• Editor

The All New Subaru Forester Hadir dengan Teknologi Symmetrical All Wheel Drive

Subaru melakukan pengembangan selama lebih dari 40 tahun untuk teknologi Symmetrical All-Wheel Drive demi traksi dan keseimbangan lebih optimal.

OTOPLUS-ONLINE I Subaru Indonesia baru saja meluncurkan The All New Forester, medium SUV pada Rabu 18 Mei 2022 kemarin di Plaza Subaru Alam Sutera, Tangerang - Banten.


Generasi ke-5 dari Subaru Forester ini hadir dengan mengusung teknologi Symmetrical All Wheel Drive. Apakah Symmetrical All Wheel Drive itu?

"Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dengan teknologi Symmetrical All-Wheel Drive, Subaru terus melakukan modernisasi pada sisi teknikal dan pengembangan fitur."


"Sistem Subaru Symmetrical All-Wheel Drive dirancang untuk mengoptimalkan traksi dan keseimbangan."


"Seluruh sistem terletak di sepanjang garis tengah kendaraan, menyeimbangkan distribusi bobot antara kedua sisi untuk membantu memberikan kinerja dan kontrol yang optimal."

Demikian bunyi pernyataan pihak Subaru Indonesia yang dikutip dari akun Instagram @subaru.indonesia. Dari sini tergambar seperti apa The All New Forester tersebut.


Baca juga: EKSKLUSIF: Driving Experience Seres SF5, Kendaraan Hybrid Hasil Kerjasama DFSK dan Huawei


Diaplikasikannya sistem penggerak 4-roda yang jamak dipakai kendaraan off-road ini mengungkap makna dari motto Adventurous, Power, and Sturdiness yang diberikan kepada The All New Forester.


Apalagi ketika ditunjang dengan mesin Boxer 2.0 Liter yang menjadi ciri khas Subaru (selain Porsche) sebagai pabrikan yang getol mengembangkan teknologi Symmetrical All-Wheel Drive ini di ajang World Rally Championship.

Mesin tipe boxer ini dikenal karena kehalusannya, dengan gerakan piston yang saling berlawanan (contra engine) sehingga mereduksi getaran satu sama lain, selain keseimbangan lebih baik.

Sumber tenaga yang dihasilkan dapur pacu ini kemudian diumpankan ke sistem transmisi CVT 7-speed A/T.


Lantas bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Bukankah kendaraan dengan sistem penggerak 4 roda dikenal rakus bahan bakar? Ditambah dengan kapasitan mesin 2000cc.


Baca juga: Test Drive New Peugeot 2008 SUV: Tak Disangka Mesin 3 Silindernya Berperforma Hebat!


Dari situs resmi Subaru Indonesia didapat informasi, ternyata konsumsi bahan bakar The All New Forester ini cukup irit, yaitu 7.2 lt/100km (Gasoline).


Informasi lain yang didapat, The All New Subaru Forester hadir dengan dua varian, yakni Subaru Forester 2.0i-L, dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight.

Untuk Subaru Forester 2.0i-S EyeSight telah dilengkapi fitur driver assist technology yang meliputi:

  • Pre-collision braking

  • Adaptive cruise control

  • Pre-collision throttle management

  • Lead vehicle start alert

  • Lane departure warning

  • Lane sway warning

  • Lane keep assist

Sementara soal harga, The All New Subaru Forester 2.0i-L ditawarkan dengan harga Rp579.500.000, dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight dengan harga Rp659.500.000.


Teks: Indramawan

Foto: Subaru Indonesia