• Editor

Wow, Di Surabaya Ada Museum Kustom Kulture Lho!


“House of Customland (HOC) adalah rumah arsip dari Customland, dan bisa juga disebut museum mini yang berisi koleksi artefak berupa karya-karya seni, motor-motor, sepeda dan buku-buku bernuansa budaya, kustom kulture (budaya custom) yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur dan seluruh Indonesia.” (Dwi Prasetya - Customland Founder)

Customland adalah nama event atau kegiatan yang mewadahi komunitas dan para pecinta budaya kustom (kustom kulture), khususnya di Surabaya, dan Jawa Timur. Kegiatan sekaligus movement ini digelar pertama kali tahun 2013 dan terus eksis sampai sekarang.

Customland digelar setiap tahun menjadi wadah komunitas dan para pecinta budaya kustom (kustom kulture), khususnya di Surabaya, dan Jawa Timur.


Dalam setiap gelarannya, Customland selalu memamerkan karya dan kreasi para pekerja seni budaya kustom. Mulai dari sepeda motor custom (custombike), berbagai jenis sepeda kayuh, seni lukis atau paintwork berupa pinstripe, airbrush dan lain-lain.

Gambaran kemeriahan Customland seperti yang digelar di Geldboom, food court Surabaya 2018.

Juga metalwork atau karya seni dari logam, aneka ragam kreasi dan koleksi hobi seperti die cast, serta berbagai collectible items lainnya, yang memiliki nilai seni tinggi.

House of Customland (HOC) mulai dibuka untuk umum mulai Agustus 2019 kemarin.


Nah ada info menarik nih bagi masyarakat umum yang ingin tahu lebih banyak tentang kekayaan budaya kustom Tanah Air. Sebab selain bisa melihat langsung kemeriahan Customland yang digelar rutin setiap tahun (biasanya di bulan November), saat ini mereka juga bisa langsung mengunjungi House of Customland.

Dwi Prasetya selaku pendiri Customland.


“House of Customland (HOC) adalah rumah arsip dari Customland, dan bisa juga disebut museum mini yang berisi koleksi artefak, berupa karya-karya seni, motor-motor, sepeda dan buku-buku bernuansa budaya, kustom kulture (budaya custom) yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur dan seluruh Indonesia,” buka Dwi Prasetya, founder dari Customland, yang juga adalah Dosen Pendidikan Seni Rupa Universitas Adi Buana Surabaya.

Beberapa koleksi HOC berupa karya-karya seni, motor dan sepeda custom, dan buku-buku bernuansa budaya, serta aneka kreasi budaya custom dari Surabaya, Jawa Timur dan seluruh Indonesia.


Ditambahkannya, HOC ini didirikan pertama kali 12Juli 2019, dan mulai dibuka untuk umum sejak Agustus 2019. "Kami buka Senin - Sabtu, dari jam 10.00 - 21.00. Dan selama pandemi COVID-19 ini, kami berharap pengunjung untuk mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan,” pesan pria yang akrab disapa Mas Pras ini.

Diorama menjadi koleksi terbaru HOC.


Sebagai ‘ museum’ dari Customland, maka HOC ini juga memamerkan karya dan kreasi seni berupa motor dan sepeda custom karya builder lokal, dan artefak kustom kulture dari mulai seni lukis, ilustrasi, patung, ukiran, diorama, dan beberapa item lain.

Salah satu koleksi HOC adalah motor cutom bergaya Boardtracker, sepeda motor yang digunakan balapan di atas sirkuit kayu berbentuk oval era 1920-an.


“Sampai saat ini, beberapa koleksi yang kami pamerkan meliputi 7 motor, 6 sepeda, 3 diorama, puluhan artefak kecil lain, dan masih banyak lagi,” tutur Pras, sambil menambahkan tujuan dibukanya HOC untuk umum ini adalah sebagai edukasi pada seni dan berkendara pada masyarakat umum melalui sumber ilmu yang tekstual, imaji dan intertekstual.

Merchandise Customland bisa didapatkan di sini.


Dan ketika ditanya, apakah karya dan kreasi yang dipamerkan ini juga diperjual-belikan, Mas Pras menjawab, “HOC hanya menjual produk-produk dari brand Customland, seperti kaos, topi, jaket, dan beberapa karya seni fungsi lainnya, yang memang semua dikreasikan secara kustom dan tunggal.”

Wah menarik juga ya…

House Of Customland:

JL. Griya Kebraon Selatan V Blok E-12C, Kec. Karang Pilang, Surabaya 60222

CP: WA/Telp 0816505824, Email: houseofcustomland@gmail.com


Teks: Indramawan

Foto: HOC, Dok. Otoplus-Online