• Editor

Warna Racing Blue Honda Civic Type R Ini Bakal Trend di Indonesia, Kenapa?


OTOPLUS-ONLINE I Di Australia, sejak Oktober 2020 lalu, Honda Civic Type R warna terbaru, Racing Blue sudah mulai terlihat di showroom dealer yang ada di sana.


Sementara jika kita melihat di website honda-indonesia.com, warna yang ditawarkan masih meliputi Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Sonic Grey Pearl, Crystal Black Pearl, Championship White, dan Polished Metal Metallic. Belum ada warna Racing Blue.


Kenapa bisa demikian? Sebab Honda Civic Type R warna Racing Blue di negara Kangguru ini disiapkan pula untuk mengikuti kejuaraan Australia Turbocharged Car (TCR) Series 2021.

Sebagai info, TCR Series adalah kejuaraan balap touring car yang menggunakan mobil jalan raya (road-to-race) sejati. Tahun 2021 mendatang, Honda Australia melalui pembalapnya, Tony D'Alberto yang tergabung dalam tim Wall Racing bakal mengendarai Honda Civic Type R warna baru, Racing Blue ini.

"Memang kami sangat menekankan penggunaan warna Racing Blue terbaru ini. Sebab menurut kami ini akan menjadi cara terbaik bagi kami untuk memperlihatkan seberapa erat kaitan antara mobil balap dengan mobil jalan raya," ujar D'Alberto yang sukses mengklaim lima podium, dan posisi terdepan dalam perjalanannya menjadi runner-up tahun 2019 lalu, dan pasang target bisa memenangkan TCR Series 2021 mendatang.

Sesuai tagline Born To Race yang disandang Honda Civic Type R, dan konsep kejuaraan Australia Turbocharged Car (TCR) Series sebagai ajang balap yang mempertandingkan mobil jalan raya, spesifikasi yang ditawarkan Honda Civic Type R (di Indonesia) ini meliputi mesin 2.0L VTEC Turbo Engine bertenaga 310 PS dengan torsi puncak 400 Nm yang disalurkan melalui transmisi 6-percepatan manual.


Di bagian eksterior tampak pelek alloy berukuran 20 inci yang membuat tampilan semakin sporty. Selain itu, mobil ini juga dibekali 3 driving mode with adaptive damper system, Sport Seat & Sport Pedal, Brembo Disc Brake, dan 3 Exhaust Pipe Finish.


Sementara untuk interior, Honda Civic Type Ri dibekali layar 7 inch FTF Meter with informative MID. Informasi yang tersaji G-Meter, Throttle Brake, Lap Time, Boost and Rev Indicator. Terkait harga, mobil ini ditawarkan Rp 1.067.600.000.

Dengan hadirnya warna baru Racing Blue yang mencolok, dan kemudian beralih ke warna Championship White, dengan aksentuasi warna merah yang identik dengan Honda, tentu akan memunculkan kebanggan tersendiri bagi segmen konsumen yang dibidik Civic Type R ini.

Jadi jangan kaget kalau nanti di jalanan Indonesia juga akan banyak muncul Civic Type R dengan warna Blue Racing, seperti yang digunakan D'Alberto di kejuaraan TCR Series 2021 ini.

Teks: Setiawan AS

Foto: Honda Australia

Editor: Indramawan