• Editor

Tips Perawatan Motor Agar Terhindar dari Kerusakan

"Ada beberapa komponen utama yang harus menjadi perhatian khusus, untuk mencegah motor kesayangan dari kerusakan. Komponen itu adalah mesin, bodi dan sasis, serta kelistrikan." (Dwi Suwanto - Instruktur servis PT. Surya Timur Sakti Jatim)

OTOPLUS-ONLINE I Instruktur servis PT. Surya Timur Sakti Jatim selaku main dealer sepeda motor Yamaha di Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Kalimantan, Dwi Suwanto mengatakan, ada beberapa komponen utama yang harus menjadi perhatian khusus, untuk mencegah motor kesayangan dari kerusakan.


"Komponen utama itu adalah mesin, bodi dan sasis, serta kelistrikan," kata Dwi Suwanto.


Selain itu, konsumen juga dianjurkan untuk rajin melakukan servis rutin ke bengkel resmi Yamaha. Informasi lebih detail mengenai servis rutin dan segala hal yang berhubungan dengan servis dapat mengunduh aplikasi My Yamaha di ponsel kesayangan.


Perawatan Mesin

Pemilik kendaraan bermotor harus memperhatikan kesehatan mesin. Ini bisa dilakukan dengan sangat gampang, yaitu mulai dari pengecekan oli.


"Oli menjadi komponen penting bagi motor. Tanpa pelumas, mesin akan mudah berkarat dan menyebabkan motor cepat rusak," kata Dwi.

Ditambahkannya, konsumen harus menjadwalkan pergantian oli mulai dari 2000 - 3000 km atau setiap 2 bulan sekali. "Ini pun masih tergantung saran dari mekanik berdasarkan pertimbangan aktual di lapangan," imbuh Dwi.

Selain oli, perhatikan pula air radiator. "Standar penggantian air radiator itu setiap satu tahun sekali. Airnya pun tidak diperkenankan menggunakan air biasa karena dikhawatirkan akan meninggalkan kerak, karena mudah menguap saat terkena panas mesin," tutur Dwi.


Dwi Suwanto menyarankan untuk menggunakan cairan khusus air radiator. Bagi pengguna motor Yamaha dapat menggunakan Yamaha Coolant. Cara mengetahui air radiator habis atau belum dengan mengecek sendiri airnya di tangki reservoir.


Perawatan Bodi dan Sasis

Perawatan body motor juga menjadi syarat penting kendaraan tetap awet. Konsumen dianjurkan menjaga kebersihan motor,

“Kebersihan itu penting, supaya komponen motor tidak cepat berkarat. Misal habis kehujanan kena lumpur tidak dicuci berminggu-minggu. Dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan karat dan body cepat rusak,” ujar Dwi Suwanto.

Konsumen juga dianjurkan rutin mengecek ban dan menjaga tekanan udara di dalamnya pada posisi normal sesuai rekomendasi yang dianjurkan. Ingat kurang udara dalam ban bisa membuat pelek peyang, dan kalau ban terlalu keras kurang nyaman ketika berkendara.


Selain itu, wajib melakukan penggantian rem, apabila terasa sudah kurang optimal. Dianjurkan untuk segera diganti ke bengkel resmi, supaya menjamin keselamatan berkendara dan menjaga kondisi motor untuk selalu dalam kondisi terbaik.


Perawatan Kelistrikan

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah aki atau baterai karena memiliki pengaruh terhadap perangkat seperti lampu, electric starter dan komponen pendukung motor lainnya.


“Cek aki sebetulnya mudah karena kalau di motor besar seperti maxi sudah ada notifikasinya di speedometer, total voltase aki. Tapi lebih mudahnya lagi ya disarankan pakai Y-connect terutama pengguna All new NMAX dan All New Aerox,” saran Dwi.


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha Jatim, Dok. OTOPLUS-ONLINE