• Editor

Strategi dan Target Wahana dalam Pasarkan PCX160 e:HEV

Fokus pada strategi digital, di mana sosialisasi teknologi dan pemasaran banyak dilakukan melalui sosial media.
  • All New Honda PCX160 e-HEV

OTOPLUS-ONLINE – Setelah secara nasional diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM), All New Honda PCX160 dan PCX e:HEV juga diperkenalkan PT. Wahana Makmur Sejati selaku Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang.

  • Ki-ka, Henry Tulus (Head of Sales Part Main Dealer Wahana), Olivia Widyasuwita (Head of Marketing Wahana), dan Dwi (Head of Technical Function Wahana)

Edi Setiawan, Chief Marketing Officer Wahana pada jumpa pers virtual, Kamis (11/2) mengatakan, diciptakannya produk yang memiliki konsep dasar ‘Personal Comfort Saloon’ ini diharapkan dapat menghadirkan kenyamanan dan gaya berkendara kelas tinggi.


“All New Honda PCX160 dan PCX e:HEV memiliki kapasitas mesin yang lebih besar pula. Mudah- mudahan dengan dilakukannya upgrade produk ini, dapat memiliki performa yang lebih baik. Demi mengisi kekurangan dari generasi sebelumnya,” ujarnya.


Edi menambahkan, berdasarkan data penjualan sepanjang 2020, Wahana mampu pasarkan ribuan unit Honda PCX (all series) pada konsumen. “Masuk dalam jajaran produk skutik premium Honda, kehadiran PCX terbaru akan dapatkan perhatian kosnumen setia kami di segmen skutik premium,” tukasnya.


Sebagai pemegang pangsa pasar hingga 76,2% penjualan sepeda motor di Jakarta dan Tangerang, untuk tiga line up skutik premium Honda yang dipasarkan yaitu Honda Forza, ADV150 dan PCX, Wahana mampu menjual hingga 28.200 unit ketiga tipe tersebut selama 2020 lalu.

  • All New Honda PCX160 e-HEV yang semula namanya PCX Hybrid

Lantas bagaimana dengan PCX Hybrid yang kini berganti nama menjadi PCX e:HEV? Dikatakan Olivia Widyasuwita, Head of Marketing Wahana, bicara penjualan Honda PCX Hybrid tahun 2020, untuk wilayah Jakarta dan Tangerang kurang dari 100 unit.

  • Olivia Widyasuwita (Head of Marketing Wahana)

“Penjualan PCX e:HEV, yang tahun lalu namanya masih PCX Hybrid, terpukul oleh kondisi pandemi. Sehingga kurang dari 100 unit. Harapannya, di tahun 2021 ini akan lebih baik, paling tidak kenaikan penjualan 50% dibanding tahun lalu,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.


Strategi pemasaran PCX e:HEV pun dibuat sedikit berbeda. Mengingat profil dari para pengguna PCX hybrid ini sangat unik. Di mana rata-rata para penggunanya adalah mereka yang concern pada perkembangan teknologi.


“Maka kami akan lebih banyak memberi edukasi tentang ragam keunggulan PCX e:HEV melalui digital,” papar Olivia. Ia pun menambahkan, Wahana akan fokus pada strategi digital, dimana sosialisasi teknologi dan pemasaran banyak dilakukan melalui sosial media.

  • All New Honda PCX160 e-HEV ditargetkan terjual 150 an unit tahun ini untuk wilayah Jakarta dan Tangerang

  • Salah satu sudut dari desain All New Honda PCX160 e-HEV

  • Kapasitas bagasi All New Honda PCX160 e-HEV

PCX150 versi hybrid mengalami perubahan nama menjadi PCX e:HEV, simbol elektrifikasi efisiensi teknologi Honda, pada Hybrid Electric Vehicle. Sehingga mudah dikenali sebagai kendaraan hybrid Honda.


All New Honda PCX berkapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power plus (eSP+). Berpendingin cairan, minim gesekan, bertenaga maksimal hingga 11,8 kW @8500 rpm, dan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. Khusus New Honda PCX e:HEV dilengkapi motor assist dan riding mode, dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S).

  • Logo All New Honda PCX160 e-HEV membawa pesan kemajuan teknologi

Hadir fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) pada tipe ABS dan e:HEV, dipastikan akan memberi keamanan yang lebih baik saat melintasi jalan licin. Dukung performanya, All New Honda PCX mengkonsumsi bahan bakar mencapai 45 Km/l (tes dilakukan dengan pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system dengan metode ECE R40 dengan metode pengetesan EURO 3).


Teks: Setiawan AS

Foto: Wahana dan IG All New PCX160 e:HEV