• Editor

Wow, Honda CT125 Punya Pesaing Dari Purwokerto Nih, CS125!

Berbasis Honda Karisma 2007, Cub Scrambler ini dibuat oleh Win's Paddock Purwokerto dengan menghabiskan bujet Rp 37 Juta termasuk motor.

OTOPLUS-ONLINE I Pada Agustus 2020 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor bebek trail (cub trail) CT125 yang dipasarkan dengan harga Rp 75 Juta. Dan kini rupanya telah hadir pesaingnya, yakni CS 125!

WP di sini adalah rumah modifikasi yang ada di Purwokerto, yaitu Win's Paddock (WP). Di kalangan pecinta modifikasi, nama WP ini sudah sangat dikenal karena prestasinya di ajang kontes motor bergengsi.

"CS 125 ini mengambil konsep cub scrambler atau motor scrambler dari basis motor bebek, Honda Karisma 125 tahun 2007," buka Siswo Winoto atau lebih akrab disapa Wiwin, pemilik WP.

CS 125 project berawal ketika Firdaus, salah satu konsumen dari Palu - Sulawesi Tengah yang suka adventure mengeksplor daerah-daerah terpencil ingin dibuatkan motor yang tangguh, mudah perawatan, dan terlihat custom.

"Dari sini kami terinspirasi dengan Honda CT125... Sebab motor yang mudah dan murah perawatan itu ya motor bebek. Soal ketangguhan, kami langsung teringat Honda Karisma 125 yang dikenal punya tenaga mumpuni untuk motor bebek di kelasnya. Sementara soal tampilan yang custom-look, itu bisa disiasati lewat custom parts yang kita bikin," papar Wiwin sambil menambahkan, berhubung si pemesan dari jauh, maka basis Honda Karisma seken ini dibeli di Purwokerto, dan setelah selesai baru dibalik nama.

Pengerjaan diawali dari penggantian sub-frame Karisma yang dijadikan model rangka monokok yang dibentuk dari pelat yang seluruhnya dipres (lempengan), dan disambung dengan pipa underbone. "Lalu untuk tangki, kami memakai punya Yamaha V75 yang dimodifikasi ulang untuk menyesuaikan bodi," sebut Wiwin.

Sebagai penguat dan menambah kekakuan (rigidity), WP menambahkan pipa double-cradle. Secara tampilan, motor jadi terlihat penuh dan kokoh.

Dilanjut dengan mengubah kaki-kaki. Suspensi depan memakai fork teleskopik punya Honda Win, sementara untuk shockbreaker belakang comot Yamaha F1Z-R original.

"Untuk swingarm, kami melakukan proses custom untuk menyesuaikan posisi roda," tunjuk Wiwin sambil menginfokan pelek depan pakai merek Rossi 185-17 dan belakang 250-17 yang dibalut ban Mizzle 275/17 dan 300/17.

Sekarang tinggal menambahkan custom parts untuk menunjang konsep Cub Scrambler-nya. Lampu depan Daymaker tampak serasi dengan lampu sein bulat. Apalagi setelah ditambahkan grill pelindung, dan rak barang. Perhatikan juga setang trail klasik yang diambil dari Yamaha DT, dengan spidometer digital yang terpasang asimetris. Mix and match komponen ini bisa dieksekusi dengan baik oleh WP.

"Kita juga ubah joknya jadi model single seater, supaya ada cukup ruang untuk menempatkan bagasi belakang yang lebar," tunjuk Wiwin.

Tak ketinggalan, ciri khas scrambler sebagai motor penjelajah segala medan berupa engine guard dari pelat juga ditambahkan. Perhatikan juga knalpot yang dibuat melintang ke atas di bagian kanan.

Sementara di bagian kiri tampak juga hose (karet penghubung) antara filter udara dan lubang (inlet) intake manifold karburator. Sekilas tampak seperti knalpot yang dibuat melintang ke atas. Apalagi dengan tambahan cover pelindung. Bukan untuk gaya-gayaan, tapi fungsinya juga menghindarkan air masuk ke dalam ruang bakar melalui karburator ketika dipakai melibas genangan air cukup dalam saat trabasan.

"Motor ini kami buat dengan mengacu pada fungsi dan estetika. Jadi kami sangat pikirkan, bagaimana caranya motor ini bisa dipakai secara maksimal sesuai peruntukannya, yakni motor light adventure," tutup Wiwin yang menghabiskan budget Rp 37 Juta termasuk motor basis pada project ini, atau separuh dari harga Honda CT125. Pilih mana?


Baca juga: Prank of The Day: F155 Versi Konsep Dari Yamaha Exciter 155 Dibuat Di Purwokerto!


Data modifikasi:

Ban depan - belakang: Mizzle 275/17 - 300/17 Pelek depan -belakang: Rossi 185 dan 250-17 Swing arm: custom Knalpot: Wins Paddock Lampu depan: Daymaker Fork depan: Honda Win Jok: Luqman Seatmaker Spidometer: variasi (digital), Stang: Yamaha DT


Bengkel: Win's Paddock

Alamat: Jl. Sunan Ampel No.9, Pabuwaran, Pabuaran,

Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124 HP: 0815-4888-6755

Instagram: WIN'S PADDOCK Purwokerto


Teks: Indramawan

Foto: WP