• Editor

Suzuki Perkenalkan New Baleno Sebagai The Complete Hatchback


  • Prosesi launching New Baleno di Jakarta bersamaan dengan di Surabaya (20/12/2019)

New Baleno merupakan generasi ke-6 Suzuki Baleno. Hatchback ini diluncurkan di Surabaya oleh PT Suzuki Indomobil Sales bersamaan dengan waktu peluncurannya di Jakarta (20/12).

  • Fredy Teguh, Sales & Marketing Director PT United Motors Centre, Roy Astungkoro, Head of Digital Marketing PT Suzuki Indomobil Sales, Fie An, General Manager PT Sejahtera Buana Trada, Tokuda, 4W Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales saat launching New Baleno di Surabaya

Sejak bertransformasi menjadi hatchback tahun 2017 Baleno cukup diterima pasar. Dari data Gaikindo, di tahun pertama kemunculannya di 2017 Baleno berhasil meraup penjualan 2.548 unit. Pada tahun 2018 meningkat signifikan menjadi 5.453 dan hingga bulan Oktober 2019, penjualannya telah mencapai 4.412 unit.

  • New Baleno hadir sebagai The Complete Hatchback yang dapat melengkapi gaya hidup urban dan keluarga muda yang dinamis

“Penjualan Baleno di Surabaya sendiri meraih hasil yang positif. Sepanjang Januari – November Baleno berhasil meraih pangsa pasar hatchback car sebesar 12,9%. Bahkan di bulan November, Baleno berhasil menguasai market share hingga 17,7%, jelas Fredy Teguh Sales & Marketing Director PT United Motors Centre. “Kami optimis New Baleno bisa diterima baik oleh masyarakat,” sambung Fie An, General Manager PT Sejahtera Buana Trada.

  • Desain baru pada bumper (upper & lower) juga grill

  • Headlamp kini sudah mengadopsi Projector LED dengan DRL

  • Desain alloy wheel baru yang kini menggunakan two-tone black polish

Hadir dengan konsep Liquid Flow Design, New Baleno tampil semakin premium dan modern. Di sektor eksterior, kebaruan ada pada headlamp yang kini sudah mengandalkan projector LED, bumper dan grill dengan desain yang sporti, desain bezel foglamp dan desain pelek alloy wheel baru yang sporti dengan finishing paduan warna hitam dan polished.


Sementara di interior, nuansa fresh ada pada warna pelapis jok dan aksen warna dark grey pada ornamen-ornamen interior. New Baleno juga memiliki berbagai fitur yang menambah kebanggaan, kenyamanan dan menunjang kegiatan serta gaya hidup urban yang dinamis seperti head unit touchscreen 7 inci baru dengan fitur Apple Carplay dan Android Auto menjadikan mobil ini sebagai The Complete Hatchback.


Di sektor mesin, masih mengandalkan unit K14B berkapasitas 1.373 cc dengan tenaga 92,4 ps atau 91,1 dk. “Kami tidak akan menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,2 liter atau mesin diesel 1,3 liter seperti di India. Di India pajak untuk mesin berkapasitas di bawah 1,2 liter (bensin) dan 1,3 liter (diesel) lebih murah dibandingkan mesin 1,4 liter atau 1,5 liter. Mesin K14B kami pilih karena lebih powerfull,” tandas Tokuda, 4W Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales ketika ditanya Otoplus-Online mengenai alasan kembali dipilihnya mesin itu.


New Baleno hadir dengan 6 pilihan warna, Solid Fire Red, Metallic Premium Silver, Pearl Artic White, Prime Stargaze Blue, Pearl Midnight Black dan satu warna baru, Metallic Magma Grey.


“Dengan diluncurkannya New Baleno ini, kami menargetkan bisa meraih pangsa pasar hatchback 20% di Jawa Timur. Target itu sama dengan target nasional,” tutup Darwin, Group Head of Sales 4W PT SIS.


Harga OTR

New Baleno M/T Rp 231.000.000

New Baleno A/T Rp 243.000.000


Naskah: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: SIS, Nugroho Sakri Yunarto