• Editor

Toyota New Fortuner dan New Kijang Innova Tampil Lebih Kokoh dan Nyaman


Dari kiri: Kazunori Minanide (Marketing Director PT Toyota Astra Motor), Susumu Matsuda (President Director PT Toyota Astra Motor), Henry Tanoto (Vice President Director PT Toyota Astra Motor), dan Anton Jimmi Suwandy (Marketing Director PT Toyota Astra Motor).


Setelah meluncurkan New Hilux di akhir bulan Agustus 2020 lalu, Toyota melengkapi series produk Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV) dengan meluncurkan New Fortuner dan New Kijang Innova secara vritual di kanal Youtube Toyota Indonesia (15/10).

New Fortuner TRD Sportivo.


Dua market leader di segmennya masing-masing kini tampil lebih kokoh dan nyaman. Improvement pada eksterior, interior, safety membuat New Fortuner dan New Kijang Innova tak hanya tampil makin mengesankan, prestisius dan elegan tapi juga lebih aman.

  • Penyegaran rupa terlihat pada New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen krom pada bumper, gril, dan foglamp. Sentuhan diberikan pada semua model, bedanya pada TRD Sportivo garnish chrome berkelir dark.

  • Pelek alloy 18 inci baru yang menguatkan kesan tangguh dan mewah di tipe TRD Sportivo.

  • Outer mirror seluruh model sewarna bodi sedangkan TRD Sportivo warnanya hitam.

  • New LED Rear Lamp Combination memberikan siluet yang advance dan classy di malam hari. Bumper belakang tipe TRD Sportivo memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish seluruh model disematkan warna chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo

”Kedua produk ini sangat sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia, di mana Fortuner dikenal dengan ketangguhannya sementara Kijang Innova merupakan mobil legendaris pilihan keluarga Indonesia.  Untuk itu kami melakukan pembaruan pada New Fortuner dan New Kijang Innova dengan tetap mempertahankan DNA kedua mobil ini, namun juga menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan saat ini serta tren yang senantiasa berkembang. Kami harap baik New Fortuner dan New Kijang Innova dapat menjadi pilihan terbaik dalam mendukung mobilitas keluarga Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

  • Spion electrochromatic, akan otomatis meredupkan pantulan cahaya yang menyilaukan.

  • Kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey, model lain menggunakan bahan kulit hitam.

  • Varian TRD Sportivo mendapatkan fitur wireless charger, menjadikannya yang pertama di segmen High SUV dengan fitur tersebut.

  • Kamera di sisi bawah spion untuk mendukung fitur Surround View Monitor yang tidak hanya dapat membantu ketika parkir saja, tapi juga menghadirkan beberapa fitur yaitu Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner.

Secara nasional, pada periode Januari - Agustus 2020, Kijang Innova berhasil menguasai 94% pangsa pasar Medium MPV dengan angka penjualan 17.619 unit (wholesales). Sementara Fortuner berhasil mencatat pangsa pasar 41,1% di segmen High SUV dengan angka penjualan 6.807 unit.

  • Mesin diesel masih sama, unit berkode 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40,8 kgm. Improvement berupa penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar, sehingga tekanan udara meningkat. Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

Judianto, Operation Manager Auto 2000 Jawa Timur menambahkan, “Di Jawa Timur, market share Toyota Fortuner di kelas SUV 4x2 High hingga kwartal ke-3 tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 1,5% (menjadi 28,5%), namun tidak diikuti dengan kelas SUV 4x4-nya yang mengalami penurunan sebesar 3,2% (menjadi 5,4%) jika dibandingkan pencapaian tahun 2019. Kontribusi penjualan Fortuner terhadap total model Toyota sebesar 5,3% (atau rata-rata 50 - 60 unit/ bulan).”

  • New Kijang Innova.

Sementara market share Toyota Kijang Innova di Jawa Timur hingga kwartal ke-3 2020 mengalami penurunan sedikit sebesar 0,4% (menjadi 92,1%) jika dibandingkan dengan pencapaiannya  tahun 2019. Kontribusi terhadap penjualan total kendaraan Toyota sebesar sebesar 24,4% (atau rata-rata 230 - 250 unit/ bulan).

  • Pada sisi eksterior, seluruh varian New Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament.

  • Pelek alloy Two Toned 16 inci dengan desain baru.

  • Pada sisi interior, New Kijang Innova varian G dan V kini hadir dengan New Noble Brown Seat Color yang menguatkan kesan premium.

  • Sistem hiburan varian G kini dibekali dengan New 8” Head Unit dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring  yang dapat dikontrol melalui steering switch control.

”New Fortuner dan New Kijang Innova merupakan wujud komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. Sebuah kebanggaan bagi kami dapat mempersembahkan kedua produk yang dibuat dan dipakai oleh bangsa Indonesia sendiri, bahkan juga digunakan oleh berbagai negara lainnya,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

  • Pada sisi safety, seluruh varian New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Knee Airbag, Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee,  Side, dan Curtain Shield Airbags.

  • Improvement yang dilakukan pada mesin dieselnya sama dengan yang diterapkan di Fortuner. Berupa penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat.

Mengenai harga, New Fortuner dipasarkan pada rentang Rp 510-600 juta (OTR Surabaya) sementara New Kijang Innova akan dipasarkan dengan harga Rp 300 – 500 jutaan (OTR Surabaya). “Dengan kehadiran 2 produk baru ini kami optimis akan meraih penjualan sebesar 12.500 unit,” tutup Judianto.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Auto2000, Nugroho Sakri Yunarto