• Editor

46 Bikers Club (46 BC) Jalin Persatuan Antar Sesama Pegawai BNI


46 Bikers Club adalah klub motor yang seluruh anggotanya adalah karyawan BNI dengan jumlah 5.000 anggota dari Sabang sampai Merauke

Ini adalah sebuah komunitas yang boleh dikata unik dan menarik dengan kesamaan latar belakang seluruh anggotanya. Ya, 46 Bikers Club adalah sebuah klub motor yang seluruh anggotanya adalah karyawan Bank Negara Indonesia atau BNI, sebuah institusi perbankan milik BUMN di Indonesia.


“46 Bikers Club (46BC) merupakan wadah bagi insan-insan BNI di seluruh Indonesia yang memiliki kecintaan atau hobi mengendarai sepeda motor,” terang Deden R. Senjaya, selaku Pembina Pusat 46 BC.

wadah bagi insan-insan BNI di seluruh Indonesia yang memiliki kecintaan atau hobi mengendarai sepeda motor

Berawal dari keinginan untuk bersatu dan memiliki wadah yang bisa menjadi fasilitator dalam menjalin persatuan antar sesama pegawai BNI, maka pada tanggal 29 April 2005 bertempat di Kantor Besar BNI Sudirman Jakarta terbentuklah suatu perkumpulan pengendara motor 46 BNI dengan nama 46 Bikers Club atau biasa dikenal dengan nama 46 BC.


“Misi dan Visi pembentukan 46 BC ini sendiri adalah menciptakan wadah bagi pengendara dan pecinta motor dengan latar belakang pegawai BNI seluruh Indonesia, demi memperkuat rasa persatuan dan persaudaraan antar bikers BNI di seluruh tanah air,” tutur Deden.

46 BC beranggotakan pegawai tetap BNI, insan BNI dan simpatisan

Lebih lanjut Deden menjelaskan bahwa 46 BC merupakan komunitas independen yang tidak terafiliasi dengan organisasi atau partai manapun, yang mengedepankan persaudaraan dan kekeluargaan. 46 BC beranggotakan pegawai tetap BNI, insan BNI dan simpatisan.


Pelantikan anggota pertama telah dilakukan di Pelabuhan Ratu tanggal 30-31 Juli 2005 melalui acara Brotherhood Tour de Plara 2005 yang diikuti oleh 146 anggota awal. Dan sampai saat ini anggota 46 BC sudah bertambah besar. Tercatat kurang lebih 5.000 anggota yang berasal dari chapter-chapter 46 BC yang tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke.

Deden R. Senjaya, Pembina Pusat 46 BC

Keikutsertaan para peserta yang merupakan anggota 46BC dari tiap Chapter, diharapkan menjadi role model yang dapat terus menumbuh kembangkan semangat kebangsaan, kecintaan terhadapat tanah air, kebersamaan, serta memotivasi para peserta agar memiliki daya juang yang tinggi. Dari rasa tersebut diharapkan pula melahirkan eksistensi, integritas yang jelas terhadap perlunya mempertahankan BNI sebagai asset Bangsa dan Negara.


Terkait apa sajakah kegiatan 46 BC, sejatinya tak berbeda dengan kebanyakan klub motor pada umumnya. “Sebagai wujud dan aplikasi kekinian yang terkait dengan aktivitas 46BC, pada momentum tersebut kami menitikberatkan pada kegiatan sosialisasi tentang cara-cara berkendara sepeda motor yang baik (safety riding), bakti sosial, silaturahmi anggota dan juga Promosi BNI kepada nasabah dan masyarakat sekitar”, papar pria yang pernah menjabat sebagai Presiden 46 BC periode 2016-2018 ini.

Turing dan Jelajah Negeri jadi salah satu kegiatan 46 BC

Kegiatan lain yang menjadi agenda rutin 46 BC di antaranya adalah Jambore Nasional, Kopdar Rutin, Jelajah Negeri, Turing Lokal, Bantuan Bencana Alam atau Bakti Sosial dan partisipasi dalam kegiatan Serikat Pekerja BNI serta Manajemen BNI maupun kegiatan bikers lainnya.


“Belum lama ini juga kami menggelar Jelajah Negeri yang ke-7 dengan rute Anyer – Panarukan – Bali, dalam rangka memperiungati HUT Ke-74 RI yang diikuti 274 riders,” imbuh Deden.


Naskah: dJansen

Foto: 46 BC For OTOPLUS-ONLINE

Susunan Kabinet "Acceleration" 46BC Pusat periode 2018-2020

Penasehat:

Bambang Kuncoro

Riyadipura

Ronny Venir


Pembina:

Husein

Agus Setia Permana

Deden R Senjaya


President: Budi Krisnandar


Sekjend: Rahmat Agus Salim

Wasekjend 1 Bidang Kesekretariatan dan Marketing: Dodi Setianto

Wasekjend 2 Bidang Organisasi dan Program: Baim Ibrahim


Bendahara/Treasury:

Aulie 1 Bogor

Dina 2 Bandung


Public Relation & Humas:

1. Gilang

2. Andreas Markony

3. Ivin Artha


Divisi Keorganisasian dan Tatib:

1. Arie Bayu

2. Alan Maulana


Divisi Arsip dan Documentation:

1. Heri Susanto

2. Kuncoro

3. Faiz


Divisi Marketing dan Produksi:

1. Binna Trimaudesta

2. Okta Zae DKB


Divisi Operasional dan Program:

1. Evi Bdg

2. Koko Tri

3. Heru Wiryoko


Ketua Region:

1. Jakarta: Fadil Armansyam

2. Jabar: Krisna Juanda

3. Mid Java: Dedy Setiawan

4. East Java: Chandra

5. Celebes: Rahmat Agussalim

6. Borneo: Andreas Markony

7. Sumatra: Heru Wiryoko