• Editor

Turing Bikers Jajal Pelumas Pertamina Sejauh 5.000 Km Finish Di Gresik


Rombongan bikers yang tergabung dalam turing sepeda motor Enduro Go Out & Adventure akhirnya masuk pada etape terakhir di salah satu pabrik pelumas PT Pertamina Lubricants, yakni Production Unit Gresik (PUG) pada hari Sabtu, 6 April 2019 kemarin.


Kunjungan ini merupakan pemberhentian terakhir dari turing sejauh 5.000 km yang dimulai dari Kawasan Wisata Tugu 0 Km Sabang, Aceh Sabtu, 09 Maret 2019 lalu. Tujuan turing ini sendiri adalah untuk membuktikan ketangguhan produk pelumas Pertamina.

Selain pelumas Enduro, motor yang digunakan untuk turing ini juga menggunakan bahan bakar Pertamax dan Bright Gas Can untuk kegiatan lainnya seperti memasak.

Untuk itu, rombongan telah menempuh perjalanan melalui Medan, Padang, Bengkulu, Lampung, Bandung dan Jogjakarta dengan total waktu perjalanan selama 29 hari. Dan kunjungan ke Production Unit Gresik sebagai titik akhir perjalanan turing 5.000 km ini adalah untuk memperkenalkan secara langsung proses bisnis Pertamina Lubricants, khususnya proses produksi pelumas karya anak bangsa seperti Fastron dan Enduro.


Sebagai info, Production Unit Gresik(PUG) merupakan salah satu dari tiga pabrik pelumas yang dimiliki PT Pertamina Lubricants di Indonesia dengan kapasitas 120 juta liter / tahun untuk LOBP Plant dan 9 juta liter / tahun untuk VM atau Visco Modifier Plant. Pabrik ini sudah dilengkapi dengan berbagai mesin berteknologi modern serta laboratorium pengujian pelumas yang berkelas dunia.


Ageng Giriyono, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants mengatakan, “Kunjungan ini sekaligus sebagai titik akhir perjalanan touring para bikers 5.000 km dari Sabang sampai ke Gresik (PUG), dan juga sebagai ajang para bikers untuk memperoleh pengetahuan lebih dalam mengenai kegiatan bisnis Pertamina Lubricants yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat.”

Rombongan turing melihat proses bisnis dan proses produksi produk-produk pelumas Pertamina langsung dari sumbernya.

Ditambahkannya, tujuan lain dari kegiatan ini adalah agar seluruh peserta turing tidak hanya mengenal produk-produk pelumas Pertamina melalui penggunaan produknya, namun juga diharapkan dapat mengedukasi lebih dalam mengenai proses bisnis dan proses produksi produk-produk pelumas Pertamina langsung dari sumbernya.


Stephen Langitan salah satu peserta turing menjelaskan bahwa kunjungan ke Pabrik pelumas merupakan pengalaman yang pertama dan merasa sangat bangga dapat melihat langsung bagaimana pelumas yang mereka gunakan diproduksi, dan benar-benar diuji kualitasnya.


Sebelumnya, Pertamina Enduro telah digunakan dalam petualangan Jakarta – London dan terbukti ketangguhannya dengan melintasi 22 negara dengan berbagai macam medan dan kondisi jalan yang bervariasi, seperti jalan tertinggi di pegunungan Himalaya (Nepal dan Nirthern India), dan juga suhu udara gurun pasir yang panas di Pakistan dan Iran, hingga pegunungan bersalju Alpen di daratan Eropa.


Naskah: Indramawan

Foto: Dian Novianto