• Editor

Warga Jawa Timur dan Polri Peringati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kegiatan dilakukan serentak di seluruh daerah tepat pada tanggal 17 Agustus 2021, jam 10.17 - 10.20 WIB.

OTOPLUS-ONLINE I Untuk memperingati detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, pada tanggal 17 Agustus 2021, jam 10.17 - 10.20 WIB seluruh personel Polri di berbagai wilayah secara serentak menghentikan aktivitas warga pengguna jalan.


Pada kesempatan ini dilakukanlah penghormatan kepada bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama, sesuai instruksi yang dikeluarkan Pemerintah melalui Sekretaris Negara.


Berikut ini adalah jalannya peringatan detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Jawa Timur. Dirgahayu Indonesia yang Ke-76!


Surabaya

Ditlantas Polda Jawa Timur menggelar peringatan Detik Detik Proklamasi di Jalan A. Yani Surabaya (sekitar Dolog). Semua pengguna jalan yang kebetulan lewat dihimbau untuk berhenti.


Sirene meraung meraung sesaat sebagai tanda pengendara wajib berhenti sekitar 3 menit, dan kemudian lagu Indonesia Raya dikumandangkan, dan para pemakai jalan pun turut menyanyikan lagu kebangsaan tersebut.


Selain itu, anggota Sarlantas dan Sabhara Polda Jatim membagikan bendera merah putih kepada masyarakat atau pengemudi kendaraan bemotor.


Tercatat sebanyak 76 ribu bendera merah putih buatan UMKM kepada masyarakat Jawa Timur secara gratis oleh Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta pada hari Selasa (16 Agustus 2021).


“Kami mengajak masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan bersama-sama. Kita berbahagia, dan bersama sama kita gembira dalam perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-76 ini,” ujar Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman didampingi Wadir Lantas AKBP Didit yang mengikuti giat tersebut.


Pasuruan

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Pasuruan dilakukan di samping Tugu Adipura di Simpang 4 Penjara. Kegiatan ini dipimpin Kasat Lantas AKP Yudiono SH., dan diikuti petugas Sat Lantas dan TNI, serta para pemakai jalan.


Termasuk juga para pemilik dan karyawan toko yang bersama-sama memberikan penghormatan kepada bendera Merah Putih sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Situbondo

Upacara detik-detik Proklamasi dilakukan di seputaran alun-alun Situbondo oleh anggota Satlantas Polres Situbondo yang memberhentikan pengguna jalan untuk kemudian diberikan bendera Merah Putih, dan kemudian diminta untuk berdiri sikap sempurna sejenak untuk mengheningkan cipta selama 3 menit dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Pada kesempatan ini, Kasat Lantas AKP Anindita Harcahyaningdyah, S.I.K. menitipkan pesan kamtibmas kepada masyarakat dan pengendara agar tetap disiplin protokol kesehatan 5M sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19.


Kediri

Satlantas Polres Kediri Kota dan pengguna jalan di Kota Kediri memberi penghormatan kepada bendera Merah Putih secara serentak di beberapa jalan protokol, antara lain di simpang empat alun alun kota, simpang empat Jembatan Brawijaya, simpang empat Semampir, dan depan Mako Satlantas Polres Kediri Kota, Jl Brawijaya 25 Kota Kediri.


Malang

Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono melalui Kasat Lantas Polres Malang AKP Agung Fitransyah berhentikan semua kegiatan lalu lintas selama 3 menit guna menghormati jasa para Pejuang Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membagikan Bendera Merah Putih di simpang 4 Kepanjen dan simpang 4 Karanglo, Kabupaten Malang.


Mojokerto

Tepat detik-detik pembacaan Proklamasi Kemerdekaan RI pukul 10.17 WIB, Satuan Lalu Lintas Polresta Mojokerto mengajak masyarakat pengguna jalan di tiga perempatan Kota Mojokerto untuk menghentikan aktivitas.


Kegiatan ini dipimpin langsung Kasatlantas Polresta Mojokerto AKP Fitria Wijayanti di perempatan Empunala titik pusat Kota Mojokerto bersama anggotanya dan ratusan masyarakat. Sementara, dua titik lainnya di perempatan Miji dan Benteng Pancasila juga diminta untuk berdiri dan mengambil sikap sempurna sebagai bentuk penghormatan kepada detik-detik Proklamasi.


Teks: Indramawan

Foto: Humas Polri