top of page
  • Gambar penulisEditor

Test Drive Wuling Air EV: Bagaimana Rasanya Jadi Penumpang Mobil Listrik Harga Terjangkau Ini?

Air EV dipasarkan Rp249.500.000 untuk tipe Short Range dan Rp302.600.000 untuk varian Long Range.

Top speednya 100 km/jam lebih sedikit


OTOPLUS-ONLINE I PT Arista Jaya Lestari (Wuling Arista) yang merupakan kontributor penjualan terbesar Wuling di Indonesia dengan kontribusi penjualan sebesar 53% dari total penjualan nasional mengadakan acara Wuling Air EV Test Drive Experience di Surabaya pada 28 Oktober 2022.


“Melalui Test Drive Experience ini kami ingin rekan-rekan media dapat merasakan secara langsung bagaimana rasanya mengendarai Wuling Air EV, kendaraan listrik berpenampilan stylish, futuristik dengan harga paling terjangkau saat ini,” kata Yansen Tan, Operation Manager PT Arista Jaya Lestari.

Yansen Tan, Operation Manager PT Arista Jaya Lestari


Sejak diluncurkan 11 Agustus 2022 penjualan Wuling Air EV yang dibangun menggunakan platform GSEV (Global Small Electric Vehicle) termasuk sukses.



Dalam sebulan Wuling Arista rata-rata mendapatkan 2.000 SPK untuk Wuling Air EV. Lantaran untuk sementara ini kapasitas produksi SGMW (SAIC General Motors Wuling Motor Indonesia) terbatas, konsumen harus rela mendapatkan unitnya dalam 1-2 bulan.

Wuling Arista menyiapkan 3 unit Wuling Air EV untuk dicoba awak media


Di Jawa Timur, Wuling Arista yang memiliki 7 dealer tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi memasarkan Air EV dengan harga OTR Rp 249.500.000 untuk tipe Short Range dan 302.600.000 untuk varian Long Range.



Keduanya dibedakan oleh kapasitas baterai yang dimiliki. Sementara baterainya menggunakan tipe Lithium Ion Phospate. Untuk varian Short Range baterainya berkapasitas 17,3 kWh sementara varian Long Range kapasitasnya 26,7 kWh.

Interior bernuansa modern dan futuristik


“Saat ini permintaan untuk varian Long Range yang mampu menempuh jarak maksimal sampai 300 km lebih banyak dibandingkan Short Range yang jarak tempuh maksimalnya 200 km,” tukas Yansen.



Dari sisi teknologi, Wuling Air EV telah dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur yang canggih. Mobil ini memiliki berbagai fitur Seperti Intelligent Tech-Dashboard, Multifunction Steering Wheel, Integrated Floating Widescreen, Futuristic Center Console serta fitur unggulan seperti teknologi Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesia Command (WIND).

Multifunction Steering Wheel


Kedua fitur unggulan Wuling Air EV ini mampu memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya.


Saat peluncurannya di GIIAS ICE BSD Tangerang 2022 atas undangan Wuling Indonesia OTOPLUS-ONLINE berkesempatan merasakan impresi berkendara mobil bertenaga maksimum 30 kW atau 40,2 DK ini. Ringkasnya mobil lincah, praktis dan imut.

Tombol power window diposisikan di konsol tengah


Dengan dimensi tak lebih dari 3 meter dan ban ukuran 12 inci plus bobot ringan, Wuling Air EV terasa lincah bermanuver di kepadatan lalu lintas.


Sisi Kepraktisan disuguhkan sejak mulai mengoperasikannya. Pengguna hanya perlu menekan tombol pintu membuatnya ready to go.

Akses ke jok belakang agak menyulitkan terutama kalau kalian bertubuh besar


Selanjutnya EV mungil ini masih proper memuat 4 penumpang dewasa juga memiliki banyak kompartemen untuk menyimpan barang dan pernik.


Jadi lirikan pengguna jalan lain itu biasa. Harus diakui tampang imutnya bikin orang penasaran. Oleh karena itu pada kesempatan Test Drive Experience kemarin OTOPLUS ONLINE memilih untuk merasakan jadi penumpang.

Di balik kap depan ada tabung-tabung reservoir minyak rem, radiator, wiper fluid dan sebagainya


Lantaran hanya dibekali sepasang pintu depan, untuk masuk ke kabin bagian belakang butuh perjuangan. Untungnya jok depan bisa bergeser jauh ke depan sehingga menciptakan akses cukup lega. Joknya tidak terlalu tebal tapi cukup nyaman diduduki untuk jarak pendek.


Sementara jok penumpang depan konturnya cukup ergonomis dengan pengaturan sliding dan reclining. Busanya juga tidak terlalu tebal. Intinya kendaraan ini memang diciptakan sebagai kendaraan komuter yang ideal digunakan sehari-hari di dalam kota dengan jarak tempuh harian sekitar 30-50 kilometer.

Untuk varian Long Range, pengisian daya akan memakan waktu 8,5 jam untuk tegangan 2.200 Watt dan 4 jam bila tegangannya 6.600 Watt


Untuk mengisi ulang daya dapat dilakukan di rumah dengan daya minimal 2.200 Watt. Jadi kalau rumah kalian masih 1.300 Watt maka langkah tambah daya jadi wajib namun jangan khawatir karena Wuling Arista menawarkan program penjualan berupa kabel output sepanjang 5 meter, gratis instalasi dan penambahan daya untuk setiap pembelian Wuling Air EV.


Sementara jika melakukan penambahan daya normal, biayanya kurang lebih Rp 1 juta per 1.000 Watt.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page