• Editor

Sudah Ada Diskon untuk New Astra Daihatsu Sigra 2019


Tampil dengan konsep New, Fun & Agile. Ada tiga pilihan warna baru dari tujuh pilihan warna yang tersedia yaitu Glittering Silver Metallic, Bronze Metallic dan Orange Metallic.

Sejak dipasarkan 2 Agustus 2016, Astra Daihatsu Sigra sudah terjual lebih dari 150.000 unit. Desain yang stylish, kemampuan mengangkut 7 penumpang dengan nyaman, biaya perawatan dan operasional terjangkau, ragam pilihan varian disertai harga yang terjangkau menjadikan Sigra mampu menjawab kebutuhan mayoritas konsumen Indonesia.

Dari kiri: Tunjung Pramusinto (Regional Head Jawa Timur-Bali Daihatsu Sales Operation), Supranoto Tritodidjojo (CEO Astra International Daihatsu Sales Operation), Hironobu Sano (Finance Director Astra Daihatsu Motor), Tri Muljono (Marketing Planning & Sales Support Daihatsu Sales Operation)

Pada 2016 awalnya Sigra terjual 2.100 unit/bulan, saat ini penjualannya 4.200 unit/bulan. Pasar LCGC sepertinya tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi perekonomian saat ini.


Buktinya di tengah menurunnya penjualan otomotif nasional hingga 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, segmen LCGC justru naik 1,7%. Jika di 2018 penjualan mobil LCGC berada di angka 19,6%, di tahun 2019 ini kontribusi LCGC naik menjadi 21,3%. Pengembangan Sigra menjadi krusial karena kontribusi Sigra terhadap penjualan Daihatsu mencapai 30 persen

Kecuali varian D, seluruh varian menggunakan headlamp LED

Pengembangan Sigra dilakukan dengan mendengar suara konsumen. Dihubungi terpisah, Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor menuturkan kalau pengembangan Sigra bahkan sudah mulai dilakukan di tahun kedua setelah kelahirannya.

Kamera mundur menjadi kelengkapan standar di varian R

Masukan yang diterima, customer mengharapkan improvement di beberapa poin, yaitu desain lebih baik, ekonomis terkait harga, lebih praktis secara fungsional, nyaman, kemudahan ketika parkir.

Kontrol AC terlihat beda dengan penggantian kenop AC

“Atas dasar masukan tersebut Astra Daihatsu Motor melakukan improvement lewat penyegaran desain, pengembangan feature, penambahan service package,” kata Tri Mulyono, Marketing Planning & Sales Operation Support PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

Wajah baru lebih mancung 40 mm sementara desainnya didominasi garis horizontal untuk menghadirkan kesan lebar

Penyegaran desain dilakukan dengan mengangkat konsep New, Fun and Agile. Intinya menghadirkan kesan lebih lebar melalui redesain gril dan bumper di area depan, serta penambahan backdoor garnish lebih besar di area belakang.

Backdoor garnish yang panjang dengan penampang lebih besar juga untuk menghadirkan kesan lebar

Di bagian samping, improvement yang dilakukan, pelek alloy dengan desain baru. Desain bumper depan ada penambahan 4 cm untuk memunculkan kesan 3 dimensi dan penambahan mudguard.

Pelek dengan desain baru dan ada penambahan mudguard

Pada area interior, secara konsep memadukan warna gelap dan cerah. Dasbornya paduan dark grey dan light grey, penggantian kenop AC, jok berwarna dark grey serta penambahan storage di 3 lokasi, pocket di central console, tray untuk menyimpan di bawah jok, backdoor pocket sisi kanan.

Interior memadukan warna light grey di dasbor dan dark grey di jok

Sisi kenyamanan, head unit saat ini sudah memakai head unit 2-DIN touchscreen dengan fitur Bluetooth, retractable mirror. Kenyamanan dan keamanan, pada varian tertinggi juga karena ada penambahan reverse camera.

Fitur retractable mirror jadi standar di varian R

Menjawab permintaan konsumen berkaitan dengan harga, ADM memutuskan untuk tidak menaikkan harga varian termurahnya (tipe D). Sementara varian M & X naik Rp 1,5 juta dan varian R tertinggi 2 juta.

ABS hanya ada di varian bertransmisi otomatis. Spek mesin tidak berubah, semoga tidak ada lagi gejala endut-endutan di putaran rendah

Menariknya lagi untuk pembelian Sigra hingga 30 November akan dibebaskan dari biaya perawatan termasuk spare part dan oli hingga jarak tempuh 20.000 km atau 1 tahun (mana yang tercapai lebih dulu).


Surprisingly, sudah ada diskon lho untuk New Astra Daihatsu Sigra. “Diskonnya Rp 6 juta,” bisik salah seorang sales yang kami temui di lokasi acara kemarin.


Harga New Astra Daihatsu Sigra (OTR Surabaya)

  • Tipe Harga

  • D M/T Rp 122.500.000

  • M M/T Rp 132.950.000

  • X M/T Rp 142.350.000

  • X M/T Deluxe Rp 147.850.000

  • X A/T Rp 155.150.000

  • X A/T Deluxe Rp 160.650.000

  • R M/T Rp 148.750.000

  • R M/T Deluxe Rp 152.550.000

  • R A/T Rp 161.600.000

  • R A/T Deluxe Rp 165.400.000


Naskah & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.