• Editor

Apa Beda Mesin Suzuki New Carry Pick Up dan New Ertiga?


Suzuki New Carry Pick Up yang diluncurkan akhir April lalu menggunakan mesin berkode K15B-C, Mesin tersebut punya basis sama dengan mesin All New Suzuki Ertiga yang berkode K15B. Sama-sama 4 silinder DOHC 16 katup berkapasitas 1.462 cc dengan diameter x langkah = 74,0 x 85,0 mm.

Mesin K15B 4 silinder DOHC 16 katup berkapasitas 1.462 cc dengan diameter x langkah = 74,0 x 85,0 mm.

Nyatanya meski satu basis, kedua mesin itu punya banyak perbedaan. Hal itu karena konsep peruntukannya memang berbeda. “Sebagai kendaraan angkut orang, All New Ertiga punya performa lebih tinggi sementara New Carry yang konsepnya sebagai kendaraan angkut barang mengutamakan durabilitas,” terang Bambang Sugiyono, Aftersales Manager PT United Motors Center, distributor Suzuki wilayah Jawa Timur.


Melirik spesifikasi yang dikeluarkan PT Suzuki Indomobil Sales, faktanya mesin New Carry Pick Up dengan sales model code AEV415 dan All New Ertiga yang sales model code-nya ARK415 mengeluarkan output tenaga berbeda. All New Ertiga memiliki keluaran tenaga sebesar 104,7 ps/6.000 rpm dengan torsi 138 Nm/4.400 rpm.


Sedangkan keluaran tenaga New Carry Pick Up hanya 97 ps/5.600 rpm dan torsinya 135 Nm/4.400 rpm. Tenaga New Carry memang 10 ps lebih kecil tapi itu diraih pada putaran mesin yang 400 rpm lebih rendah.


Alhasil pengemudi tak perlu menekan pedal gas terlalu dalam untuk meraih tenaga maksimalnya, sesuai dengan karakter yang dibutuhkan kendaraan angkut barang.


Cylinder Head Cover

Material pada cover cylinder head New Carry berbeda dengan All New Ertiga, New Carry menggunakan cover berbahan logam sementara All New Ertiga terbuat dari resin.


“Material logam dipilih dengan pertimbangan daya tahan,” kata Bambang. Lalu apakah All New Ertiga bisa memakai cover cylinder head New Carry? Tentunya tidak karena cover cylinder head New Carry diikat dengan hanya dengan 7 baut sementara All New Ertiga baut pengikatnya ada 14.


Cylinder Head

Sektor ini punya perbedaan diantaranya pada letak posisi ulir pada intake manifold, letak ulir pengikat cover cylinder head serta terdapatnya pipa bypass sistem pendingin yang dipasang pada kepala silinder.


Camshaft

Perbedaan karakter tenaga mesin salah satunya ditentukan oleh profil camshaft. Profil pada camshaft New Carry lebih pendek sehingga pasokan campuran bahan bakar dikurangi. Itulah yang membuat tenaga dan torsi New Carry lebih rendah daripada All New Ertiga.


Piston

New Carry menggunakan piston berbahan alumunium alloy, sama dengan All New Ertiga. Ukuran diameter piston antar keduanya 73,9 mm lalu dimana bedanya? “Kepala piston New Carry lebih cekung otomatis perbandingan kompresinya. Keuntungannya New Carry cukup pakai bensin Premium atau Pertalite,” ujar Bambang.


Chain Cover

Perbedaan lain terletak pada desain chain cover. Bila pada All New Ertiga chain cover selain berfungsi sebagai pelindung timing chain juga sekaligus sebagai dudukan engine mounting. Pada New Carry letak dudukan engine mounting tersebut terletak pada cylinder block sama seperti konstruksi pendahulunya, Carry Futura dan APV.


Oil Pan

Mesin New Carry diletakkan pada posisi miring di bawah kabin (front floor panel). Untuk mengatasi keterbatasan ruang dan menjaga jarak yang cukup dengan permukaan jalan, bagian paling bawah dari mesin yakni oil pan disesuaikan desainnya. Bentuknya ikutan miring, sama sekali berbeda dengan milik All New Ertiga.


Naskah & Foto: Nugroho Sakri Yunarto


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online