top of page
  • Gambar penulisEditor

Toyota Reproduksi Spare Parts FJ40 Series Bertepatan Ultah Ke-70 SUV Legendaris Ini

Ketersediaan suku cadang ditargetkan pada awal 2022, dengan prioritas pada komponen penting mengemudi.

OTOPLUS-ONLINE I Toyota berencana memproduksi kembali spare parts salah satu produk legendarisnya, Land Cruiser, melalui divisi khususnya Toyota Gazoo Racing (TGR).


Suku cadang yang akan diproduksi ulang ini adalah untuk Land Cruiser Seri 40 atau FJ40 yang pernah dibuat antara tahun 1960 – 1984, sebagai bagian dari GR (Gazoo Racing) Heritage Parts Project.



Hal ini dilakukan Toyota bertepatan dengan moment ulang tahun FJ40 yang ke-70 di bulan Agustus 2021 ini.

Toyota Jeep BJ 1951 dan FJ40 1960


Sebagai informasi, FJ40 dikembangkan dari Toyota Jeep BJ 1951. Sementara FJ40 diproduksi oleh Toyota dari mulai 1960 sampai 2001.


Meski produksinya telah dihentikan selama beberapa dekade, namun FJ40 tetap disukai oleh penggemarnya di seluruh dunia.



Namun, beberapa tahun terakhir, telah terlihat kekurangan suku cadang, sehingga banyak pemilik FJ40 yang mengungkapkan kekhawatiran mereka tidak lagi dapat memakai kendaraan legendaris tersebut.

Toyota Land Cruiser Series banyak disukai di seluruh dunia karena ketangguhan dan performanya untuk menunjang mata pencarian, dan gaya hidup


Karena alasan inilah, TGR telah membuat keputusan untuk mereproduksi suku cadang yang paling diminati, sekaligus dibutuhkan para pengguna FJ40.


Harapannya tentu agar mereka dapat terus menggunakan SUV kesayangannya ini dengan aman dan tenang.


Untuk itu Toyota telah melakukan survei pendahuluan dengan dealer eksklusif Land Cruiser dan perwakilan klub penggemar dari seluruh dunia.

Spare parts yang diproduksi ulang diutamakan berkaitan dengan fungsi penting mengemudi, namun TGR menerima masukan dari konsumen komponen mana lagi yang perlu diproduksi ulang


Sebagai hasil dari kegiatan ini, tim memajukan persiapan untuk mereproduksi dan menjual suku cadang yang terkait dengan fungsi penting mengemudi, seperti sistem kemudi, dan pengereman untuk FJ40.


Suku cadang ini akan dipasok sebagai 'suku cadang warisan' yang akan mencakup parts mesin, sistem penggerak, dan sistem pembuangan.

Toyota FJ Series milik Totok Sudiarto, offroader nasional Team Dewi Sakti yang dimodifikasi kaki-kakinya dengan roda diameter besar


Namun demikian, TGR juga sedang menyiapkan formulir kuesioner di situs TGR, dimana pelanggan dapat mengirimkan permintaan reproduksi mereka.


Respon ini akan digunakan dalam pemilihan bagian selanjutnya yang akan dibuat kembali.


Agar bisa terdistribusi dengan baik ke penjuru dunia, pada proyek ini akan diproduksi kembali suku cadang yang telah dihentikan, dan menjualnya sebagai spare parts asli melalui kolaborasi khusus dengan pemasok.


Ketersediaan suku cadang akan diluncurkan setelah persiapan selesai dengan target peluncuran di awal 2022.

Dengan ketersediaan spare parts ini bisa dipastikan pasaran FJ Series di bursa mobil seken yang rata-rata di atas Rp100 Juta akan kembali melonjak


Selain FJ40, TGR juga telah memasok suku cadang warisan untuk Supra A70 dan A80, serta 2000GT.

Namun untuk FJ40 baru pertama kali ini dilakukan.


Selain FJ40, TGR juga bermaksud untuk melakukan produksi ulang suku cadang untuk model generasi selanjutnya.


Teks: Indramawan

Foto: Toyota Global, Djansen

Comments


bottom of page