top of page
  • Editor

Test Drive Chery Tiggo 7 Pro, Mau Tahu Kelebihan dan Kekurangannya?

Pada sesi First Drive ini OTOPLUS-ONLINE akan mengulas apa saja kelebihan dan kekurangan Chery Tiggo 7 Pro varian Premium.

OTOPLUS ONLINE I Setelah diperkenalkan di ajang IIMS Jakarta Maret 2022 lalu, Chery Motor Indonesia akhirnya meluncurkan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro secara resmi pada Rabu, 23 November 2022.

Untuk wilayah Jatim, Chery dipasarkan oleh CV Manang Abadi Sejahtera, authorized dealer Chery untuk wilayah Jawa Timur yang beralamat di jalan Raya Prapen 305, Surabaya.


Pada sesi First Drive ini OTOPLUS-ONLINE akan mengulas apa saja kelebihan dan kekurangan Chery Tiggo 7 Pro varian Premium. Berikut uraiannya.


Kelebihan

Harga dan Masa Garansi

Varian Premium dipasarkan dengan harga Rp 436 juta (OTR Surabaya)


Dari sisi harga Tiggo 7 Pro bersaing di segmen compact SUV bersama Honda HR-V dan Hyundai Creta. Chery Tiggo 7 Pro hadir dalam 3 pilihan varian yaitu Comfort (Rp 376 juta), Luxury (Rp 406 juta) dan Premium (Rp436 juta).

Panoramic roof hanya ada di varian Premium


Sementara kalau mencermati dimensi dan spesifikasi teknisnya, Tiggo 7 Pro masuk dalam kategori medium SUV sekelas Honda CR-V, Mazda CX-5, Mitsubishi Eclipse Cross dan Toyota Corolla Cross. Jadi ibaratnya cukup modal duit untuk beli compact SUV tapi bisa mendapatkan medium SUV.

Garansi mesin mencapai 10 tahun atau 1 juta kilometer!


Untuk memberi rasa aman kepada konsumen, Chery Motor Indonesia berani memberikan garansi mesin 10 tahun atau 1 juta kilometer, garansi bodi dan kelistrikan sampai dengan 6 tahun atau 150.000 km dan membebaskan biaya perawatan yang mencakup jasa dan suku cadang sampai 60.000 km atau 4 tahun.


Tampang Cakep

Tampak depan perpaduan desain Audi Q5 dengan Infinti QX50


Kalau diamati secara detail, sebenarnya tidak ada yang benar-benar orisinal dari desain Tiggo 7 Pro. Richard Koo sang desainer sepertinya terinspirasi beberapa mobil saat mendesainnya.

Side body moulding gondrong seperti kepunyaan Honda CR-V. Sementara di bagian belakang ada sentuhan desain Toyota Fortuner dan KIA Sonet


Coba kita amati dari eksterior, tampang depan seperti terinspirasi perpaduan sosok Audi Q5 dengan Infiniti QX50, di bagian samping terutama di sisi belakang ada sentuhan Toyota Fortuner, sementara bentuk belakang kok seperti KIA Sonet ya?

Di bagian interior materialnya solid dan well built, sehingga lebih berasa berada di balik kemudi mobil Eropa ketimbang Tiongkok, dengan finishing yang tergolong rapi


Nuansa interiornya juga disumbang beberapa merek. Seperti dasbor yang terinspirasi BMW kekinian, doortrim dari Mercedes-Benz bahkan shiftknob seperti kepunyaan Toyota Fortuner. Namun overall Chery berhasil meraciknya jadi SUV yang terlihat tampan sekaligus mewah.


Built Quality

Detail interior setara dengan kebanyakan mid size SUV buatan Jepang


Sejak 2012 Chery Automobile beraliansi dengan Jaguar Land Rover. Jadi gak heran kalau kualitas interior Tiggo 7 Pro terlihat solid dan mewah lantaran disumbang taste Jaguar Land Rover.

Beberapa komponen kualitasnya bahkan mengungguli brand Jepang, knalpot ini misalnya. Oh ya, ornamen nirfungsi ini hanyalah pemanis fender


Kualitas materialnya bisa kami kategorikan sangat baik di kelas mid size SUV. Menurut kami kualitas materal baik eksterior maupun interior jadi yang terbaik diantara produk asal Tiongkok lain, bahkan mengungguli kualitas material beberapa brand Jepang.


Fitur Membuncah

Sistem A/C three zone dengan setelan individual di bagian belakang. Panel sentuh pengontrol sistem A/C ini scratch proof, dust proof, waterproof dan corrosion resistant


Tiggo 7 Pro dibekali fitur kenyamanan dan keamanan ala mobil-mobil Eropa, sangat lengkap! Kenyamanannya didukung dengan sistem A/C three zone auto climate control, sementara seluruh permukaan interior berbalut material berkualitas tinggi yang dinamai Dynamic-tech.

Shortcut button untuk mengakses layar infotainment


SUV ini dilengkapi juga dengan wireless charger dan voice assistant yang sayangnya masih harus pakai bahasa Inggris. Tombol fisikal untuk mengaktifkan A/C digantikan panel capactive LCD touchscreen 8 inci.

Wireless charger dan kompartemen penyimpanan ekstra ada di bawah konsol tengah. Scuff plate yang biasanya jadi standar bawaan mobil premium


Sementara sistem audionya dilengkapi dengan sound processor buatan Arkamys yang mampu menghasilkan keluaran suara berspek Sound Quality (SQ).

Visual 360 yang ditampilkan seperti kepunyaan Range Rover Sport


Sementara untuk keamanan, Tiggo 7 Pro yang dibangun di atas platform T1X sudah dilengkapi dengan 6 airbag, 360 HD Panoramic Camera serta Advanced Driving Asistances System (ADAS).


Performa

Tendangan torsi sebesar 230 Nm terasa lebih dari cukup menghela SUV yang bobot kosongnya 1.465 kg ketika kami pakai pada kondisi stop and go


Tiggo 7 Pro menggunakan mesin turbo berkapasitas 1.500 cc berkode SQRE4T15C yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 115 kW (154,2 dk) dan torsi 230 Nm.

Suara dan getaran mesin terasa halus. Mesin dapat dihidupkan dari jarak jauh menggunakan remote key


Mesin ini dipadukan dengan transmisi CVT 9 percepatan. Ketika kami coba pada kondisi lalu lintas dalam kota yang padat, saat kondisi stop and go, SUV ini tak kesulitan memulai bergerak atau bergerak merayapi kemacetan.

Transmisi CVT 9-speed ikut menunjang efisiensi BBM


Mesinnya pun sigap merespon saat OTOPLUS ONLINE injak penuh pedal gas ketika menemukan kondisi jalan yang lengang sesaat.


Kekurangan

Jaringan Aftersales

Semoga tidak terulang cerita Chery di era 2006-2012


Ini bakal menjadi tantangan buat Chery selain membumikan kembali brand asal Cina tersebut. Tahu sendiri, karakter masyarakat Indonesia sukanya berjamaah. Brand yang sudah establish lama, itulah yang akan dipilih. Termasuk pertimbangan layanan aftersales.


Baca juga: Chery Tawarkan OMODA 5, SUV Crossover untuk Kaum Milenial, Seperti Apa?


Oleh sebab itu Chery harus bergerak cepat dan serius untuk segera membangun jaringan guna .


Bunyi Saat Electric Park Brake Diaktifkan

Electronic Parking Brake dengan Auto Brake Hold


Setiap rem tangan elektrik diaktifkan, ada suara nguuuk.. dari motor servo yang mengaktifkan sistem electronic parking brake alias rem parkir elektronik.


Baca juga: Produk Unggulan Chery untuk Indonesia: TIGGO 8 PRO, OMODA 5 Hingga EQ1


Gak masalah sih kalau dari dalam kabin sebab tidak kedengaran. Suara itu terdengar dari luar, ketika melakukan pemotretan eksterior.


Sistem ADAS Nanggung

Di unit tes ini, cruise control-nya belum tipe adaptif


Chery Tiggo 7 Pro sudah dilengkapi Advanced Driving Asistances System (ADAS) sayangnya nanggung lantaran belum dilengkapi dengan fitur Lane Keeping Assist dan Adaptive Cruise Control.

Fitur kamera penunjang fitur Line Departure Warning


Bisa jadi lantaran unit tes kami ini benar-benar generasi awal yang dihadirkan Chery di Indonesia, semoga saja unit yang hadir usai peluncuran sistem ADAS-nya sudah dibekali dengan kedua fitur tersebut.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page