top of page
  • Gambar penulisEditor

Yamaha Bedah Tuntas Semaxin Apa Nmax Turbo

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar NMAX “Turbo" Media Workshop


Yamaha memboyong mesin dynotest ke arena Jakarta Fair 2024 agar masyarakat dapat mengetahui sekaligus mendapatkan gambaran prinsip kerja dan performa NMAX “Turbo”.


OTOPLUS-ONLINE I NMAX “Turbo” viral! Lantaran kata “Turbo”, Maxi-scooter produksi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak hanya mencatatkan penjualan fantastis ketika Yamaha Indonesia membuka order online motor matik dengan tagline "Semaxin Di Depan" ini di platform e-commerce Blibli pada 12 Juni 2024 pukul 18.00 WIB.


Dalam tempo 40 menit, 1000 unit NMAX “Turbo” langsung laku terjual.  


Respon publik terhadap produk NMAX “Turbo” sangat tinggi.


“Itu menunjukkan kalau respon dari publik sangat tinggi,” ujar Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation YIMM.


Pada kerjasama dengan Blibli, Yamaha Indonesia memberikan kuota sebanyak 5000 unit dimana sebanyak 2000 unit atau 40 persennya merupakan varian Turbo.


“Kuota varian Turbo telah ludes dalam waktu 24 jam,” tukas Antonius.


Sebagai informasi semua varian NMAX “Turbo” dapat diperoleh di Blibli dengan promo diskon hingga Rp2 juta dan cicilan 0% hingga 24 bulan. 


Tak hanya di Indonesia, kata turbo pada NMAX “Turbo” juga menjadi bahasan utama di media otomotif Asia, di antaranya Autocar dan BikeWale, keduanya dari India.


Juga 3 media dari Filipina yaitu Top Gear, Zigwheels dan Motodeal.


Motodeal bahkan sampai menegaskan pada sub judulnya dengan kalimat, “No, it isn’t really turbocharged.” 


Antusias konsumen dan masyarakat yang besar pada NMAX “Turbo" ini mendorong PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar NMAX “Turbo" Media Workshop bertempat di Yamaha Mekar Motor yang beralamat di Jl. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja No.88A, Cirimekar, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.


"Melalui kegiatan ini kami berharap rekan media bisa mendapatkan insight dan informasi yang cukup untuk disampaikan ke masyarakat,” kata Antonius.


“Yamaha mengajak media Jatim untuk ikut membedah tuntas teknologi yang dimiliki NMAX “Turbo” agar dapat disampaikan ke masyarakat khususnya yang ada di Jawa Timur,” kata Karsendra Varna, Promotion YIMM Area Jawa Timur.


Lalu apa sih turbo di NMAX “Turbo”?


Sensasi yang disuguhkan mesin dengan perangkat turbo adalah lonjakan tenaga.


Lonjakan tenaga itu akan muncul ketika perangkat turbo bekerja.


Nah sensasi lonjakan tenaga itulah yang disodorkan NMAX “Turbo”.


Namun tidak lewat aplikasi perangkat turbo melainkan inovasi pada transmisi yang dinamai Yamaha Electronic Continuosly Variabel Transmission atau YECVT.


Teknologi ini menghapus peran roller di CVT yang kemudian digantikan dengan ECVT Motor yang bertugas sebagai aktuator untuk mengerakkan primary pulley.


“NMAX ‘Turbo” memiliki desain semakin mewah, fitur semakin canggih performa semakin garang,” ujar Ferry, Technical Education YIMM.


“Pergerakan ECVT Motor diatur oleh Transmission Control Unit (TCU) dari input yang diberikan oleh sensor motor position (Primary) dan sensor kecepatan (Secondary),” terang Ferry Nurul Fajar, Technical Education YIMM.


Dengan ECVT Motor, memungkinkan rasio dikontrol secara elektronik, tak lagi mengandalkan gaya sentrifugal.


LED dengan headlamp dual projector.


Kontrol elektronik pada sistem CVT inilah yang akan menghadirkan sensasi berkendara khas kendaraan turbo.


Yamaha membekali NMAX “Turbo” fitur mode berkendara yaitu T (Town) dan S (Sport).


Varian NMAX Neo, tidak dilengkapi teknologi YECVT.


“Mode berkendara ini berbeda maping pengapian dan durasi injeksi,” ungkap Ferry.


Kedua mode berkendara itu lantas dipadukan dengan Turbo Y-Shift dengan tiga tingkatan.


Dengan memainkan Turbo Y-Shift pengendara akan mendapatkan sensasi respon instan khas mesin turbo.


“Sensasi turbo didapat dari teknologi mesin Blue Core generasi ketiga yang dipadukan teknologi VVA, fitur mode berkendara dan YECVT,” pungkas Ferry.


Teks & Foto : Nugroho Sakri Yunarto

留言


bottom of page