top of page
  • Gambar penulisEditor

Ulas Lengkap United T1800, Motor Listrik Produksi United Bike

Ditenagai baterai berkapasitas 60V 28A, biaya operasional United T1800 hanya memerlukan Rp 2.425 dengan asumsi TDLK (Tarif Dasar Listrik Khusus Rp 1.444/kWh) untuk satu kali pengisian daya listrik, dengan waktu minimal 2 jam 15 menit.

Sebagian komponen seperti motor listrik dan baterai masih impor, sementara rangka merupakan produk mandiri United


OTOPLUS-ONLINE I Hal itu diutarakan James Alexander, Branch Manager PT Integral Motor Indonesia, distributor resmi United E-Motor untuk wilayah regional Jawa Timur.

Motor listrik sekaligus menjadi rumah roda, bentuk swing arm-nya sangar mirip bawaan moge


Ditenagai baterai berkapasitas 60V 28A, biaya operasional United T1800 hanya memerlukan Rp 2.425 (asumsi TDLK (Tarif Dasar Listrik Khusus Rp 1.444/kWh) untuk satu kali pengisian daya listrik dengan waktu minimal 2 jam 15 menit. Dengan baterai terisi penuh, United T1800 dapat memiliki jarak tempuh maksimal sejauh 60 km pada kecepatan normal.



Kami membandingkan dengan motor matik paling irit yang pernah dicoba yaitu All New Honda Scoopy yang setiap liternya dapat menempuh jarak hingga 64 km/liter. Jika diisi dengan bensin jenis Pertalite seharga Rp 7.650 per liter, artinya dengan jarak tempuh yang hampir sama, biaya operasional United T1800 hanya sepertiga dibandingkan Scoopy. Irit banget kan?

Saat ini baru tersedia dalam warna Doff Black (nantinya akan ada pilihan warna Doff Blue, Doff Gray dan Pearl White), United T1800 dipasarkan dengan harga OTR Rp 29,5 juta, bisa dibeli melalui Blibli dan Tokopedia, selama bulan Juni gratis ongkir


Selain irit, motor ini juga dikategorikan sebagai kendaraan listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan sehingga berhak mendapatkan insentif diskon 90% untuk biaya BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor serta pembebasan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebagaimana yang telah diimplementasikan pemerintah provinsi Jatim.



Sehingga jika dicermati, BBNKB untuk United T1800 yang dijual dengan harga OTR Rp 29,5 juta hanyalah Rp 172 ribu. Ditambah biaya SWDKLJJ, STNKB dan TNKB totalnya Rp 415 ribu.

Desain

Dimensi United T1800 seukuran dengan motor matik entry level seperti Honda BeAT atau Yamaha Mio Gear. Panjang total yang 1880 mm misalnya, gak jauh berbeda dengan Honda BeAT yang 1877 mm.

Dimensi seukuran motor matik entry level seperti Honda BeAT atau Yamaha Mio Gear


Desainnya futuristik dengan dominasi garis-garis dan sudut tajam. T1800 juga dilengkapi dengan visor yang bentuknya lumayan tinggi untuk menepis angin agar tidak frontal menerpa dada pengendara. Kerennya lagi seluruh lampu sudah mengandalkan LED.

Lambung dek terlihat tebal karena menjadi lokasi penempatan baterai (atas), dan baterai berkapasitas 60V 28A, harganya mencapai Rp 6 juta lho


Dari samping, deknya terlihat tinggi dengan lambung lantai yang terlihat tebal. Hal itu lantaran di situlah posisi baterai berada. Amankah jika dipakai menerjang banjir?

Roda depan dikawal ban depan produk Maxxis ukuran 100/70-12


“Asalkan tidak melebihi batas setengah roda, masih aman,” yakin Alex, sapaan akrab James Alexander.

Fitur

Panel meter mengadopsi LCD yang menyodorkan informasi lengkap kondisi motor (atas), dan tiga mode berkendara yang bisa disetel melalui switch paling bawah di switch holder


Panel meter United T1800 mengadopsi panel LCD full digital yang menampilkan informasi spidometer, odometer, indikator posisi berkendara (Park, Drive dan Reverse), mode berkendara, kapasitas baterai juga suhu udara.

Headlight dan DRL full LED (atas), dan taillight dengan LED bar yang memberi kesan futuristik


Headlight dan tailight sudah mengandalkan teknologi LED. Kami menyukai desain lampu belakang yang mengadopsi model LED bar, kesannya hi-tech dan futuristik. T1800 juga punya fitur sistem audio dan radio built-in dengan sepasang spiker yang tertanam di legshield.

Selain dengan melepas baterei, pengisian daya juga bisa dilakukan melalui port ini (atas), dan sistem audio terintegrasi. USB port tersedia untuk pengisian ulang daya ponsel atau jika ingin mendengarkan music dari flash disk


Uniknya sistem audio ini dilengkapi dengan fake sound yang menghasilkan suara deru motor. Deru suara akan meningkat seiring makin dalam throttle diputar. Fake sound ini merupakan fitur keamanan yang dibutuhkan motor listrik lantaran saat melaju motor listrik tidak menghasilkan suara.

Spesifikasi Teknis

Dimensi PxLxT (mm): 1.880 x 710 x 1.100

Jarak sumbu roda (mm): 1.340

Motor listrik: Bosch 60V, 1800 watt

Baterai: Lithium 60V 28A

Ban: Tubeless, 100/70-12 (depan) & 120/70-12 (belakang)

Rem: Cakram (depan/belakang)

Suspensi depan: Sok teleskopik

Suspensi belakang: Swingarm dengan sok ganda

Kecepatan maksimum (klaim): 70 km/jam

Jarak tempuh maksimum (klaim): 65 km

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page