top of page
  • Gambar penulisEditor

Ungkap Teknologi Yamaha NMAX Turbo yang Baru Dilaunching


NMAX Turbo adopsi teknologi YECVT, untuk berikan sensasi turbo dalam berkendara.


OTOPLUS-ONLINE I PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) baru saja meluncurkan NMAX Turbo pada Rabu, 12 Juni 2024 kemarin di Jakarta.


Dalam keterangannya kepada pers, Dyonisius Beti, President Director & CEO, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. menjelaskan, NMAX Turbo ini mengadopsi teknologi baru YECVT, sehingga dapat memberikan sensasi TURBO dalam berkendara.


"Sebagai ‘KANDO’ creating company yang terus berinovasi dalam menghadirkan sesuatu yang baru untuk mendukung kebutuhan mobilitas konsumen, bertepatan dengan hari ulang tahun Yamaha Indonesia yang ke-50, kami mempersembahkan NMAX “TURBO” kepada msayarakat Indonesia dalam banyak varian. Ini adalah NMAX tercanggih di dunia yang dilengkapi dengan desain yang semakin mewah, fitur first class, dan juga performa mesin yang mengadopsi teknologi baru YECVT, sehingga dapat memberikan sensasi TURBO dalam berkendara,” ungkap Dyonisius Beti, President Director & CEO, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., saat memberikan kata sambutan di acara launching NMAX “TURBO”.


Dalam keterangannya, tidak dijelaskan adanya penambahan turbocharger atau supercharger seperti umumnya mesin turbo, yang bertujuan memasukkan udara lebih banyak ke ruang bakar, sehingga kian banyak pula bensin yang terbakar sehingga daya yang dihasilkan lebih besar pula.



Justru dari keterangan kepada pers disebutkan keunggulan utama NMAX Turbo yang sebenarnya, ada pada teknologi YECVT atau Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT), menggantikan sistem CVT konvensional.


Sekali lagi bukan pada turbocharger atau supercharger karena dalam keterangan yang diberikan tidak disinggung sama sekali.


Meski demikian, mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru pada NMAX Turbo ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm, dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.


Kembali ke teknologi YECVT, dengan penggunaan teknologi ini, maka NMAX Turbo memiliki fitur Riding Mode dengan 2 mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).


Pengoperasiannya cukup melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri.


T-Mode sendiri cocok digunakan untuk mobilitas harian di dalam kota, karena karakter berkendara lebih smooth serta efisien bahan bakar.


Sedangkan S-Mode, cocok digunakan saat perjalanan jarak jauh seperti touring karena menawarkan akselerasi berkendara lebih responsif.

 

Berdasarkan hasil pengetesan internal Yamaha dengan menggunakan mode berkendara S, NMAX Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

 

Selain Riding Mode dengan menggunakan YECVT, NMAX Turbo juga memiliki fitur lain berupa Y-Shift, yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri.


Y-Shift mampu memberikan sensasi berkendara berbeda, karena fungsinya membantu pengendara melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya turbo.


Itu karena Y-Shift mempunyai 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem.


Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

 

Selain fitur-fitur terkait mesin, untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik, NMAX Turbo juga disematkan dengan fitur Dual Channel ABS, Traction Control System, Rear Sub Tank Suspension, dan juga ban tubeless bertapak lebar.



Berikut ini varian NMAX Turbo yang ditawarkan lengkap dengan harga:

Teks: Indramawan

Foto: Yamaha Indonesia

Comments


bottom of page