• Editor

Tes Ekstrem Keseimbangan Rangka Mini Bike ala WS Udek Oto


“Kami terinspirasi Smokebelt Garage yang coba kestabilan chopper bikinan mereka dengan cara surfing (berdiri di atas motor). Bedanya, saya akan coba lakukan surfing, tapi di atas mini bike!” (WS Udek Oto)

Motor dengan jarak sumbu roda panjang punya kelebihan dalam hal kestabilan. Tapi kurang lincah dalam bermanuver. Itulah kenapa motor tipe turing atau chopper yang pemakaiannya lebih untuk menempuh perjalanan jauh, selalu memiliki wheelbase panjang.

Harley-Davidson Fat Boy 114 2020 memiliki jarak sumbu roda 1.665 mm (Foto: Onno 'Berserk' Wieringa/Dok. OTOPLUS-ONLINE)..


Sebaliknya motor dengan jarak sumbu roda pendek punya kelebihan dalam hal kelincahan bermanuver, tapi kurang dalam hal kestabilan. Itulah kenapa motor tipe sport yang pemakaiannya lebih untuk bermanuver, memiliki wheelbase lebih pendek ketimbang motor turing.

Honda CBR1000RR-R Fireblade 2020 SP memiliki jarak sumbu roda 1.455.42 mm (Foto: Indramawan/Dok. OTOPLUS-ONLINE).


Bagaimana dengan mini bike? “Jarak sumbu roda mini bike rata-rata hanya 1000 - 1100 mm. Lebih pendek dari motor bebek atau skutik (matik) yang ada di kisaran 1200 mm ke atas,” buka Wuddy Sumanja atau lebih akrab disapa Udek yang merupakan owner dari WS Udek Oto Garage and Shop.

Mini bike dengan basis mesin Honda Karisma 125 cc garapan WS Udek Oto ini memiliki jarak wheelbase 1050 mm, dan dipakai untuk tes keseimbangan rangka.


Bisa dibilang, dengan jarak sumbu roda pendek yang pendek ini, mini bike punya karakter lincah, tapi kurang stabil. “Untuk itu, dibutuhkan frame atau rangka yang seimbang, yang hanya bisa didapat dari hitungan geometri yang tepat, agar motor tetap balans meskipun dengan jarak wheelbase pendek,” imbuh Udek yang bengkelnya semakin dikenal sebagai biangnya motor mini.

Perhitungan geometri rangka dilakukan Udek dengan cermat, didukung pengalaman bertahun-tahun menjadi mekanik road race tim pabrikan Suzuki era 2000-an.


Nah, terdorong keinginan untuk membuktikan kualitas rangka handmade bikinan bengkelnya, dalam episode terbaru #MiniGila pada channel Youtube miliknya (ws udek oto), Udek menempuh cara ekstrem.

Rangka mini bike handmade garapan WS Udek Oto.


“Kami terinspirasi salah satu bengkel di Surabaya, yaitu Smokebelt Garage yang pernah diulas di OTOPLUS-ONLINE (baca: Haris 'The Surfer'). Di situ ditunjukkan, mereka coba kestabilan chopper bikinan mereka dengan cara dipakai surfing (berdiri di atas motor),” tutur Udek. “Bedanya, kali ini saya akan coba lakukan surfing, tapi di atas mini bike.”

Video tes keseimbangan rangka mini bike pada channel Youtube WS Udek Oto,


Tes keseimbangan rangka yang dilakukan pada Rabu (9/12/2020) tersebut, muncul kendala keterbatasan lintasan berupa jalan aspal yang diperlukan agar motor bisa melaju mulus. "Kita kesulitan menemukan lintasan yang cukup panjang, untuk menjaga putaran mesin (rpm) tetap tinggi, sehingga motor dalam kondisi seimbang saat kita berdiri di atas motor," tutur Udek.

Photo capture dari video ini menunjukkan setelah beberapa kali run, akhirnya Udek bisa melakukan surfing (berdiri di atas motor).


Tapi karena mini bike berbasis mesin Honda Karisma 125cc ini harus segera dipaketkan ke konsumen, dan cuaca di Surabaya beberapa minggu terakhir ini diguyur hujan, maka tes terpaksa diadakan di lintasan aspal perumahan yang berjarak kurang dari 800 meter.

Photo capture dari video yang menunjukkan pada run terakhir, Udek kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Menariknya, motor tetap berjalan lurus sampai masuk ke parit kering sejauh kurang lebih 15 meter! Ini sekaligus membuktikan keseimbangan mini bike tersebut.


"Saya berhasil melakukan surfing di atas mini bike itu, meskipun akhirnya terjatuh. Dan untungnya motor terus berjalan sendiri meskipun saya jatuh terguling, hingga akhirnya masuk ke parit yang ditumbuhi rerumputan lebat, sehingga motor terhindar dari kerusakan atau baret-baret," senyum Udek yang hanya mengalami lecet-lecet, dan berjanji akan menggunakan body protector pada pengujian berikutnya.


W.S Udek Oto

Jl. Hulaan – Menganti Km 1, Menganti - Gresik

(031) 7173 3456 atau 0813-3515-8055 .


Teks & Foto: Indramawan