• Editor

Jarang-jarang KTM Duke 390 Dimodifikasi Jadi Tracker

Katemi Custom Project dari GDZH Custom Cycle Jombang.

OTOPLUS-ONLINE I Dari negara asalnya di Austria, KTM Duke 390 dikenal dengan desain naked bike-nya yang kental. Mmm... bagaimana hasilnya ya jika Duke 390 ini di-custom menjadi tracker?


Maklum, jarang-jarang Duke 390 dijadikan basis dalam custom project. Jadi langsung saja kita simak saja modifikasi tracker pada KTM Duke 390 milik Dody Herijanto ini.

"Dia pengin punya motor harian yang terlihat simple, classy tapi powerful," buka Dana Prasetya dari GDZH Custom Cycle, Jombang.


Baca juga: Modifikasi Fazzio 'Silver Bullet' Berkonsep Classy Elegant ala Stallion Concepts


Dari sini, lanjut Dana, muncullah konsep yang disepakati yakni urban tracker yang tetap beraroma KTM. Beruntung sekali KTM Duke 390 menggunakan rangka belakang model knock down.

"Jadi sangat membantu proses fitting rangka. Tinggal lepas dan buat baru dengan rangka belakang yang lebih flat atau datar (sesuai ciri khas tracker). Untuk main frame tetap standar," jelas Dana.


Dilanjut dengan modifikasi pada kaki-kaki. Supaya lebih terlihat klasik, pelek diganti model jeruji dengan hub dari Kawasaki Versys 250.


Baca juga: KTM RC250 Cafe Racer Version


Untuk itu, Dana memasangkan dengan pelek TK Racing 500-17 (belakang), dan 300-17 (depan). "Upsize 1 step dari orinya, supaya tampak lebih padat," tunjuk Dana.

Lanjut ke bagian bodi, menurut Dana, paling tricky adalah bagian tangki. Supaya dapat bentuk proporsional dan bahan bakar bisa terpakai habis, tangki harus dibuat dua bagian.


"Ada tangki almunium di bagian dalam, dan tangki plat besi di bagian luar yang berfungsi sebagai kondom," ungkap Dana sambil menambahkan, pengerjaan tangki ini adalah yang tersulit dalam project ini.

"Juga pengaturan tempat untul electrical-nya. Seperti kita tahu KTM Duke 390 terdapat banyak komponen elektrik untuk sensor," jelas Dana.


Sementara untuk komponen bodi lainnya, seperti cover samping dan sepatbor depan dan belakang, semua menggunakan plat besi 1.2 mm hasil handmade.

Sebisa mungkin desain body kit ini, sama dengan kaki-kaki, diupayakan tampak simple, namun tanpa menghilangkan karakter garang Duke 390.


Baca juga: Spawn Garage Perkenalkan Bosozoku Style ala Geng Motor Jepang


Saat ditanya, apa nama sebutan untuk KTM Duke 390 ini, Dana langsung mengatakan, tidak ada nama khusus buat motor ini.


"Tapi si pemilik (Dody Herijanto) sering menyebutnya dengan nama 'Katemi' karena kental dengan kearifan lokal katanya," senyum Dana.


KTM Duke 390 Urban Tracker

Teromol (hub): Kawasaki Versys 250 Pelek: TK Racing 500-17 (belakang), 300-17 (depan), Ban: Pirelli MT60 160/60-17 (belakang), 120/60-17 (depan), Sub frame: custom by GDZH Custom Cycle Body kit set: custom by GDZH Custom Cycle Mid-pipe exhaust + guard: custom by GDZH Custom Cycle Skidplate: custom by GDZH Custom Cycle Custom paint job: by GDZH custom cycle


Pemilik: Dody Herijanto, Malang

Bengkel: GDZH Custom Cycle

IG: @gdzhcustom_mc