• Editor

2nd Busworld South East Asia Jakarta: Pameran Bis Mewah dan Bis Listrik Terbesar di Asia Tenggara

Produsen dan perusahaan karoseri bis pamerkan produk dan inovasi baru untuk bis mewah dan bis listrik.

OTOPLUS-ONLINE saat mengunjungi Busworld South East Asia Jakarta 2022


OTOPLUS-ONLINE I Busworld Southeast Asia ke-2 yang digelar di JIExpo Jakarta pada tanggal 5-7 Oktober 2022 kemarin menjadi momentum bagi para produsen dan perusahaan karoseri bis untuk memamerkan produk-produk dan inovasi baru.

Seremoni pembukaan


Pada pameran kolaborasi GEM Indonesia bersama Busworld International ini diikuti beberapa karoseri bis nasional dan internasional ternama, seperti Adiputro, Laksana, New Armada, Tentrem, Zhongtong dan Golden Dragon.

Selain perusahaan manufaktur, pameran ini juga diramaikan dengan industri komponen pendukungnya.

Karoseri Adiputro memamerkan barisan bis mewahnya


Seiring membaiknya kondisi perekonomian pasca pandemi Covid-19, mobilitas masyarakat juga semakin meningkat.

Panel meter analog digantikan layar LCD


Didukung semakin membaiknya infrastruktur jalan dengan dibukanya jalan-jalan tol baru mendorong banyak perusahaan otobus membuka rute-rute dan destinasi baru yang tentunya juga membutuhkan tambahan armada baru.

Bis perkotaan kreasi Adiputro, Microbus kreasi New Armada bersasis Mitsubishi Fuso, dan Bis listrik BYD yang dikaroseri Laksana


Yosef Subagio Sekjen Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO) menuturkan, “Industri karoseri mulai membaik, tahun ini prospeknya 70-80 persen (dibandingkan kondisi sebelum pandemi Covid-19). Seiring pulihnya perekonomian, ke depan prospeknya akan semakin baik.”

Interior bis listrik buatan PT INKA


Di hall D JIExpo Kemayoran pengunjung dapat melihat bis-bis premium atau bis mewah buatan karoseri Adiputro yang memamerkan diantaranya, Jetbus 3+SHD Jetbus 3+MHD, Jetbus Transit.

Microbis listrik komuter Zhongtong, dan microbis listrik komuter dari Golden Dragon


Karoseri New Armada dengan Skylander R22-nya, Tentrem membawa bis sleeper milik Harapan Indah yang super mewah. Lalu karoseri Laksana yang memajang SR3XHD Prime Ultimate.

Peralatan industri pendukung seperti GPS juga dipamerkan


Hal menarik lain yang didapati pada pameran ini yaitu kehadiran bis-bis listrik. Lewat Peraturan Presiden (Perpres) No.55 Tahun 2019 tentang Percepatan Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik yang ditandatangani Presiden Joko Widodo demi mewujudkan program Net Zero Emission (NZE), pemerintah menargetkan untuk mengoperasikan 41.000 bis listrik pada 2024.

Produk charger untuk kebutuhan kendaraan listrik semakin beragam


Peluang ini ditangkap oleh para produsen dan perusahaan karoseri untuk menghadirkan tak hany bis-bis premium tapi juga bis-bis listrik dan bis dengan konsep ramah lingkungan.

Ada juga forklift bertenaga listrik


Produsen asal Tiongkok Golden Dragon dan Zhongtong memamerkan bis perkotaan bertenaga listrik. Karoseri Tentrem dan karoseri Laksana yang bekerjasama dengan BYD juga tak mau ketinggalan menghadirkan bis listrik berpenampilan futuristik.


Baca juga: Busworld Southeast Asia 2022, Pameran Auto Bus Terbesar Asia Tenggara Hadir di Jakarta


Selama pameran juga diadakan Busworld SEA 2022 Conference yang memberikan edukasi dengan tema "Adaptasi Sistem Bis Pasca Era Pandemi” dan "Implementasi Bis Nol Emisi di Asia Tenggara".

Para juri dari pers internasional dengan perwakilan dari Motorindia, CV Magazine (India), Asian Buses (Malaysia), Latinobus (Colombia) dan Truck & Bus Builder (UK) memberikan total 7 penghargaan untuk bis-bis terbaik. Persaingan sangat ketat karena tingkat kualitas umum sangat tinggi dan serupa dan para juri akhirnya sepakat dengan menganugerahkan penghargaan tersebut kepada :

Zhongtong, LCK6606EV: Design Award – category Electric Bus

Laksana, Tourista: Design Award – category Coach

Golden Dragon, All-Star: Design Award – category Last Mile Vehicle

Adi Putro, Jetbus Transit: Innovation Award – category Bus

Tentrem, Velocity W5: Innovation Award – category Electric Bus

New Armada, Skylander R22: Innovation Award – category Coach


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Adi Priyo Sembodo