• Editor

Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia Dominasi Kejurnas Sprint Rally 2022 Seri 1 dan 2 Malang

Pemenang Seri 1 dan 2 disabet oleh Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia dengan driver Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto.

OTOPLUS-ONLINE I Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 yang digelar di Sirkuit Puslatker TNI-AL, Bedali, Lawang, Malang pada 22-24 Juli 2022 hasil kerja sama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) diikuti 200 peserta. Dimana 102 peserta berkompetisi di Seri 1, dan 98 peserta ikut pada Seri 2.


Pada event ini, pemenang Seri 1 dan 2 disabet oleh Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia dengan driver Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto. Mereka menggunakan Toyota Yaris GR yang baru pertama kali diterjunkan di ajang sprint rally di Indonesia.


Ryan Nirwan mengakui, ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat in debut perdana dari mobil yang dikendarainya. "Baru minggu lalu mobil Yaris GR ini datang dari New Zealand dan sekali ditest untuk latihan, dan hasilnya ternyata luar biasa," jelasnya.


Baca juga: Kejutan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022: Track Mini WRC, dan Mobil Terbaru!


Menurutnya, kemenangan di Seri 1 dan 2 ini akan menjadi bekal positif untuk seri-seri selanjutnya. "Kami jadi optimis bisa menggapai juara Kejurnas Sprint Rally tahun ini," ujar Ryan.


Dia juga mengucapkan terima kasih kepada HIPMI Jatim yang telah menyiapkan sirkuit dan lokasi yang sangat mendukung untuk pengetesan kendaraan mulai suspensi, engine dan sebagainya.


Menurut pereli nasional Rifat Sungkar, event pembuka seri di tahun ini tersebut bisa menjadi pilot project untuk gelaran event sejenis atau seri selanjutnya di daerah lain.

"Event hasil kolaborasi HIPMI dan TNI-AL ini representatif. Dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki ternyata bisa disulap menjadi sirkuit yang luar biasa. Demikian juga dengan peserta yang mencapai ratusan, tentu sangat seksi untuk digelar," ucapnya.


Menariknya lagi, lanjut pereli dari Mitsubishi Xpander Rally Team ini, sekitar 60 persen peserta kali ini adalah dari Jawa Timur, dan banyak di antaranya berusia muda.


"Ini menjadi satu kemajuan di cabang olah raga ini. Dan untuk mendorong bakat pembalap muda ini, kami sudah ada pembicaraan dengan IMI untuk menggelar coaching clinic guna peningkatan skill dan bagaimana bisa lebih kompetitif. Alhamdulillah mereka diuntungkan dengan dukungan event, dan sarana sirkuit. Saya harap ada regenerasi agar adik-adik kita ini bisa terus berkembang, " ujar Rifat.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan, "Dengan tema membangkitkan pariwisata olahraga di Jatim, Pemprov Jatim mengapresiasi event ini, karena selain ikut mempromosikan destinasi wisata, juga melibatkan pelaku UMKM dan banyak pihak, seperti tenaga ahli mesin. Bayangkan satu mobil merupakan hasil kerja keras tim yang luar biasa.”


Emil berharap event sprint rally atau ajang sejenis bisa rutin digelar dan ikut mendorong promosi wisata dan memajukan industri otomotif serta UMKM.


Baca juga: Ratusan Pembalap Ramaikan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022


"Pemprov Jatim tentu sangat mendukung. Dan akan melakukan koordinasi melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga dengan IMI, bagaimana ini bisa menjadi event yang lebih menarik dan berdampak lebih luas terhadap pariwisata dan ekonomi," ujar Emil.


"Tadi dari IMI juga menyebut sirkuit ini layak dan sangat potensial untuk dikembangkan. Ini selaras dengan tema yang digaungkan Ibu Gubernur, yakni Optimis Jatim Bangkit. Olahraga dan pariwisata maju, ekonomi melalui sektor UMKM juga berkembang," tandasnya.

 

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: HIPMI Jatim