• Editor

Taycan: Sedan Sport Elektrik Paling Murah Porsche Seharga Rp 2,5 Miliar

Porsche Indonesia pastikan Taycan akan didistribusikan ke dealer pada pertengahan Maret 2021

OTOPLUS-ONLINE I Entry level Taycan ini merupakan varian keempat dari sedan sport elektrik pertama Porsche melengkapi varian Taycan 4S, Taycan Turbo dan Taycan Turbo S. Perbedaan utamanya terletak pada sistem penggerak yang hanya mengandalkan kedua roda belakang.

DNA khas Porsche tampak depan terlihat sangat rendah dan lebar


Anggota keluarga Taycan paling muda ini tersedia dalam dua pilihan baterai, Performance Battery Standart yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 300 kW (402 dk) dan Performance Battery Plus yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 350 kW (469 dk). Porsche mengklaim kalau konsumsi energi Taycan berkisar 28,7 - 26,2 kWh/100 km.

Siluetnya dibentuk garis atap sporty miring ke bawah ke belakang, sementara bagian sampingnya yang sangat terpahat juga men-jadi ciri khasnya. Pilar C yang ditarik dengan mencolok, dan bahu yang menonjol pada sayapnya menghasilkan bagian belakang yang tegas, tipikal brand ini


Taycan dibekali fitur-fitur gres yang baru akan diadopsi varian lain di keluarga Taycan pada pergantian model berikutnya. Seperti fitur Plug & Charge, fitur ini memungkinkan pengisian dan pembayaran tanpa menggunakan kartu atau aplikasi. Intinya, setelah kabel pengisi daya dicolokkan, Taycan akan berkomunikasi secara terenkripsi dengan stasiun pengisian yang kompatibel dengan Plug & Charge. Proses pengisian dan pembayaran kemudian diproses secara otomatis. Porsche juga menyediakan wall charger opsional dengan kapasitas pengisian daya hingga 22 kW.

Elemen inovatif seperti tampilan kaca yang membiarkan logo Porsche di bilah lampu belakang


Dalam rilis yang dilansir 20 Januari 2021, Porsche Indonesia memastikan kalau Taycan berpenggerak roda belakang ini akan didistribusikan ke dealer pada pertengahan Maret 2021 dengan harga mulai Rp 2,5 Miliar.

Pilihan Baterai

Sebagai standar, Porsche membekali Taycan dengan Performance Battery Lithium-Ion satu dek yang memiliki kapasitas kotor 79,2 kWh. Opsionalnya, disediakan pilihan Performance Battery Plus Lithium-Ion dua dek dengan kapasitas kotor 93,4 kWh. Jangkauan maksimal masing-masing baterei sesuai dengan WLTP, yaitu 431 dan 484 kilometer.

Headlight Matrix LED


Dengan kapasitas pengisian maksimum DC fast charger hingga 225 kW (Performance Battery) dan 270 kW (Performance Battery Plus) 800 volt, baterei tersebut hanya memerlukan waktu pengisian 22,5 menit dari kapasitas 5% ke 80%, selanjutnya selama 5 menit untuk mencapai kondisi 100%. Atau kalau menggunakan sumber listrik AC berdaya 11 kW akan memakan waktu sekitar 7-9 jam.

Motor Listrik Inovatif & Performa Dinamis

Taycan menggunakan synchronous electric motor yang sama dengan saudara-saudaranya. Bedanya di Taycan motor listrik itu hanya terpasang di poros roda belakang. Sumber daya itu lantas dikawinkan dengan transmisi otomatis 2 speed plus limites speed differential dengan perbandingan gigi primer 15,5:1 yang memberikan kemampuan akselerasi maksimum dan gigi sekunder 8,05:1 yang mampu menghantarkan top speed dan efisiensi.

Dasbornya didominasi layar dan panel sentuh dengan infotainment secreen 10,9 inci di tengah dan layar opsional untuk penumpang depan menghadirkan ambience futuristik. Taycan juga merupakan model Porsche pertama yang tersedia dengan pilihan interior sepenuhnya bebas kulit. Interiornya terbuat dari bahan daur ulang yang inovatif menggarisbawahi konsep berkelanjutan dari mobil sport listrik


Taycan memiliki kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,4 detik dan top speednya 230 km/jam. Kemampuannya itu didukung juga oleh koefisien hambatan angin yang hanya 0,22.


Sasis Canggih

Porsche menggunakan sistem kontrol jaringan terpusat untuk sasis Taycan. Kontrol sasis Porsche 4D yang terintegrasi menganalisis dan mensinkronisasi semua sistem terkait sasis (rangka dan suspensi) secara real time. Baik suspensi model pegas baja standar Taycan atau suspensi udara adaptif opsional dengan teknologi tiga ruang dilengkapi dengan sistem kontrol peredam elektronik PASM (Porsche Active Suspension Management).

Kompartemen bagasi belakang dengan volume 407 liter


Suspensi udara adaptif juga dilengkapi dengan fungsi Smartlift. Ini memungkinkan Taycan diprogram untuk menaikkan ground clearance secara otomatis saat menemui kondisi jalan yang tidak bersahabat seperti jalan berlubang. Fungsi Smartlift juga dapat secara aktif mempengaruhi ketinggian kendaraan pada perjalanan jalan raya dan dapat menyesuaikan ketinggian kendaraan untuk kompromi terbaik antara efisiensi dan kenyamanan berkendara.


Sistem Pengereman

Fitur yang membedakan Taycan dalam keluarga modelnya termasuk roda Taycan Aero 19 inci yang dioptimalkan secara aerodinamis dan kaliper rem anodisasi hitam.


Untuk mengawal lajunya Taycan dilengkapi rem dengan kaliper monoblok 6 piston di depan dan 4 piston di belakang. Piringan cakramnya model ventilasi internal dengan diameter 360 mm di depan dan 358 mm di belakang. Porsche juga menyediakan opsi rem berpeforma tinggi PSCB (Porsche Surface Coated Brake) dengan diameter cakram 410 mm (depan) dan 365 mm (belakang).


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Porsche