top of page
  • Gambar penulisEditor

All New Astra Daihatsu Ayla, Salah Satu Pelopor Mobil LCGC Hanya Naik Rp5 Juta

Untuk wilayah Surabaya, All New Astra Daihatsu Ayla ditawarkan mulai dari Rp141.850.000-Rp197.750.000.

Dari kiri: Fredy Handjaja, COO Astra Daihatsu; Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation; David Gunawan, Regional Head Jawa Timur, Bali & Nusra PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation


OTOPLUS-ONLINE I Daihatsu Indonesia resmi meluncurkan All New Astra Daihatsu Ayla di Surabaya pada 14 Maret 2023. Astra Daihatsu Ayla merupakan salah satu pelopor mobil LCGC Hatchback yang diluncurkan nyaris 1 dekade lalu (2013) di Indonesia.


Sejak kehadirannya Ayla yang telah terjual sebanyak 271.400 unit ini mengalami beberapa kali perubahan. Diawali dengan bentuk bumper depan baru dan penambahan pilihan warna di 2014, penambahan perangkat keselamatan pasif untuk memenuhi regulasi New Car Assesment Programme, di antaranya airbag dan side door impact beam di 2015.


Diikuti dengan penyematan mesin baru 1.2 liter (3NR-VE) yang menambah varian Ayla pada 2017 dan terakhir facelift di 2020.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation


Kini, Ayla baru hadir dengan platform baru DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dengan beragam keunggulan seperti desain yang modern dan stylish, teknologi terkini, performa prima, fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih lengkap, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, sekaligus suguhan harga terbaik di kelasnya.

Varian 1.2 R ADS warna Ruby Red Metalic, tipe tertinggi yang harganya tak sampai Rp200 juta


“Hadirnya All New Astra Daihatsu Ayla dengan platform DNGA ini merupakan bentuk komitmen Daihatsu untuk selalu memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan perubahan besar pada All New Astra Daihatsu Ayla ini, diharapkan dapat menambah pengalaman berkendara yakni kenyaman dan tentu keamanannya untuk seluruh Sahabat Daihatsu,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation pada press conference peluncuran Ayla baru di Borre Café, Surabaya pada 14 Maret 2023.

Varian D dihilangkan, pilihan variannya M, X dan R


Fredy Handjaja, Chief Operation Officer Astra Daihatsu menambahkan, “Sebagai kendaraan dengan tagline ‘Melengkapi Kebahagiaan Keluarga Indonesia’, All New Astra Daihatsu Ayla memiliki 3 keunggulan utama, yakni Valuable, Comfort, dan Compact.”

Desain alloy wheel 14 inci baru berona Gunmetal


Pada sisi Valuable dapat terlihat dari desain eksterior All New Astra Daihatsu Ayla yang terkesan powerful dan agresif, pelek alloy baru 14 inci berona Gunmetal menegaskan aura itu.

Headlamp dan DRL LED


Penyematan fitur terkini seperti LED Headlamp, dan DRL (Daytime Running Light) membuat tampilan Ayla baru ini makin modern, dan aerodinamis.



Interior All New Astra Daihatsu Ayla didesain selaras dengan eksterior, tampil modern dan sporty dengan nuansa advance feeling lewat desain meter cluster baru yang informatif, dan control panel AC model digital memudahkan pengguna mengatur suhu kabin.

Varian 1.2 menggunakan mesin yang sama dengan Rocky 1.2


Astra Daihatsu Ayla tetap memiliki dua pilihan mesin, 1.000cc dan 1.200cc. Untuk mesin 1.000cc masih mengandalkan unit 3 silinder DOHC VVT-i berkode KR-VE.


Sedangkan varian 1.200cc-nya merupakan unit 3 silinder DOHC VVT-i berkode WA-VE yang juga dipakai di Rocky 1.2.



Sementara pilihan transmisinya manual 5 percepatan dan D-CVT (Dual Mode Continuosly Variable Transmission yang menggusur pilihan transmisi otomatis konvensional 4 percepatan di Ayla sebelumnya.


Semua varian All New Astra Daihatsu Ayla kini telah dilengkapi Dual SRS Airbag dan Seat Belt Reminder untuk pengemudi dan penumpang.

Setirnya kini dilengkapi dengan fitur tilt steering


Khusus varian R ditambahkan fitur keselamatan seperti HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu serta VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama melaju.

Ruang kaki di kabin belakang cukup memadai


Fitur-fitur ini melengkapi ABS (Antilock Brake System), dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) yang telah ada di generasi pendahulunya.

Bagasi berkapasitas 265 liter


Ayla baru tersedia dalam 9 pilihan varian mulai dari varian 1.0M M/T, 1.0X M/T, 1.0X CVT, 1.2R M/T, dan 1.2R CVT. Khusus tipe X dan R juga ditawarkan dalam pilihan varian ADS yang menawarkan tampilan lebih sporty dan fitur lebih lengkap.



All New Astra Daihatsu Ayla tersedia dalam 8 pilihan warna, dengan 3 warna baru yaitu Ruby Red Metallic, Compagno Red, dan Metallic Orange.


Untuk wilayah Surabaya All New Astra Daihatsu Ayla ditawarkan mulai dari Rp141.850.000-Rp197.750.000.


“Dari pendahulunya harga Ayla baru ini naik sekitar Rp5 juta. Dengan perubahan menyeluruh di generasi kedua ini tetap menawarkan Value of Money yang sangat baik,” pungkas David Gunawan, Regional Head Jawa Timur, Bali & Nusra PT Astra International, Tbk-Daihatsu Sales Operation.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page