• Editor

Yacht Ini Dikembangkan Bersama Tim Ahli Maserati yang Bangun Mobil Eksostis


Perahu balap Maserati Multi 70 ini mampu mencapai kecepatan hingga 5 kali kecepatan hembusan angin,


Giovani Soldini adalah seorang Yacht Master dengan pengalaman epik yang tak terhitung jumlahnya. Lelaki asal Milan, Italia ini menyeberangi samudra atlantik untuk pertama kali dalam hidupnya pada tahun 1980, saat itu Soldini masih berusia 16 tahun. Di usianya kini yang menjejak 54 tahun, ia mengenal yacht dan laut lebih baik dari siapapun.              


Mengendarai Maserati Multi 70, tim Giovanni Soldini kembali berkompetisi ajang balap perahu yacht bergengsi, Rolex Middle Sea Race, yang diselenggarakan oleh Royal Malta Yacht Club, dan dimulai Sabtu (17/10) dari Valletta, Malta. Lomba kapal layar bersejarah yang diselenggarakan untuk kali ke-41 tersebut secara resmi menandai dimulainya kembali musim balap untuk Maserati Multi 70 yang ditunda sejak Februari karena pandemi Covid-19.

Giovani Soldini seorang yacht master dengan pengalaman epik yang tak terhitung jumlahnya.


Giovanni Soldini dan krunya telah mengikuti dua kali Rolex Middle Sea Race (2016 dan 2018) di atas kapal Maserati Multi 70. Ia memenangkan Line Honors dua kali dan, pada 2016, mencetak rekor multihull baru (2 hari, 1 jam, 25 menit dan 1 detik). Sementara rekor keseluruhan masih menjadi milik George David yang pada tahun 2007 menyelesaikan balapan dalam 1 hari, 23 jam, 55 menit, dan 3 detik dengan monohull Rambler.


Maserati Multi 70 merupakan perahu balap multi-hull (lambung kapal) dengan panjang 70 kaki (21 meter). Saat meluncur kencang, perahu ini lebih tepat disebut terbang ketimbang mengapung. Ia dapat mencapai kecepatan 40 knot atau sekitar 74 km/jam saat kecepatan angin hanya 15 knot (28 km/jam).


Sejak diperkenalkan pada kompetisi perahu layar di America's Cup awal tahun 2000-an, yachts multi-lambung berevolusi total. Dengan suntikan teknologi dan material mutakhir, yacht dapat melaju bak hidrofoil. Perahu ini dapat meluncur sangat kencang saat lambungnya ‘terbang’ setinggi 5 kaki (1,5 meter) di atas permukaan air dan menyisakan bilah berbentuk L yang tertanam di bawah lambung untuk mengawal arah laju dan menjaga yacht tetap berada di air.


Hal itu lantaran saat lambung terangkat dan keluar dari air hambatan tereduksi signifikan sehingga memungkinkan yachts mencapai kecepatan hingga 5 kali kecepatan hembusan angin, sebuah torehan kecepatan yang hanya dapat diimpikan satu dekade yang lalu.

Dikembangkan bersama tim ahli Maserati yang membangun mobil-mobil kencang nan eksostis Maserati.


Soldini dan krunya menghabiskan lebih dari 6 tahun membuat ratusan penyesuaian dengan bantuan tim desain ahli otomotif Maserati di Modena, Italia. Markas dimana Maserati Quattro Porte, the Ghibli and the Gran Turismo dibuat.


Di kategori Multihulls, tim Maserati Multi 70 akan menantang MOD 70 Mana (mantan Spindrift), dipimpin oleh Brian Thompson, Antoine Rabaste's 80’ Ultim’Edition 2, Shockwave 63', dipimpin oleh Jeff Mearing dan Scott Klodowski; Multi 50 Primonial, dipimpin oleh Sébastien Rogues juga Italian Outremer 55 Light Asia', yang dipimpin oleh Marcello Patrizi.


Jalur balapan dimulai di Valletta, Malta dan jaraknya sekitar 608 mil. Kapal akan berlayar berlawanan arah jarum jam di sekitar Sisilia, meninggalkan Favignana, Pantelleria, dan Lampedusa ke pelabuhan, sebelum kembali ke Valletta menuju garis finish.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Maserati