• Editor

Teknologi Eco Smart Tire Pada Ban FDR Bisa Diuji Langsung Masyarakat Lho!


Teknologi Eco Smart Tire pada sejumlah produk FDR.

Eco Smart Tire (EST) sudah diperkenalkan FDR Tire sejak 2014. Dimana FDR mengklaim teknologi pada ban ini membuat konsumsi bahan bakar hemat hingga 7,1% dibanding motor yang menggunakan ban reguler.


Cara mudah membuktikan langsung keunggulan Eco Smart Tire dipertontonkan kepada pengunjung pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show (Telkomsel IIMS) 2019 yang berlangsung selama 11 hari (25 April - 5 Mei).


“Teknologi Eco Smart Tire bisa dibuktikan langsung masyarakat, di booth FDR Telkomsel IIMS 2019. Di sini tersedia display interaktif keunggulan ban FDR dengan kompon berteknologi EST,” kata Anang Nilanto, Presiden Direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), produsen ban FDR.


Display uji coba teknologi EST ini terbuat dari lintasan melengkung seperti huruf 'U' landai, dan dua bola yang berbeda kompon. Satu bola menggunakan kompon ban regular sedangkan bola yang satunya lagi menggunakan material berteknologi EST.


Dua bola tersebut kemudian dilepaskan pada waktu yang bersamaan di lintasan melengkung tadi. Hasilnya, bola kompon EST akan menggelinding lebih lama dibanding bola kompon regular.

FDR Tire membagikan banyak hadiah dan diskon sepanjang Telkomsel IIMS 2019.

Untuk benar-benar membuktikan kelebihan teknologi EST, kedua bola karet kompon tersebut memiliki berat dan volume yang sama. Yang membuat keduanya berbeda hanya racikan materialnya.

“Masyarakat bisa rasakan kedua bola kompon itu tampak tak ada beda dari segi warna, berat, bentuk, hingga tekstur,” kata Jimmy Handoyo, Technical Service&Development Dept. Head PT SRI.

Bola kompon berteknologi EST bisa menggelinding lebih lama, dibanding bola regular. Karena racikan komponnya Low Rolling Resistance atau tahanan gelinding rendah. “Efeknya kerja mesin motor lebih ringan, konsumsi BBM jadi lebih sedikit,” katanya.


Saat ini sudah ada dua varian ban FDR berteknologi EST, yaitu Facio EST berukuran 80/90-14TL & 90/90-14 TL, serta Sport XR Evo EST berukuran 80/80-14 TL & 90/80-14 TL.


Naskah & Foto: Wave