• Editor

Akhirnya Bos Honda MotoGP Ungkap Alasan Pisahkan Marquez Bersaudara


Alasan HRC geser Alex Marquez dari tim pabrikan Repsol Honda ke tim satelit LCR team di awal debut MotoGP-nya banyak menuai kecaman. Bayangkan, belum juga adik Marc Marquez, juara dunia Moto2 2019 ini merasakan membalap di kelas premium yang tertunda gara-gara pandemi COVID-19. Eh, tiba-tiba saja dicopot dan digantikan oleh Pol Espargaro, pembalap KTM untuk menjadi tandem Marc Marquez di musim 2021 – 2022.


Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Alberto Puig selaku pimpinan tim Honda MotoGP mengatakan bahwa keputusan ini dibuat untuk kebaikan semua pihak.

  • Alex Marquez akan dipindahkan ke tim satelit LCR tahun depan.

“Kami sadar bahwa untuk pembalap rookie, Repsol Honda kadang bukanlah tempat yang terbaik untuk memulai karier. Anda akan mendapatkan tekanan yang luar biasa sejak hari pertama. Dan bagi Alex, jadi partner pembalap seperti Marc Marquez bukanlah hal yang mudah, tak peduli adik sendiri,” buka Puig.


Contoh paling gampang adalah Jorge Lorenzo, juara dunia MotoGP tiga kali bersama Yamaha, tapi gagal beradaptasi ketika awal gabung Repsol Honda dan langsung putuskan pensiun di akhir musim 2019 lalu.


Justru keputusan Honda memindahakan Alex ke LCR akan memuluskan karier MotoGP-nya secara perlahan. “Sesuai dengan usianya, kami bisa pantau terus lebih dekat, sebab kami sangat tertarik dengan dia,” tandas Puig.


Ya, Honda ingin agar Alex beradaptasi sampai benar-benar matang, hingga akhirnya nanti benar-benar siap membalap untuk tim pabrikan Repsol Honda.


Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online