• Editor

Aplikasi TMS Mobile dari McEasy Bantu Digitalisasi UKM di Sektor Logistik dan Transportasi

McEasy tawarkan bundle aplikasi TMS Mobile, TMS dan Smart Driver App dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 80.000 tiap kendaraan per bulan.

Aplikasi TMS Mobile membantu UKM di bidang logistik dan transportasi memantau informasi aliran barang dalam satu genggaman, real time dengan biaya yang terjangkau


OTOPLUS-ONLINE I Secara nasional, lebih dari 85% bisnis di sektor logistik dan transportasi masih mengandalkan pena dan kertas atau spreadsheet manual dalam menjalankan operasionalnya.


Kabar baiknya, saat ini sudah ada aplikasi yang terotomasi dan terintegrasi, dan telah terbukti mampu menghemat waktu yang digunakan untuk mengurus kegiatan administratif operasional hingga 60%.

(Dari kiri) Raymond Sutjiono dan Hendrik Ekowaluyo, co-founder McEasy


Aplikasi Transportation Management System (TMS) ini dihadirkan oleh McEasy, sebuah perusahaan startup asal Surabaya yang kerap mendukung digitalisasi pelaku unit usaha kecil dan menengah, khususnya di sektor logistik dan transportasi.


McEasy menyediakan solusi digital berbasis teknologi Internet-of-Things (IOT) untuk menjawab kebutuhan operasional logistik dan pelacakan lokasi kendaraan.


Baca juga: Bus Trans Jatim Diresmikan, AstraPay Berikan Layanan Cashless Bagi Penumpang


Salah satu produk unggulannya adalah Transportation Management System (TMS), software terintegrasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau dan mengoptimalkan proses pengiriman barang yang praktis dan anti ribet.


Aplikasi ini akan membantu UKM di bidang logistik dan transportasi memantau informasi aliran barang dalam satu genggaman, real time dengan biaya yang terjangkau.


Baca juga: Yamaha Indonesia Kembali Luncurkan Mobile App, My Yamaha Motor


Solusi berbasis teknologi ini berguna bagi penyedia jasa logistik, termasuk armada bis penumpang, jasa pengiriman barang hingga kendaraan berpendingin untuk pengiriman komoditi dengan temperatur tertentu seperti farmasi, daging, makanan laut, produk susu dan frozen food.

Media roundtable McEasy digelar Rabu, 7 September 2022 di McEasy Head Quarter yang ada di Sinarmas Land Plaza Lt.8 Unit 801-803, Jl. Pemuda No.60-70, Surabaya


"McEasy yang terotomasi dan terintegrasi telah terbukti mampu menghemat waktu yang digunakan untuk mengurus kegiatan administratif operasional mitra kami hingga 60%,” buka Hendrik Ekowaluyo selaku co-founder McEasy pada acara media roundtable McEasy, yang digelar Rabu, 7 September 2022 di McEasy Head Quarter yang ada di Sinarmas Land Plaza Lt.8 Unit 801-803, Jl. Pemuda No.60-70, Surabaya.

Dashboard TMS pada desktop atau laptop


“Karakter utama penggiat UKM logistik dan transportasi Indonesia adalah mereka sangat dinamis dan anti ribet,” lanjut Hendrik. Karenanya, penggunaan perangkat komputer, seperti laptop dan desktop, kadang membatasi produktivitas mereka.

Penanganan order, alokasi armada dan pengemudi, optimasi rute, pemantauan pengiriman order real-time, analisa performa kendaraan dan pengemudi, pengelolaan kontrak, sistem pengingat administrasi kendaraan, tracking real-time dan geofencing dapat dilakukan melalui smartphone tanpa beban biaya GPS dan pulsa bulanan


"Dengan aplikasi TMS versi Mobile, proses perencanaan, pemantauan, alokasi, pengiriman order hingga pengecekan uang jalan sopir dan status bahan bakar kendaraan dapat dilakukan lewat perangkat seluler, seperti ponsel atau tablet. Rekan UKM dapat melakukan pengaturan armada dengan mudah dimana saja," ujarnya.

Cika (nomor dua dari kanan), pemilik PT Cemerlang Jaya Ekspres, sebuah UKM dari Surabaya yang bergerak di bidang ekspedisi dengan truk kontainer


Hal itu dibenarkan oleh Cika, pemilik PT Cemerlang Jaya Ekspres, UKM dari Surabaya yang bergerak di bidang ekspedisi dengan truk kontainer.


“Pengaturan dan pemantauan supir serta armada dulu kami lakukan secara dengan dari Excel dan Whatsapp. Dengan menggunakan McEasy sekarang pembuatan surat jalan, pengaturan armada, pemantauan armada ketika di jalan sampai rekonsiliasi ongkos supir cukup menggunakan satu sistem manajemen transportasi terintegrasi," senang Cika.


Baca juga: Fuso dan Kemenhub Kerjasama Lewat Teknologi Runner Telematics


"Hal ini memudahkan sekali bagi UKM seperti saya yang sedang dalam proses recovery pasca pandemi, sehingga operasional saya lebih efisien dan siap untuk menghadapi bisnis ke depannya,” imbuhnya.


Apalagi biaya berlangganan TMS Mobile ternyata sangat murah.


“Dulu saya menganggap adopsi teknologi digital bagi bisnis saya sebagai sesuatu yang kompleks dan mahal. Ternyata, aplikasi manajemen transportasi modern cocok digunakan untuk bisnis logistik saya dengan armada hanya 20 unit. Digitalisasi ini sungguh membantu saya untuk dapat naik kelas,” sambung Cika.


Baca juga: Manajemen Gudang dan Logistik MPM Honda Jatim Raih ISO 9001:2015


Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 80.000 tiap kendaraan per bulan, McEasy menawarkan bundle aplikasi TMS Mobile, TMS dan Smart Driver App yang dikembangkan sesuai dengan dinamika ekosistem transportasi dan logistik di Indonesia.


Peresmian Kantor Baru McEasy

Media undangan melihat dari dekat tim McEasy bekerja di kantor barunya yang terletak di kawasan jalan Pemuda, tepatnya di Sinarmas Land Plaza Lt.8 Unit 801-803 Surabaya


Selain menghadirkan inovasi teknologi bagi penggiat UKM, McEasy yang berdiri pada tahun 2017 juga berkomitmen untuk memperkuat eksistensinya di tengah ekosistem startup di Surabaya lewat peresmian kantor barunya yang terletak di kawasan jalan Pemuda, tepatnya di Sinarmas Land Plaza Lt.8 Unit 801-803 Surabaya.

Edelyn Putri, Interior Designer Studio Pie


Kantor pusat McEasy ini didesain oleh Edelyn Putri dari Studio Pie Interior, dan memiliki desain menarik serta kekinian.

Suasana ruangan didominasi oleh warna dari brand McEasy, yaitu merah, biru serta abu-abu. Filosofi desain sesuai dengan karakternya sebagai startup logistik yang identik dengan fleksibilitas, produktivitas dan konektivitas


“Desain interior kantor McEasy memanfaatkan elemen natural lighting yang menyinari area kerja yang terbuka dan didominasi oleh warna dari brand McEasy, yaitu merah, biru serta abu-abu. Filosofi desain ini tentunya sesuai dengan karakternya sebagai startup logistik yang identik dengan fleksibilitas, produktivitas dan konektivitas,” jelas Edelyn Putri.


“Kami harap desain kantor yang nyaman dapat membantu tim McEasy dapat menghadirkan solusi terintegrasi kelas dunia yang memudahkan mitra kami mengoptimasi semua proses logistik dan dengan biaya yang kompetitif,” pungkas Hendrik.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: McEasy