• Editor

Antisipasi Datangnya Musim Hujan Dengan Kewaspadaan Keselamatan Berkendara


BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Diprediksikan, sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober-November 2020. Bahkan di beberapa wilayah, sudah lebih dulu diguyur hujan.

Antisipasi keselamatan berkendara saat musim hujan diawali dengan pemeriksaan perlengkapan berkendara dan kesiapan motor.


Untuk itu enggak ada salahnya dilakukan persiapan bagi pengendara roda dua, sebagai antisipasi hal yang tak diinginkan.

1. Perlengkapan berkendara (riding gear)

Perhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, celana panjang , masker dan memakai alas kaki tertutup serta jas hujan. Sebaiknya pilih jas hujan model baju dan celana agar lebih nyaman berkendara dan melindungi tubuh ketika terjatuh. Keringkan jas hujan yang telah dipakai dengan cara diangin - anginkan. Dan setelah kering dapat disimpan di dalam bagasi motor agar tidak ketinggalan.

2. Cek kondisi kendaraan

Cek secara berkala kondisi kendaraan yang akan kita pakai seperti ban. Segera ganti ban yang mulai gundul agar pada waktu melewati jalan licin dan basah tidak terjadi slip.

3. Hindari pengereman Mendadak

Untuk mengantisipasi tiba tiba hujan turun dan memperngaruhi pandangan, selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan pandangan mata jauh ke arah yang dituju.

4. Pastikan lampu kendaraan menyala

Agar mudah terlihat oleh pengendara lain ketika hujan, pastikan lampu motor menyala dengan baik.

5. Hindari melintasi rel kereta api

Ketika turun hujan rel menjadi basah dan Licin apabila tidak berhati- hati bisa mengakibatkan Motor tergelincir.

" Apabila rute perjalanan yang akan kita tuju harus melewati rel kereta api sebaiknya kurangi kecepatann. Dan pada saat melintasi rel kereta api posisi roda menyerong dengan posisi roda memotong rel tegak lurus dan hindari penggunaan rem depan" kata Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jawa Timur.

6.Tingkatkan kewaspadaan saat berkendara

Ketika hujan deras pengendara lain visibilitasnya akan menurun.

7. Hindari banjir

Jika keadaan hujan memburuk, lebih baik berhenti untuk berteduh agar terhindar dari kecelakaan yang diakibatkan oleh alam dan lingkungan. " Yang tak kalah penting pastikan kondisi kesehatan kita fit sebelum berkendara " tutup Hari.


Teks: Indramawan

Foto: MPM Honda Jatim, Indramawan

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online