top of page
  • Gambar penulisEditor

All New Honda BeAT Dilengkapi Fitur Terbaru Alarm Anti-Maling, Begini Cara Aktifkannya


MPM Honda Jatim gelar Workshop Teknologi All New Honda BeAT pada Kamis, 13 Juni 2024.

Anti-theft alarm atau alarm anti maling yang disematkan pada All New Honda BeAT tipe CBS, dan tipe Deluxe Standard, serta BeAT Street.


OTOPLUS-ONLINE I All New Honda BeAT series yang baru saja diluncurkan, dilengkapi dengan beragam fitur baru.


Salah satunya adalah fitur keamanan motor terbaru berupa anti-theft alarm atau alarm anti maling yang disematkan pada All New Honda BeAT tipe CBS, Deluxe Standard, dan BeAT Street.


Saat sesi press conference, Suwito M selaku Presiden Direktur MPM Honda Jatim mengatakan, Honda concern dengan isu BeAT sebagai salah satu sasaran curanmor.


"Karena itu, dari sekian banyak fitur baru yang kami tawarkan, salah satunya adalah fitur keamanan motor seperti disk lock dan anti-theft alarm," jelas Suwito.


Achmad Fauzi Widodo selaku Instruktur MPM Honda Jatim.


Terkait dengan fitur baru alarm anti maling dan juga beragam fitur lain dan teknologi pada All New Honda BeAT ini, MPM Honda Jatim selaku distributor sepeda motor Honda untuk wilayah Jawa Timur merasa perlu menggelar Workshop Teknologi All New Honda BeAT.


Workshop yang melibatkan jurnalis dan blogger ini digelar usai prosesi launching dan press conference pada Kamis, 13 Juni 2024 kemarin.


Pada kesempatan tersebut dijelaskan bagaimana untuk mengaktifkan alarm anti maling pada All New Honda BeAT tipe CBS, Deluxe Standard, dan Street.


Foto 1


Langkah pertama adalah memutar kunci on-off seperti hendak menyalakan-mematikan mesin, tapi ini diulang 2 kali dan dalam durasi di bawah 3 detik (Foto 1).


"Putar on off... on off... dan itu dilakukan sebelum 3 detik. Karena jika lebih dari 3 detik, alarm akan non aktif," buka Ahmad Fauzi Widodo selaku Instruktur MPM Honda Jatim.


Ia menambahkan setelah itu akan terdengar suara buzzer... tit satu kali.


Foto 2


Setelah itu lampu indikator alarm pada display meter bagian kiri-atas akan menyala, dan akan kalibrasi selama 1 menit (Foto 2).


Foto 3


Ketika setelah 1 menit, buzzer akan berbunyi satu kali, dan lampu indikator akan berkedip terus menerus, tanda alarm mulai bekerja (Foto 3).


"Cara kerja alarm ini menggunakan G sensor yang ada di alarm control unit," terang Ahmad Fauzi.


Karena itu, ketika All New Honda BeAT ini digerak-gerakkan ke kiri-kanan, digoyang-goyang, atau dengan kata lain terjadi perubahan sudut atau timbul getaran, maka alarm akan berbunyi.


"Dan untuk menonaktifkan alarm, caranya cukup posisikan kunci kontak ke posisi ON," lanjut Ahmad Fauzi.


Yang juga perlu diketahui, seandainya alarm ini diaktifkan, namun kemudian motor ditinggal di rumah atau kantor dalam waktu lama, maka secara otomatis, alarm akan non-aktif sendiri setelah 10 hari.


Selain itu juga dijelaskan bahwa pemakaian alarm ini aman terhadap aki atau baterai.


Teks dan Foto: Indramawan

Comments


bottom of page