• Editor

Aduh, Masalah Baru di Sirkuit Mandalika, Aspal Mengelupas Kerikil Berterbangan!

"Saya berada di belakang Franco dan saya ditabrak banyak kerikil kecil di leher dan visor." (Fabio Quartararo)

OTOPLUS-ONLINE I Satu lagi masalah muncul terkait kesiapan Mandalika International Street Circuit, Lombok menggelar MotoGP. Setelah kemarin pada hari pertama muncul isu pembersihan trek yang harus dilakukan, kini muncul lagi masalah kerikil yang lepas dari permukaan aspal yang mengelupas!


"Paling parah adalah tikungan 1 dan tikungan terakhir. Ada batu kecil menabrak leher saya," kata Alex Marquez setelah tes hari pertama, Jumat, 11 Februari 2022.

Alex Marquez


Alex menambahkan, saat itu dia berada di belakang pembalap lain. "Dan sulit dipercaya. Rasanya seperti pistol atau semacamnya. Boom! Di leher saya. Belokan 1 adalah yang terburuk," seru Alex.

Darryn Binder


Hal senada juga dikeluhkan pembalap rookie, Darryn Binder yang tergabung dalam WithU Yamaha RNF MotoGP Team. "Bukan hal yang menyenangkan berada tepat di belakang pembalap lain, sebab kami ditembak dengan batu dan debu," tutur Darryn Binder.

Latihan start baru dilakukan setelah seluruh aktivitas dihentikan 45 menit


Alhasil aktivitas tes resmi MotoGP hari ketiga atau terakhir di Mandalika sempat dihentikan selama 45 menit, karena ada sesi ekstra berupa latihan start yang ditambahkan. Muncul kekhawatiran latihan start ini akan semakin menghancurkan permukaan trek terutama di tikungan 1 dan terakahir.


Baca juga: Pembalap MotoGP Pun Diwajibkan Bersih-Bersih Trek Mandalika!


Isu ini pun mendapat perhatian pihak official yang terlihat pada tes hari Minggu itu. Mereka tampak memeriksa permukaan trek selama sesi ekstra berupa latihan start yang ditambahkan, setelah jam 1 siang.


"Trek ini, untuk ukuran run-off area, adalah salah satu yang terbaik yang pernah ada," puji juara dunia Fabio Quartararo tentang sirkuit Mandalika. Namun pembalap juara dunia MotoGP 2021 ini menyayangkan isu kerikil yang lepas dari aspal tersebut.

Fabio Quartararo


"Saya berada di belakang Franco (Morbidelli) dan saya (ditabrak) banyak kerikil kecil di leher dan visor. Itu saya hanya di belakang Franco. Jadi bayangkan jika saya berada di belakang tiga, empat, lima pembalap selama banyak putaran…" kata Quartararo.


Baca juga: Jarang-Jarang Pembalap Honda Tercepat di Tes Resmi MotoGP


Sebagai informasi, MotoGP Mandalika akan digelar tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang. Dengan mepetnya waktu, tentu akan sulit melakukan pelapisan ulang aspal.


Teks: Indramawan

Foto: motogp.com