top of page
  • Gambar penulisEditor

Vespa Listrik Elettrica Hadir di Indonesia dan Tersedia di Semua Dealer Motoplex 4 Brands

Garansi baterai 3 tahun, pengguna tak perlu lakukan perawatan baterai dan motor penggerak.

OTOPLUS-ONLINE I Vespa Elettrica lahir dengan berbagai keunikan serta warisan nilai Vespa seutuhnya namun kini dalam bentuk kendaraan listrik yang menjadikannya sebagai kendaraan roda dua ikonik khas Italia sekaligus ramah lingkungan.


Vespa Elettrica hadir untuk memberikan pengalaman berkendara yang senyap, ramah lingkungan, inovatif, mudah dikendarai, dan juga menyenangkan.


Dengan tersedianya Vespa Elettrica di pasaran, PT Piaggio Indonesia kini resmi membawa simbol sesungguhnya atas warisan masa lalu, masa kini dan masa depan di industri otomotif.

Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia, mengatakan, "PT Piaggio Indonesia sekali lagi bangga mempersembahkan Vespa Elettrica, ikon paling modern dari teknologi asal Italia yang selalu hadir konsisten dengan keunggulannya melalui brand dari Piaggio Group. Vespa Elettrica memang ideal bagi pelanggan yang menghargai perpaduan mobilitas kontemporer ramah lingkungan dengan gaya hidup premium ala Italia."


Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum sekitar 67 km/jam. Mobilitas ini didukung oleh optimalisasi pada sejumlah komponen, seperti Power Unit, Vehicle Management System, dan baterai.


Optimalisasi tersebut memungkinkan Vespa Elettrica menjadi solusi mobilitas yang menawarkan performa kendaraan andal dalam berbagai situasi perjalanan di dalam kota. Vespa Elettrica ditenagai oleh baterai lithium-ion yang modern, mirip dengan smartphone kelas atas.

Daya jelajah Vespa Elettrica dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode ECO, serta jarak maksimal 70 kilometer dalam mode POWER, berkat fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya. Fitur ini juga memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara.


Selain itu, untuk mengisi daya secara optimal, pengguna cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, dimana biasanya terletak tutup bahan bakar, dan menyambungkannya ke stop kontak langsung. Konsumen juga bisa memasangkan kabel ke Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang kini semakin mudah dijumpai di kota-kota besar.


Waktu standar yang dibutuhkan untuk mengisi penuh daya baterai berkisar 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian).


Sementara Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW atau 4.8 DK dan daya puncak 4 kW atau 5,3 DK, dengan torsi sekitar 20 Nm. Tenaga sebesar itu bisa dirasakan saat berakselerasi, tergantung pada kebutuhan berkendara, berkat desain motor listriknya yang khas dan mengesankan.


Kemampuan ini juga membuat gerak manuvernya terasa gesit dan menyenangkan serta senyap saat dibawa berkeliling kota sehingga membantu mengurangi kebisingan kota. Berkurangnya polusi gas buang dan polusi suara akan membuat kota menjadi kawasan yang lebih layak huni.


Baterai Vespa Elettrica sepenuhnya bebas perawatan. Baterainya memberikan efisiensi yang sangat baik, yaitu hingga 1000 siklus pengisian penuh. Bahkan setelah itu, baterai masih mempertahankan 80% kapasitasnya dan tetap dapat digunakan dengan sempurna. Battery pack terletak di bawah kompartemen helm, sehingga tidak mengorbankan fungsionalitas kompartemen jok Vespa Elettrica.


Untuk memberikan kenyamanan yang lebih lagi bagi pengguna, baterai Vespa Elettrica telah memenuhi sertifikasi IP65, menjadikannya tahan terhadap debu dan air tekanan rendah. PT Piaggio Indonesia juga memberikan garansi baterai selama 3 tahun. Pengguna tidak perlu melakukan perawatan baterai dan motor penggerak untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima.


Untuk memaksimalkan kemampuannya, Vespa Elettrica menawarkan dua pilihan mode berkendara yakni Power dan ECO. Namun, terdapat juga mode Reverse untuk memudahkan pengendalian mundur saat bermanuver atau parkir.


Mode Power sendiri adalah riding mode yang sepenuhnya memanfaatkan tenaga motor. Dengan mode ini pengendara dapat mencapai kecepatan hingga 67 sampai 70 km/jam tergantung kondisi jalan dan bobot pengendara, sedangkan ECO mode dimaksudkan untuk menghemat energi, memperpanjang usai baterai dengan membatasi kecepatan hingga 40 km/jam.

Vespa Elettrica juga dirancang untuk mendukung gaya hidup masa kini yang saling terkoneksi. Sehingga selain senyap, ramah lingkungan, nyaman dan kuat pengguna juga tetap dapat saling terhubung secara digital. Vespa Elettrica kompatibel dengan sistem VESPA MIA yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth. Didukung pula dengan panel instrumen digital yang menggunakan layar TFT berwarna ukuran 4,3 inci.


Dengan teknologi yang disematkan ini, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi utama kendaraan seperti kecepatan, mode berkendara, jarak tempuh yang tersisa dalam km, serta tingkat pengisian baterai (%).


Bahkan, dalam panel tersebut, pengguna dapat melihat informasi yang lebih luas termasuk waktu dan jarak tempuh, kualitas berkendara ramah lingkungan, serta kapasitas energi. Selain itu, dapat ditampilkan pula statistik pada 30 perjalanan terakhir, push notification tentang status pengisian baterai, jumlah siklus pengisian ulang yang dilakukan, dan masih banyak lainnya.


Sistem konektivitas tersebut dapat dengan mudah dikelola melalui joystick praktis yang terletak

pada control switch pada setang kanan. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menjawab panggilan dan menggunakan perintah suara smartphone untuk melakukan panggilan atau memutar musik dari playlist pengguna sendiri.

Vespa Elettrica mengusung nilai-nilai yang memperlihatkan kendaraan roda dua ini sebagai ikon gaya hidup yang fungsional. Bentuk bodi terbuat dari baja sesuai dengan tradisi Vespa yang ditegaskan oleh livery khusus dalam warna Azzurro Elettrico yang membentang sepanjang perimeter perisai motor. Kemudian, dekorasi ‘neck-tie’, tepi velg roda, nama ‘Elettrica’ dan trim jok dengan lapisan abu-abu futuristik pada bodi menambah kesan ikonik kendaraan ini. Secara keseluruhan, kombinasi tampilan penuh gaya dan teknologi canggih di Vespa Elettrica memberikan pilihan berkendara premium khas Italia untuk mobilitas sehari-hari yang mulus, tidak bising, dan lebih ramah lingkungan dari yang pernah ada sebelumnya.


“Pengenalan Vespa Elettrica merupakan kontribusi awal Piaggio Group terhadap green mobility

yang diharapkan akan semakin relevan di tahun-tahun mendatang, termasuk juga untuk lanskap otomotif Indonesia,” ungkap Marco.


Pada tahap pengenalan ini, Vespa Elettrica akan tersedia bersama dengan rangkaian aksesori Vespa Genuine khusus, meliputi: Topbox khusus, Helm Vespa Genuine VJ Special Edition Elettrica, dan penutup kendaraan khusus Vespa Elettrica.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Piaggio Indonesia

Comments


bottom of page