top of page
  • Gambar penulisEditor

Toyota Usung Konsep Carbon Neutral Mobility di GIlAS Surabaya 2023

Toyota perkenalkan Rangga Concept untuk melanjutkan legacy dari Kijang.

Toyota bZ4x, Battery Electric Vehicle pertama Toyota.


OTOPLUS-ONLINE I Mengusung tema "Toyota Responsible Mobility" PT Toyota-Astra Motor (TAM) hadir di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2023 di Grand City Convex pada 20-24 September 2023.


Komitmen Toyota untuk terus menghadirkan Mobility for All agar dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia jadi alasan Toyota untuk all out dengan memboyong berbagai line up dan teknologi demi memenuhi kebutuhan mobiitas masyarakat yang sangat beragam.


Pada pameran ini, Toyota menghadirkan konsep Carbon Neutral Mobility dengan memajang formasi komplit Electrified Vehicle (xEV) yang dipasarkan di Indonesia.


Selain itu Toyota juga memajang Rangga Concept yang membawa DNA Toyota Kijang pick-up dengan berbagai konversi untuk beragam utilisasi usaha untuk menunjukkan komitmen dalam mendukung penuh sektor bisnis sebagai tulang punggung perekonomian negara.


Toyota Rangga kabarnya akan mengisi segmen komersil di bawah Toyota Hilux. Artinya mobil itu akan berkompetisi dengan Isuzu Traga dan Mitsubishi L300.


Dipercaya secara luas bahwa industri otomotif adalah salah satu penyumbang emisi karbon, menjadi tantangan dan tujuan bersama Toyota untuk mencapai carbon neutrality demi keberlangsungan hidup generasi masa depan.


Namun yang membedakan adalah pendekatan berani yang Toyota adopsi dalam Toyota Environmental Challenge 2050 yang fokus pada dua tujuan, yaitu mencapai nol emisi CO2 dan menghadirkan sarana mobilitas yang memberikan dampak positif pada lingkungan hidup.


PT TAM telah memulai langkah ini dengan menghadirkan Toyota Prius HEV di tahun 2009, dan hingga saat ini kendaraan elektrifikasi Toyota telah terjual 31.000 unit.

Toyota Yaris Cross, mendongkrak angka penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota.


Setelah kehadiran All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV dan All New Yaris Cross Hybrid EV, angka penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota tumbuh pesat tahun ini, dari sebelumnya 4.436 unit di tahun 2022 menjadi 21.968 unit di sepanjang 2023.


Melalui strategi Multi Pathway, Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap kepada masyarakat Indonesia, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV). Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV).


Berdampingan dengan All New Yaris Cross HEV dan All New Kijang Innova Zenix HEV sebagai kendaraan elektrifikasi karya anak bangsa pertama, Toyota juga memajang BEV global pertama Toyota bZ4X.


Dengan semangat continuous improvement, Toyota memulai langkah signifikan yang memungkinkan lebih banyak pihak berkontribusi mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan mereduksi emisi karbon melalui mobilitas sehari-hari, sejalan komitmen untuk meningkatkan aplikasi teknologi ini di masa datang.


Toyota Rangga Concept

Toyota Rangga diciptakan sebagai kendaraan serba guna untuk melayani berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia.


"Reputasi Toyota di lndonesia salah satunya dibangun dari sektor komersial lewat kelahiran Toyota Kijang, kendaraan pick-up multiguna pada tahun 1977. Dengan visi continuous improvement, melalui visi To Contribute More to Society, Toyota bersemangat untuk melanjutkan legacy dari Kijang dengan memperkenalkan Rangga Concept yang bertujuan untuk kembali berkontribusi memenuhi kebutuhan mobilitas berbagai industri bisnis serta mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Semoga tampak depan yang terkesan tangguh ini dipertahankan pada versi produksinya.


Membawa DNA Kijang, konsep inovatif ini dirancang untuk mendefinisikan kembali cara membawa orang dan barang sesuai kebutuhan pelanggan. Beragamnya varian yang ditampilkan, menunjukkan peruntukannya yang serba guna untuk melayani apapun kegiatan bisnis, usaha dan kebutuhan di Indonesia, " kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Dalam pengembangannya akan melibatkan perusahaan karoseri lokal berikut semua industri pendukungnya seperti pada masa Toyota Kijang pertama kali dikembangkan.


Nama Rangga diambil dari kata Ronggo dalam bahasa Jawa yang berarti ksatria atau hero (pahlawan). Dalam sejarahnya, nama Rangga juga dipercaya kuat dan tangguh. Selain itu, Rangga Concept diharapkan dapat menggerakkan industri otomotif seperti halnya Kijang Pick Up. Karena seperti diketahui, dulu Toyota menggandeng para karoseri lokal atau body builder untuk melakukan konversi Kijang Pick Up. Dan sekarang, langkah ini kembali dilakukan pada Rangga Concept yang melibatkan para perusahaan lokal karoseri dan industri pendukungnya yang akan turut menciptakan inovasi yang lebih baik bersama kehadiran Rangga.


Total Mobility Solution dan Ragam Aktivitas di Pameran GllAS Surabaya 2023

Beragam aktivitas dan promo menarik dapat ditemukan di booth Toyota.


Dalam upaya memberikan solusi mobilitas bagi pelanggan dan sejalan upaya untuk mewujudkan Total Mobility Solution, PT TAM hadirkan program after sales T-CARE, dimana pembelian mobil baru model-model tertentu akan mendapatkan benefit berupa bebas biaya jasa dan biaya suku cadang saat servis berkala sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, ditambah extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km. One Stop Solution lain yang disediakan adalah layanan penunjang mobilitas seperti Toyota Spektakuler, TOSS, Tradein, EZ Deal dan KINTO.


Selain itu, pelanggan yang ingin melakukan test drive mobil Toyota, akan dibantu oleh Sales Advisor yang bertugas untuk proses registrasi. Mobil yang bisa dicoba antara lain All New Yaris Cross Hybrid, All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV dan All New Agya. Toyota juga berusaha memberikan excitement and joy of GR melalui GR Simulator yang dapat dimainkan oleh pengunjung.


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Bình luận


bottom of page