• Editor

Wow, WL 750 Chopper Ini Direstorasi Oleh Kontributor OTOPLUS-ONLINE di Belanda!

"Motor ini sepertinya dibangun oleh seorang builder di Polandia, kemungkinan antara akhir tahun 1970-an, atau awal 1980-an, dan saya tertantang untuk merestorasinya kembali." (Onno 'Berserk' Wieringa - OTOPLUS-ONLINE Special Contributor)

OTOPLUS-ONLINE I Onno Wieringa adalah special contributor OTOPLUS-ONLINE yang tinggal di Belanda, dan biasa menulis artikel tentang dunia modifikasi, terutama di Eropa. Kali ini, pria yang juga adalah jurnalis sekaligus fotografer ini menulis modifikasi yang dilakoninya sendiri, WL 750 Chopper!

"Saya membeli motor yang sudah dimodifikasi menjadi chopper ini tahun 2013 lalu. Pemilik motor ini sebelumnya menganggap proyek itu gagal dan tidak dilanjutkannya. Karena itu, komponen motor ini disimpan dalam kotak di bengkelnya, dan dibiarkan nganggur selama 20 tahun!" buka Onno yang juga tercatat sebagai salah satu juri di kejuaraan dunia modifikasi motor, yakni AMD World Championship of Custom Bike Building.

Satu hal yang membuat Onno tertarik melanjutkan modifikasi ini adalah, hampir semua komponen motor ini merupakan produk home-made alias bikinan bengkel rumahan itu sendiri. "Dan kebetulan saya tahu benar, siapa pemilik motor ini, dan dari situlah saya tertarik membeli motor ini," ujar Onno yang sempat beberapa kali diundang menjadi juri di kontes modifikasi di Indonesia.

Setelah kotak dan peti yang penuh terisi dengan komponen itu sampai di rumah, Onno pun memeriksa satu per satu dan coba merangkaikannya. "Tampaknya tidak lengkap semua. Tapi menurut saya, project ini layak untuk dirampungkan karena sepertinya hampir semua komponen dibuat khusus untuk motor ini," tutur Onno yang sebelumnya adalah mekanik balap, dan sekaligus pembalap drag race.


Baca juga: Mengenang Ton Pels, Drag Racer dan Orang Besar Di Balik Zodiac International


Selain itu, Onno juga melakukan penelusuran terkait motor ini. "Hasil yang saya tahu, motor ini sepertinya dibangun di Polandia, kemungkinan antara akhir tahun 1970-an, atau awal 1980-an. Tapi ini hanya perkiraan saja, dan tidak ada jaminan penelusuran yang saya lakukan ini benar."


Konstruksi dan Restorasi

Poin utama dalam rekonstruksi motor ini adalah, harus menjaga aspek estetika secara visual, karena motor ini dulunya didesain oleh seorang builder. "Tapi yang banyak menjadi pertanyaan adalah, apakah motor ini orisinal? Saya akhirnya punya pemikiran, motor ini saya dapat sudah dalam keadaan dimodifikasi. Jadi kenapa saya harus repot-repot mengembalikannya seperti layaknya H-D WL orisinal?"

Selain itu, chopper handmade ini memiiki tampilan unik yang autentik hasil kreasi builder di Polandia 40 tahun lalu, di tengah keterbatasan komponen sehingga semuanya dibuat secara tradisional dengan craftmanship yang patut untuk diapresiasi,

Bayangkan saja, pada kurun waktu itu, Eropa Timur masih dipisahkan tembok dengan Eropa Barat. Di tengah posisi Polandia yang terisolasi, builder motor ini menghadirkan gaya Easy Rider yang saat itu menjadi ikon dan pujaan bikers.

Perhatikan pula pelek roda dengan jerujinya yang besar-besar (big spoke). Sekarang ini sangat mudah mendapatkannya. Tapi waktu itu tentu sangat sulit sehingga butuh keterampilan luar biasa untuk membuatnya secara manual.

Tentu ini menjadi hal yang berharga untuk dipertahankan. Karena itu, sebisa mungkin saya menjaga, apa yang sudah ada pada motor ini. Termasuk original paintwork dengan logo H-D tahun 1982. Semuanya saya pertahankan.


Restorasi Mesin

Mesin, girboks dan primary transmission telah saya periksa secara menyeluruh. Semua komponen sudah saya overhaul, dan beberapa lagi telah diganti.

Cover primary drive sedikit dimodifikasi supaya bisa bekerja dengan baik, karena sebelumnya kopling kaki telah dikonversi menjadi kopling manual. Termasuk juga pedal untuk oper gigi telah dibenahi sehingga berfungsi baik.

Sementara untuk alternator, yang awalnya digerakkan oleh belt melalui puli, ternyata tidak bekerja dengan baik. Untuk mengembalikannya seperti semula sangat menyulitkan, sehingga dimodifikasi dengan sistem pengisian kelistrikan yang baru.

Rem depan juga dibenahi dengan pemasangan pompa rem merek Performance Machine (PM). Kemudian sadel yang menurut saya bentuknya sangat jelek, diganti dengan bikinan Remco Hendrikse dari Tijger Leathers.

Saya juga dibantu Simon Poelma yang mengganti roda belakang dengan memasangkan ban baru karena karet yang lama telah usang dan keras.

Semua pengerjaan ini dilakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit. Saya sendiri tidak mau buru-buru. Butuh 3 tahun lebih sebelum akhirnya motor bisa diselesaikan, dan hidup kembali.


Teks & Foto: Onno "Berserk" Wieringa (madnessphotography.nl)

Editor: Indramawan


SPESIFIKASI

GENERAL

Pemilik: Onno “Berserk” Wieringa Original builder: tidak diketahui Rebuilding: Terima kasih kepada semua orang dan perusahaan yang terlibat dalam project ini Tahun pembuatan: tidak diketahui


MESIN

Mesin: H-D 750 WL ‘G’ model (diperbarui menyeluruh) Gearbox: 3-speed (diperbarui menyeluruh) Primary & clutch: H-D dan parts buatan sendiri, termasuk cover dan controls (diubah menjadi manual clutch dari asalnya foot clutch, dengan sistem foot shift menggantikan manual gear) Sistem knalpot: gabungan Karburator: Mikuni 34mm Pengapian: H-D Koil pengapian: tidak diketahui (Made in Poland)


SASIS

Frame: Chopper frame dengan perubahan pada stretched dan raked) Tangki bahan bakar: tidak diketahui

Tangki oli: buatan sendiri Forks: Springer (buatan sendiri) Pelek depan: Fat Spoke 18 inci 2.75 x 18 Ban depan: Heidenauer Rem depan: disc brake PM (brake fluid reservoir dengan kaliper Fiat) Pelek belakang: Fat Spoke 15 inci Ban belakang: Avon Venom 140-90 15 Rem belakang: disc brake (kaliper tidak diketahui) Sepatabor depan - belakang: model flat Headlights: old chopper lights Taillight: buatan sendiri


LAIN-LAIN:

Rangka, forks, tangki bahan bakar dan oil, cover belakang disk brake, pelindung rantai, kopling dan tuas kopling, pedal kickstarter, jok, dan knalpot (semua buatan sendiri)