top of page
  • Gambar penulisEditor

3rd Anniversary KOSMIK Jatim Gelar Konvoi Safety Riding Motor Listrik

"Masih banyak pemakai sepeda motor listrik yang memperlakukannya seperti naik sepeda ontel di jalan raya."


OTOPLUS-ONLINE I Komunitas Sepeda Motor Listrik Indonesia atau KOSMIK Chapter Jawa Timur merayakan hari jadinya yang ke-3 pada Minggu, 5 Mei 2023.


Pada kesempatan ini KOSMIK Chapter Jawa Timur mengadakan konvoi yang diikuti perwakilan dari seluruh daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang, Blitar, Lamongan, Pasuruan dan masih banyak lagi.


Menurut Dwi Christianto selaku Humas KOSMIK Jatim, masing-masing daerah mengirimkan 4-5 orang perwakilan, sehingga total ada 80 peserta yang hadir.


Dwi Christianto Humas KOSMIK Jatim


"Tapi hanya 48 orang peserta saja yang ikut konvoi, sisanya stay di lokasi," lanjut Dwi Christianto sambil menambahkan peserta ini berasal dari klub sepeda motor listrik yang berada di bawah naungan KOSMIK Chapter Jatim.


Selain itu, Dwi Christianto juga menjelaskan kegiatan konvoi pada 3rd Anniversary KOSMIK Jatim ini juga dimaksudkan sebagai ajang kampanye keselamatan berkendara atau safety riding.


Naik sepeda motor listrik bukan sepeda ontel


"Tema konvoi ini sendiri adalah safety riding, dan ini penting karena banyak pemakai sepeda motor listrik yang masih baru memperlakukannya seperti naik sepeda ontel di jalan raya. Misalnya enggak memakai helm, atau berkendara sembarangan," jelas Dwi Christianto.


Ajakan untuk berkendara sepeda motor listrik di jalan raya yang aman ini sejalan dengan apa yang dilakukan Satlantas Polda Jatim yang turut mendukung acara ini.


Dikawal Patwal bermotor listrik


"Kebetulan Bapak Kasatlantas Polda Jatim sendiri sedang gencar-gencarnya mengajak masyarakat untuk beralih ke sepeda motor listrik, sekaligus mengajak untuk mengedepankan safety riding," ujarnya.


Selain itu konvoi 3rd Anniversary KOSMIK Jatim ini juga didukung Perusahaan Listrik Negara (PLN) PJB Ketintang, Surabaya yang menjadi titik kumpul para peserta.


Pada kesempatan ini PLN PJB Ketintang memberikan layanan khusus dengan memberikan fasilitas fast charging station.


"Di PLN PJB Ketintang ini hanya tersedia 10 fast charging station, tapi kali ini disediakan 1 port yang bisa digunakan untuk 4 motor. Jadi sekali pengecasan bisa dilakukan untuk 40 motor," kata Dwi Christianto sambil menambahkan dari kondisi baterai nol persen ke full hanya butuh waktu sekitar 1 - 1 jam 15 menit.


Berkunjung ke dealer ALVA


Setelah diberangkatkan pada pukul 08.00 pagi, rombongan mampir ke dealer sepeda motor listrik merek ALVA di kawasan Kertajaya Indah dan finish di COSBI, Jl. Ngagel jaya yang memasarkan beberapa merek sepeda motor listrik.


Perayaan 3rd Anniversary KOSMIK Jatim diadakan di COSBI dengan diawali sambutan Ahmad Rifai selaku Ketua KOSMIK JATIM, dilanjut beberapa sambutan lagi dan acara hiburan dangdut elektone, kuis dan potong tumpeng


"Kebetulan kedua dealer ini merupakan sponsor utama dari acara 3rd Anniversary KOSMIK Jatim ini," pungkas Dwi Christianto.


Foto bersama panitia penyelenggara


Daftar klub & komunitas yang hadir:

  • Kosmik Malang

  • Kosmik Surabaya

  • Kosmik Lamongan

  • Kosmik Tuban

  • Kosmik Tulungaung

  • Kosmik Blitar

  • Bromolis

  • United RIders Surabaya

  • Alfa Rider Surabaya

  • Moliser

Teks: Indramawan

Foto: KOSMIK Jatim, Indramawan

bottom of page