• Editor

Yamaha Byson Dimodifikasi Jadi 'Gudel' Cafe Racer, Keren!

Tulisan "Gooddeal" pada tangki adalah plesetan dari kata "Gudel", nama Jawa untuk anak kerbau (Byson) yang jadi basis dalam GDZH Custom Cycle project kali ini.

OTOPLUS-ONLINE I Konsep modifikasi ini mengacu pada gaya British Cafe Racer yang di banyak negara kerap diterapkan untuk BMW R100. Tapi kali ini diberikan sentuhan berbeda karena motor basis yang dipakai adalah Yamaha Byson.

"Kami berpatokan pada desain konsep yang dibikin Mas Ari sebagai pemilik motor. Kebetulan, ia jago drawing 3D. Jadi kita coba wujudkan keinginan Mas Ari untuk membuatkan motor bergaya cafe racer untuk putra pertamanya, semirip mungkin dengan desain yang ia bikin," buka Dana Prasetya dari GDZH Custom Cycle, Jombang selaku eksekutor.

Untuk itu sub frame bagian belakang tidak dipakai lagi. "Kami buatkan lagi yang baru, sesuai dengan desain konsep yang dibikin. Sedangkan rangka utama atau main frame masih tetap pakai bawaan Byson," tunjuk Gondes, panggilan builder yang telah lama malang-melintang di dunia custombike ini.


Baca juga: Jarang-jarang KTM Duke 390 Dimodifikasi Jadi Tracker


Supaya motor makin terlihat kekar, ban dan pelek pakai yang lebih lebar dengan dibalut ban dual purpose punya Pirelli. Dan agar tampilan motor lebih vintage, swing arm serta monoshock diganti dengan model double shockbreaker dengan swingarm aluminium.

Selanjutnya, semua body set custom dibuat dari plat besi 1,4 mm, dengan model tangki khas BMW R100. Untuk jok juga dibuat custom dengan plat yang lebih tebal, 3 mm.


Baca juga: Modifikasi Fazzio 'Silver Bullet' Berkonsep Classy Elegant ala Stallion Concepts


"Bagian pengerjaan paling sulit ada di pembuatan engine cover karena terdiri dari empat bagian untuk memudahkan proses maintenance mesin. Untuk itu tiap sambungan harus dibikin sepresisi mungkin," tunjuk Gondes.

Setelah jadi, layaknya motor standar, handling masih sangat mudah. "Tapi bagi beberapa orang, tangan agak capek karena pakai setir model clip on atau jepit khas cafe racer yang merunduk," kata Gondes yang mengaku puas motor ini keluar sebagai pemenang dalam kontes modifikasi MOTOR-EX 2022 kategori Racing Style, hasil kerjasama Adi Pro Indonesia dan OTOPLUS-ONLINE pada 26-27 Maret 2022 lalu di Tunjungan Convention Center, Tunjungan Plaza Surabaya.


Data modifiikasi

Basis: Yamaha Byson Rangka: Yamaha Byson (dicustom pada bagian sub-frame belakang) Swingarm: V Rossi (alumunium) Pelek: Rossi Pro 300-17 (depan), 500-17 (belakang), Ban: Pirelli Rally MT 120/60-17 (depan), 170/60-17 (belakang), Teromol: CRF 150 Shockbreaker belakang: aftermarket (model tabung) Body set custom: GDZH Custom Cycle Lampu depan: Daymaker Spidometer: aftermarket (digital) Knalpot custom: GDZH Custom Cycle


Pemilik: Ari

Builder: Dana Prasetya

Bengkel: GDZH Custom Cycle, Jombang

Whatsapp: 081 2524 52521

Email: gdzhcustomcyclebisnis@gmail.com

Instagram: GDZHCUSTOM_MC


Teks: Indramawan

Foto: GDZH Custom Cycle