikan 20 putaran


Quartararo dan Bagnaia yang start dari posisi dua dan tiga berencana melakukan start dengan baik dan segera menyodok ke depan untuk sebisa mungkin langsung membuat jarak dengan pembalap lain.


Sementara Joan Mir yang start dari posisi 11 dan Dixon (pembalap pengganti untuk tim Petronas SRT Yamaha) berencana untuk memperbaiki posisi saat start.


Dengan menggunakan ban depan lunak, hal ini dimungkinkan karena lebih lengket dan lebih cepat mencapai suhu kerja ideal, meski tak tahan lama jika dibanding ban medium.

Pol Espargaro start dengan baik dan berhasil memimpin balap


Rencana ini sempat terhambat karena pole sitter atau pembalap yang menempati posisi start terdepan, Pol Espargaro (Repsol Honda Team) mampu melakukan start dengan baik dan mempertahankan posisi terdepannya.

Aleix Espargaro menggeser posisi kedua dan ketiga yang ditempati Quartararo dan Bagnaia


Juga kejutan yang ditunjukkan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) yang start dari posisi ke-6, tiba-tiba langsung menyodok ke urutan kedua pada akhir putaran pertama, menggeser Quartararo dan Bagnaia.

Insiden senggolan Marc Marquez dan Jorge Martin


Sementara itu insiden terjadi di belakang, ketika Marc Marquez (Repsol Honda Team) bersenggolan dengan Jorge Martin (Pramac Racing) di tikungan, sehingga keduanya keluar dari balapan.

Duel Espargaro bersaudara, Pol dan Aleix


Untuk beberapa saat perhatian publik tertuju pada Espargaro Brothers yang menempati posisi 1-2 saat memasuki lap kedua.


Pada lap kedua ini, empat pembalap terdepan ini (Pol dan Aleix Espargaro, Bagnaia dan Quartararo) sudah membuat jarak 0,6 detik dengan kelompok pembalap di belakang.


Quartararo baru mampu menjalankan rencananya pada lap berikutnya. Diawali dengan menggeser Bagnaia, sebelum kemudian melewati Aleix Espargaro beberapa saat kemudian.


Selanjutnya Quartararo langsung memimpin pengejaran terhadap Pol Espargaro yang kali ini tampil super di atas Honda RC213V.


Pada lap lima Quartararo menusuk bagian dalam Pol Espargaro di tikungan Farm yang berkarakter cepat ke kiri untuk memimpin.


Pol seolah tak mampu menyamai kecepatan Quartararo yang langsung membuat jarak 0,6 detik di depan.

Aleix menggeser posisi Pol di lap 6


Justru Pol harus kehilangan posisinya setelah disalip saudaranya, Aleix di lap 6, sementara Quartararo sudah semakin jauh, yakni unggul lebih dari tiga detik di depan.


Tak hanya mampu melaju cepat, Quartararo juga mampu menjaga bannya hingga garis finish dan berhak atas kemenangan kelimanya di musim 2021 ini.

Alex Rins tampil mengejutkan terus merangsek ke depan meski start dari posisi 10


Acung jempol pantas diberikan kepada Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang start dari posisi ke-10, tapi kemudian berhasil mengambil posisi ketiga dari Pol Esparagaro di lap 20.


Rins kemudian juga menggeser posisi Aleix Espargaro ketika dia melebar di tikungan.

Quartararo sulit dikejar lawan-lawannya setelah membuat jarak 3.5 detik


Pada saat itu posisi Quartararo sudah 3.5 detik jauh di depan, sehingga Rins tak mungkin lagi mengejarnya, dan harus puas di posisi runner up.

Pertarungan sengit memperebutkan posisi ketiga antara Jack Miller dan Aleix Espargaro


Pertarungan sengit terjadi antara Jack Miller dengan Aleix Espargaro memperebutkan posisi ketiga. Pembalap Australia itu melancarkan serangan di tikungan Village pada lap terakhir untuk menggesernya. Tapi Espargaro kembali memotong Miller di tikungan Loop untuk merebut kembali posisinya.

Aleix Espargaro berhasil memberikan podium yang kali pertama bagi Aprilia sejak comeback ke MotoGP tahun 2015


Selanjutnya Espargaro menerapkan jurus bertahan hingga mampu unggul 0,149 detik atas Miller.

Ini adalah podium pertama bagi Aprilia sejak comeback di era MotoGP modern tahun 2015, dan yang pertama bagi Espargaro di kelas utama sejak Aragon 2014.


Sementara Pol Espargaro yang kemarin Sabtu sukses merebut pole position pertama sejak bergabung bersama Honda di musim ini menempati posisi kelima. Ini adalah hasil terbaiknya musim ini bersama Honda.

Selebrasi podium antara Quartraro, Rins dan Espargaro


Di posisi keenam ada pembalap KTM, Brad Binder yang menandai posisi Top 6 dengan pembalap dari pabrikan berbeda!




Teks: Indramawan

Foto: motogp.com