top of page
  • Gambar penulisEditor

Tiger Tracker Penjaga Perbatasan Indonesia-Filipina di Pulau Sangihe

Tangguh masuk-keluar hutan dan menerjang medan berbatu.

OTOPLUS-ONLINE I Modifikasi Honda Tiger Revo tahun 2009 ini sangat menarik karena dilakukan untuk membantu transportasi penjagaan perbatasan Indonesia-Filipina di Pulau Sangihe.

"Kebetulan motor ini adalah milik perwira TNI yang bertugas di sana, dan kebetulan sekarang lagi ramai diperebutkan negara lain karena tanah di pulau itu mengandung emas, seperti Freeport," buka Jonathan Evan, owner Minority Custom Motorcycle (MCM) selaku bengkel yang ditunjuk mengerjakan modifikasinya.

Menyesuaikan keinginan pemilik motor, maka konsep tracker dianggap paling pas. Dengan ban dual purpose dan postur motor yang dibuat tinggi, siap melahap medan di Pulau Sangihe yang dipenuhi hutan berbatu.

Karena itu ubahan pada rangka hanya mengubah separo bagian tengah ke belakang, dengan sedikit memendekan rangka agar terlihat padat.

"Untuk kaki-kaki, kami merasa perlu meninggikan fork depan dan shockbreaker belakang sesuai konsep, dan kebetulan karena postur pemilik motor ini sangat tinggi," tutur Mas Jon, sapaan Jonathan Evan.

"Solusinya masing-masing kami beri peninggi. Untuk fork depan setinggi 10 cm, dan sokbreker belakang kami beri ukuran 34," lanjut Mas Jon sambil menambahkan, ban menggunakan Shinko big block.



Perubahan bodi sengaja dibikin minimalis agar ringan masuk keluar hutan dan menerjang medan keriting.

"Tangki kami menggunakan punya Tiger lama, kemudian kempol kanan kiri serta sepatbor depan-belakang kami buat sesimple mungkin sesuai dengan permintaan owner. Simple tapi gagah," tukas Mas Jon.

Masuk bagian finishing, justru paling sulit adalah menentukan warna yang pas sesuai keinganan. "Kalau hijau TNI saja motor akan terlihat kurang menarik, akhirnya kami beri perpaduan lembayung kuning," tunjuk Mas Jon.

Setelah itu, ditambahkan tulisan Akmil2002 sesuai permintaan, untuk mengenang saat masa pendidikan dulu. "Sementara gambar yang ada di kempol itu lambang dari kesatuan yang dipegang Beliau," tutur Mas Jon.

Tak lupa, mesin sedikit dikilik dengan memperbesar ukuran karbu, namun setting mesin masih standar. "Ubahan ini ditujukan untuk menambah tarikan mesin, yang dibutuhkan saat melahap medan yang berat," tutup Mas Jon.

.


Data modifikasi:

Basis: Honda Tiger Revo 2009 Ban depan: Shinko Ban belakang: Shinko Lampu depan: Daymaker Tangki: Tiger lama Setir: Protaper Cakram rem depan: KTC Sokbreker belakang: YSS Knalpot: MCM Bodi: MCM

Jok: MCM Cat: MCM


Bengkel: Minority Custom Motorcycle

Instagram: @minority_custom


Teks: Indramawan

Foto MCM

Comments


bottom of page