top of page
  • Gambar penulisEditor

Alex Marquez Rebut Pole Position Saat Kualifikasi MotoGP Argentina 2023 dalam Kondisi Wet-Dry

Pada menit-menit terakhir, muncul kubu pembalap yang bertahan dengan ban basah, dan kubu pembalap yang nekat ganti ban kering.

Alex Marquez nekat pasang ban kering dengan motor yang di-set up untuk ban basah.


OTOPLUS-ONLINE I Alex Marquez, yang musim 2023 ini membalap untuk tim Gresini Racing MotoGP berhasil merebut pole position-nya yang pertama di kelas premier MotoGP pada putaran kedua MotoGP yang digelar di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.


Pada sesi kualifikasi yang digelar Sabtu, 1 April 2023 ini, Alex Marquez berhasil menorehkan catatan waktu tercepat 1 menit 43,8810 detik, atau lebih unggul 0,172 detik dari Marco Bezzecchi, pembalap Mooney VR46 Racing Team di posisi kedua, dan sang juara dunia bertahan Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team dengan catatan waktu 1 menit 44,7390 detik di posisi ketiga.



Dengan hasil ini, Alex Marquez akan memimpin skuad Ducati yang merebut posisi 1-2-3 di sesi kualifikasi, hingga berhak start dari deret terdepan pada MotoGP Sprint yang juga digelar pada hari Sabtu, dan MotoGP Sunday race.


Keberhasilan Alex Marquez membuat catatan waktu tercepat ini merupakan hasil dari pertaruhannya memakai ban kering, ketika kualifikasi digelar dalam kondisi wet-dry.

Alex Marquez, Marco Bezzecchi, dan Francesco Bagnaia adalah trio pembalap Ducati yang nekat ganti ban kering pada lap-lap terakhir dan akhirnya berhasil tempati 1-2-3 tercepat!


Akibatnya pada menit-menit terakhir, muncul dua kubu pembalap. Satu kubu memilih untuk bertahan menggunakan ban basah, sementara beberapa pembalap saja memilih mengganti ban dengan slick atau ban kering.


Termasuk di dalamnya adalah Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, dan Alex Marquez. Tak dinyana, saat Franco Morbidelli yang menggunakan ban basah memimpin catatan waktu tercepat ketika bendera finish dikibarkan, tiba-tiba saja harus kehilangan posisinya ketika trio pembalap dengan ban kering ini membuat catatan waktu lebih cepat lagi pada lap terakhir tersebut.



"Saya sangat gembira... Saya bermasalah dengan motor yang sempat tebakar setelah tejatuh pada Qualifying 1 (Q1). Jadi tentu saja, tidak mudah bagi saya saat mengikuti Qualifying 2 (Q2), karena saya hanya mempunyai satu motor!" ungkap Alex Marquez.

Alex Marquez berhasil merebut pole position-nya yang pertama di kelas MotoGP.


"Saya pun berusaha sebaik mungkin dengan ban basah, karena saya tadinya mengira tak ada cukup waktu untuk berganti ban. Tapi akhirnya kami nekat pasang ban kering dengan motor yang di-set up untuk ban basah. Dan itu berhasil!"


Sementara itu pembalap Aprilia Racing yang sempat mendominasi sesi latihan kedua (FP2) hari Jumat, Aleix Espargaro justru menghadapi banyak masalah dengan kondisi trek yang basah ini, hingga harus puas finish di posisi ke-9 tercepat.



Beruntung rekan satu timnya, Maverick Vinales yang sempat menjadi yang tercepat pada latihan hari Jumat pertama (FP1) mampu mengamankan posisi ke-5 tercepat.



Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

Comments


bottom of page