• Editor

Varian Daihatsu yang Akan Terdampak Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)

Empat dari sembilan varian Daihatsu yang akan terkena dampak relaksasi adalah Xenia, Terios, Luxio dan Gran Max Minibus.

OTOPLUS-ONLINE I Dampak kebijakan Pemerintah terkait Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) mobil sebesar 0% memang menjadi polemik akhir-akhir ini. Sejumlah produsen mobil di Tanah Air pun bereaksi wait and see, terhadap wacana pemerintah yang rencananya akan berlaku untuk kendaraan 1500cc ke bawah dan produk yang menggunakan local content sebesar 70%.


Perlu diketahui PPnBM atau sering kali disebut Pajak Barang Mewah adalah pajak yang dikenakan atas transaksi Barang Kena Pajak yang tergolong mewah, baik yang diproduksi di dalam negeri maupun diimpor.


Menyikapi PPnBM tersebut, PT Astra Daihatsu Motor dalam jumpa pers virtual, Jumat (19/2) menyampaikan, sama seperti produsen mobil lainnya, masih menunggu Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) yang akan disampaikan oleh pemerintah.


“Mengenai PPnBM, kami masih memonitor, walaupun saat ini kami sudah mempunyai data sementara, tapi masih belum bisa kami sampaikan,” ucap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).


Ia menambahkan, kalau ditanyakan apakah dampak PPnBM relaksasi 0% membawa hasil positif, tentunya dapat memberi stimulus bagi konsumen yang akan membeli mobil baru. “Kendati begitu, tetap kami masih menunggu juklak dan juknisnya seperti apa,” tandas Hendrayadi.


Sementara Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM memperkuat apa yang disampaikan Hendrayadi, bahwasanya Daihatsu melihat penjualan pada bulan Februari tahun ini masih menunggu perkembangan relaksasi PPnBM.


“Umumnya kami melihat masyarakat sebenarnya malah menunda pembelian mobil. Teman-teman di Toyota juga mengalami hal yang sama. Masyarakat masih menantikan. Jadi untuk hasil penjualan Februari kami menunggu bulan Maret,” ujarnya.


Sama seperti yang disampaikan Hendrayadi, menurut Amel Juklak dari pemerintah sampai saat ini belum mereka dapatkan. “Tetapi ADM percaya, pada situasi seperti ini, program relaksasi ini dapat menjadi stimulus. Karena bila relaksasi sudah pasti, konsumen yang punya niat membeli dan punya daya beli, akan merealisasikannya,” lanjut Amel.

  • Empat dari sembilan varian Daihatsu yang akan terkena dampak relaksasi adalah Gran Max Minibus, Luxio, Xenia, dan Terios

Bicara unit, empat dari sembilan varian Daihatsu yang akan terkena dampak relaksasi adalah Xenia, Terios, Luxio dan Gran Max Minibus. “Yang 5 varian lagi tidak terkena dampak, karena memang ada yang sudah LCGC, ada yang CBU, dan kendaraan niaga seperti Gran Max Pick Up tak terdampak. Jadi baik itu konsumen mau membelinya sekarang, besok, atau nanti, akan sama saja harganya,” jelas Amel.


Data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif diperkirakan akan naik 30% dengan volume total sebanyak 750 ribu unit pada 2021 dibanding 2020. Dikatakan Amel memang PPnBM akan meningkatkan demand (permintaan), tapi suplainya (produksinya) tidak selalu mengikuti.


“Kami akui kapasitas produksi pada masa pandemi tidak bisa maksimal. Contohnya Gran Max Pick Up permintaan banyak, produksinya minta ditambah. Tetapi karena jumlah pekerja yang masuk sesuai anjuran pemerintah harus 50%, demi menjaga jarak aman, sehingga produksi tidak bisa selalu mengikuti permintaan,” sergahnya.


Virtual Daihatsu Festival 2021 Digelar Lagi

  • Berikan berbagai paket promo penjualan, hingga fasilitas trade-in (tukar-tambah) melalui beragam benefit menarik

Program Virtual Daihatsu Festival, Sabtu (20/2), yang digelar melalui media sosial Instagram @daihatsuind dan Youtube channel Daihatsu Sahabatku kembali mendulang sukses. Ajang yang menjadi komitmen Daihatsu, dalam memberi pelayanan kepada pelanggan ini memberikan penawaran berbagai paket promo penjualan, hingga fasilitas trade-in (tukar-tambah) melalui beragam benefit menarik.


Dikatakan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), program virtual Daihatsu Festival merupakan event yang banyak digemari, karena membantu mewujudkan impian pelanggan, untuk memiliki mobil baru tanpa harus datang ke outlet.


“Melalui program ini, Sahabat Daihatsu semakin mudah mewujudkan impian memiliki mobil baru, yang siap menemani aktivitas keseharian mereka,” ungkapnya.


Pada acara tersebut, Daihatsu menghadirkan berbagai paket promo penjualan, seperti gratis biaya admin untuk setiap pembelian secara kredit, khusus melalui perusahaan pembiayaan ACC (Astra Credit Companies), dan DAF (Daihatsu Astra Finance), serta extra cashback untuk pembelian cash.


Aktivitas trade-in (tukar tambah) mobil lama pelanggan dengan mobil baru Daihatsu juga terfasilitasi. Didukung Mobil88 yang menyambut dan melakukan appraisal kepada mobil lama Sahabat Daihatsu yang berada di area Jabodetabek.


Untuk paket trade-in ini, selain dapat memiliki mobil Daihatsu baru, pelanggan berkesempatan mendapatkan benefit, dimana 30 pemesan pertama berupa voucher e-money berisi saldo sebesar Rp500.000, serta hadiah menarik lainnya.


Teks: Setiawan AS

Foto: ADM