• Editor

All New CB150R Streetfire Jadi Senjata MPM Honda Jatim untuk Perbesar Market Share

"Dari tiga kategori yakni, AT, Cub, dan Sport, market share kami di sport masih kurang. Masih di kepala 7 (70% ke atas)." (Abdy Ronotana - Marketing Sales Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim).

OTOPLUS-ONLINE I Untuk mengantisipasi pasar sepeda motor yang diprediksikan mulai mengalami recovery di tahun 2021 ini, Honda merasa perlu memberikan refreshment kepada model andalannya di segmen Sport Mid, yakni CB150R.


Sebagai info, market share Honda untuk kategori Cub (bebek) sudah mantap mencapai 90%. Bahkan menurut Abdy Ronotana selaku Marketing Sales Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim, bulan April kemarin sudah di angka 92%.

Abdy Ronotana selaku Marketing Sales Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim


Sementara di kategori AT (motor matik), meski market share masih di bawah 90%, namun penjualan dua gacoan Honda, yaitu Scoopy dan PCX cukup menjanjikan.


"Bahkan penjualan PCX sudah naik dua kali lipat, hingga 207% pada April 2021 kemarin," kata Abdy sambil menunjukkan Data Recovery Trend New Product Honda 2021.


Nah tantangan terberat Honda ada di ketegori Sport. "Dari tiga kategori motor ini, AT, Cub, dan Sport, market share kami di sport masih kurang. Masih di kepala 7 nih (sekitar 70% ke atas)," ujar Abdy Ronotana selaku Marketing Sales Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim.


Baca juga: All New CB150R Streetfire Resmi Diluncurkan di Jatim dan NTT


"Sementara kami melihat, peluang masih ada di kategori ini untuk dikembangkan. Tidak seperti market motor bebek yang terus mengecil tinggal 2,7% saja dari sebelumnya yang 3,2%."


Pernyataan ini dibenarkan oleh Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head PT MPM Honda Jatim yang mengatakan, motor sport mulai tunjukkan tendensi peningkatan permintaan.


Baca juga: All New CB150R Streetfire Alami Evaluasi Desain Tampil Mirip Moge


Lebih lanjut Suhari mengatakan, di kategori motor Sport, segmen Sport Mid (kapasitas mesin 150cc) mempunyai volume paling besar, sehingga Honda ingin semakin memperkuat pangsa pasarnya.

Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head PT MPM Honda Jatim


"Untuk kategori Sport, segmen Mid Sport punya kontribusi paling besar. Kompetisinya semakin ketat, di mana model On/Off (dual purpose) menunjukkan trend positif dari tahun ke tahun, diikuti model naked bike di posisi kedua," ujarnya.

All New CB150R jadi andalan MPM Honda Jatim di segmen Sport Mid


Dari sini Honda merasa perlu mulai bersiap di saat pemulihan pasar, dengan mempertahankan dominasi di pasar motor matik, tapi juga fokus ke pasar Sport, khususnya segmen Mid Sport dan Naked Sport sebagai penyumbang market share terbesar.


Teks & Foto: Indramawan